• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Kelebihan dan Kekurangan Fujifilm X-A20

Share

10 Kelebihan dan Kekurangan Fujifilm X-A20

Cari kamera andal untuk pemula dan punya konektivitas lengkap? Simak kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless Fujifilm X-A20 berikut ini!


Kelebihan dan Kekurangan Fujifilm X-A20 – Fujifilm telah meluncurkan Fujifilm X-A20 pada entry level dengan fitur yang mumpuni. Merupakan penerus dari Fujifilm X-A10, kamera mirroless ini menambah deretan kamera vlog dan selfie terbaik dengan harga terjangkau.

Berbeda dengan pendahulunya, X-A20 hadir dengan lensa yang lebih pendek, yaitu Kit XC 15-45 mm yang cocok digunakan untuk macro photography. Oh iya, kamera ini juga dapat menyimpan file dalam format RAW, lho!

Dari segi desain, Fujifilm masih mengusung konsep yang sama dengan Fujifilm X-A10, desain khas Fuji yang ergonomis dan hanya berbobot 494 gr saja, cocok untuk dibawa bepergian ke mana pun.

Lantas, apakah ia merupakan kamera yang tepat untuk kalian miliki? Yuk, simak kelebihan dan kekurangan dari Fujifilm X-A20 Kit XC 15-45 mm!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca Juga: Cara Ikutan Tap Tap Mantap – Tokopedia Maret Mantap!

Kelebihan Fujifilm X-A20

1. Beginner Friendly

kelebihan fujifilm x-a20, kekurangan fujifilm x-a20, review fujifilm x-a20
Sumber Gambar: Fujifilm

Karena kamera ini masuk ke dalam kategori entry level, pengaturan ISO, shutter speed, mode serta tombol-tombol lainnya ditempatkan dengan sangat simpel. Sehingga mudah dipahami oleh pemula.

Dilengkapi dengan touchscreen LCD, kalian dapat dengan mudah mengutak-utik fitur tanpa bingung memencet tombol.

Kamera ini juga memiliki fitur creative shooting dan film simulation untuk menghasilkan foto-foto artistik dengan 15 filter instan.

2. Memudahkan Selfie

kelebihan fujifilm x-a20, kekurangan fujifilm x-a20, review fujifilm x-a20
Sumber Gambar: Fujifilm

Fitur-fitur bawaan dari kamera ini sangat memudahkan pengguna untuk selfie atau nge-vlog, bagaimana tidak? Layar dari X-A20 mampu berputar 180 derajat ke atas sehingga kalian mampu melihat wajah kalian dengan mudah.  

Kamera ini juga memiliki serangkain fitur selfie, seperti Selfie Mode yang mencegah gambar blur dan Smile Shutter yang menangkap gambar saat mendeteksi senyuman.

Ada pula fitur Potrait Skin Model yang otomatis menyesuaikan warna kulit.

3. Konektivitas Oke

kelebihan fujifilm x-a20, kekurangan fujifilm x-a20, review fujifilm x-a20
Sumber Gambar: Fujifilm

Memindahkan foto dari kamera ke smartphone menjadi lebih mudah dengan Wi-Fi built in, kalian juga bisa mengontrol kamera dengan aplikasi Remote Camera Fuji.

Oh iya, kalian dapat langsung mengisi daya baterai X-A20 tanpa perlu melepas baterainya.

4. Kualitas Foto Low-light Ciamik

kelebihan fujifilm x-a20, kekurangan fujifilm x-a20, review fujifilm x-a20
Sumber Gambar: Fujifilm

Memotret serta mengambil video dalam gelap bukan masalah karena kamera ini memiliki ISO dengan dynamic range 100 hingga 25.600.

Tanpa bantuan flash internal sekalipun, gambar yang dihasilkan akan tetap tajam dan jelas serta hanya memiliki sedikit noise.

5. Mampu Merekam pada 60 FPS

kelebihan fujifilm x-a20, kekurangan fujifilm x-a20, review fujifilm x-a20
Sumber Gambar: Fujifilm

Meski terjangkau, kamera mirrorless yang satu ini mampu mengambil video pada 60 FPS (Frame Per Second), lho! Sehingga, cocok digunakan untuk merekam benda yang bergerak cepat agar terlihat lebih real dan nyata.

Dengan merekam pada 60 fps, kalian juga bisa membuat video slowmotion yang lebih smooth dan terkesan tidak patah-patah.

Namun, untuk saat ini perekaman dengan 60 fps hanya dapat diambil pada kualitas HD saja, sedangkan untuk 30 fps kualitasnya sudah Full HD.

Baca Juga: Cara Mendapatkan & Menggunakan Kupon Mantap Tokopedia!

Kekurangan Fujifilm X-A20

6. Tidak Tersedia Hot Shoe

X-A20 tidak memiliki hot shoe yang berfungsi untuk menempatkan on flash eksternal dan microphone tambahan berbentuk shotgun.

Sehingga kalian hanya dapat mengandalkan flash internal, atau menambahkan monopod berbentuk rig untuk memasang alat eksternal tersebut.

7. Body tanpa Stabilizer

Meski di klaim sebagai kamera untuk vlogging, sayangnya body dari kamera ini tidak dilengkapi dengan stabilizer,  sehingga saat pengambilan video akan terasa sedikit bergoyang dan kurang halus.

Untungnya, lensa pada kamera ini telah dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization) sehingga mampu mengurangi blurring atau keburaman yang diakibatkan oleh guncangan.

8. Absennya Jack Microphone

Nampaknya, kalian tidak bisa menambahkan alat eksternal apapun pada kamera ini. Setelah absennya hot shoe, kamera ini juga menghilangkan jack microphone, alhasil kalian tidak dapat menambahkan microphone eksternal dalam bentuk apapun.

Namun, kalian tak usah berkecil hati, sebab microphone bawaan dari kamera ini sudah cukup oke untuk merekam suara dalam jarak dekat.

9. Tidak Disenjatai EVF (Electronic View Finder)

Sayangnya, kamera ini tidak dilengkapi dengan EVF/ atau Electronic View Finder. Padahal, EVF sangat memudahkan seseorang dalam mengambil foto, karena preview yang ditampilkan akan sama persis dengan kualitas foto yg dihasilkan.

Selain itu, EVF juga berfungsi untuk memberikan preview dari exposure, depth of field serta black or white dari sebuah foto yang akan diambil.

10. Kurang Mampu Memotret Objek Cepat

Sensor Auto Focus yang digunakan pada X-A20 masih menggunakan sistem Contrast Detection Auto Focus, sehingga kurang mampu memotret objek cepat seperti sport dan wildlife photography.

Jadi, kamera ini memang lebih cocok digunakan untuk mengambil potrait photography.

Baca Juga: Bikin Konten Maksimal dan Praktis dengan 10 Kamera Vlog Terbaik

Nah, dengan kamera ini kalian sudah bisa mendapatkan hasil foto dan video dengan harga yang terjangakau. Bagiamana? Tertarik untuk memilikinya?

jual kamera
Temukan semua perlengkapan fotografi dengan harga terbaik di sini!

Share

Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

16 HP Oppo Terbaru dan Harganya Maret 2024
Gadget dan Teknologi
16 HP Oppo Terbaru dan Harganya Maret 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia