• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Kelebihan dan Kekurangan Nintendo Switch Console

02 August 2023

Share

10 Kelebihan dan Kekurangan Nintendo Switch Console

Nintendo Switch merupakan salah satu konsol game terpopuler dan terlaris. Untuk mengenal lebih dalam perangkat ini, yuk simak kelebihan dan kekurangannya!


Kelebihan dan Kekurangan Nintendo Switch – Nintendo Switch Console sudah sangat populer di kalangan pecinta game. Fitur serta penggunaan yang ditawarkan membuat gamers menunggu-nunggu perilisannya sekitar dua tahun lalu pada 2017.

Nah, dari semua penawaran yang diberikan oleh Nintendo tentu ada kelebihan serta kekurangan pada game console tersebut. Untuk itu, mari kita simak kelebihan dan kekurangan Nintendo Switch Console berikut ini!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca Juga: Cara Ikutan Tap Tap Mantap – Tokopedia Maret Mantap!

Kelebihan Nintendo Switch

1. Game Konsol yang Sangat Portable

review nintendo switch, kelebihan nintendo switch, kekurangan nintedo switch
Sumber Gambar: iMore

Salah satu hal paling menyenangkan adalah Nintendo Switch Console bersifat sangat portable untuk gaming dimanapun. Desainnya fleksibel, serta bisa langsung dimainkan secara multiplayer bersama teman kapan pun.

Cukup melepaskan controller, lalu berikan kepada temanmu ketika ingin bermain multiplayer.

2. Bisa Terhubung ke TV

review nintendo switch, kelebihan nintendo switch, kekurangan nintedo switch
Sumber Gambar: Nintendo

Game konsol ini bisa disambungkan ke televisi untuk sensasi bermain yang lebih seru, memungkinkan kamu untuk bermain seperti pada game console lain pada umumnya.

Jadi, dengan kelebihan Nintendo Switch Console ini, kamu bisa memainkannya pada layar kecil maupun di layar televisi yang lebih besar.

3. Fitur Touch Screen

review nintendo switch, kelebihan nintendo switch, kekurangan nintedo switch
Sumber Gambar: Slash Gear

Dengan layar 6,2 inci Nintendo Switch sudah menggaet fitur multi-touch capacitive touch screen pada layarnya. Kemampuan ini menjadi salah satu kelebihan Nintendo untuk memudahkan player tanpa perlu menekan tombol pada konsol.

Multi capacitive touch memungkinkan penggunanya berinteraksi pada beberapa titik sekaligus sehingga, bisa dibilang fitur touch screen akan mendukung kegiatan bermain game.

4. Prosesor Nvidia Tegra

review nintendo switch, kelebihan nintendo switch, kekurangan nintedo switch
Sumber Gambar: Nvidia

Didukung kinerja prosesor Nvidia Tegra, konsol Nintendo Switch menjadi game portable dengan performa baik. Nvidia Tegra sudah melebarkan namanya pada ranah mobile gaming, smartphone, serta tablet.

Dengan didukung kinerja Nvidia, konsol dibangun khusus untuk menghadirkan game yang ringan dan cepat. Tegra merupakan prosesor yang bisa dikustomisasi dan performanya tak perlu diragukan.

Kekuatan Tegra pun terlihat dari kemampuannya ketika memainkan sebuah game di resolusi 720p dan 60 frame per second (fps). Selain itu, pada Xbox dan PlayStation 3 berhasil dimainkan hingga resolusi 1080, 60 fps.

5. Kontroler Mini

review nintendo switch, kelebihan nintendo switch, kekurangan nintedo switch
Sumber Gambar: Etsy

Nintendo menamakan kontrolnya sebagai Joy-Con. Joy-Con pada Nintendo Switch dapat dijadikan seperti Wii Remote karena Nintendo menyematkan sensornya pada konsol ini.

Fungsi seperti motion sensor, IR Sensor, dan HD Rumble dibangun di dalamnya, jadi Joy-Con bisa membaca gerak tubuh.

Di balik kontolernya yang berubuh mungil, Joy-Con tetap diklaim nyaman digunakan pada tangan. Kontroler mini ini didesain secara cerdas untuk memenuhi fungsi switch sebagai hybrid konsol serta handheld.

Baca Juga: Cara Mendapatkan & Menggunakan Kupon Mantap Tokopedia!

Kekurangan Nintendo Switch

6. Layar Belum Maksimal

Layar konsol Nintendo Switch dinilai masih kurang karena panel LCD yang masih memantulkan bayangan dengan jelas sehingga, tidak nyaman ketika sedang memainkan game.

Apalagi jika sedang memainkan di luar ruangan, pantulan bayangan membuat gambar pada layar jadi tidak terlihat jelas. Selain itu, layar cenderung mudah tergores jika menggunakan docking (menyambungkan ke televisi) saat digunakan.

Sehingga harus berhati-hati dan memberikan pelindung di bagian samping konsol agar tidak tergores.

7. Sistem Penyimpanan Tidak Fleksibel

Pihaknya hanya memberikan penyimpanan data permainan 32 GB pada konsol. Memori tambahan tidak bisa menyimpan data permainan, maka dari itu variasi permainannya jadi sedikit.

Memori eksternal hanya bisa digunakan untuk menyimpan berkas lain seperti, downloadable content atau update software.

8. Minimnya Pilihan Game

Console keluaran Nintendo ini memang akan membawa pemainnya kembali ke masa nostalgia bermain game karena banyak game casual seperti Mario Cart, Donkey Kong, dan lainnya.

Akan tetapi, bisa dikatakan Nintendo Switch masih kekurangan game AAA (game dengan nilai produksi tinggi contoh Grand Theft Auto).

Konsol Nintendo Switch juga hanya bisa menampung kurang lebih 10 judul game. Sangat disayangkan kalau permainan didalamnya masih tergolong sangat sedikit.

9. Tidak Disertai Fitur Multimedia

Sepertinya Nintendo Switch memang hanya dirancang khusus untuk bermain game seperti pada game konsol yang lebih tradisional. Pasalnya, game konsol ini tidak bisa digunakan untuk keperluan diluar gaming.

Fitur browser serta media player tidak disuntikkan didalamnya sehingga kamu tidak bisa browsing internet, menonton video ataupun mendengarkan musik di Nintendo Switch tersebut.

10. Daya Tahan Baterai

Walaupun Nintendo mengklaim bahwa baterai konsolnya bisa bertahan hingga 6,5 jam, daya tahan baterai ternyata masih kurang untuk ketahanannya. Jika memainkan game tertentu, hanya bisa tahan sekitar 3 jam.

Hal ini juga memang tergantung berdasarkan game apa yang dimainkan. Pasalnya, game console Nintendo Switch dibekali baterai 4.310 mAh sehingga, kemampuan soal daya tahan baterainya masih menjadi salah satu kekurangan.

Baca Juga: 7 Game Console Terbaik Rekomendasi Gamers Paling Seru


Jadi, untuk kamu penggemar gaming, khususnya konsol, Nintento Switch termasuk salah satu konsol yang cukup recommended. Ingin coba keseruan gaming dengan Nintendo Switch? Temukan Nintendo Switch dan berbagai konsol terbaru lainnya di Tokopedia sekarang juga!

Game console portable
Hilangkan stres dan temukan kebahagiaan dengan konsol game terbaik di sini!

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

13 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia
Top List
13 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia
© 2009-2024, PT Tokopedia