10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Realme 2 Pro, Performa Kencang Harga Terjangkau

1241
Kelebihan dan Kekurangan Oppo Realme 2 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Realme 2 Pro Beberapa saat lalu Realme sebuah sub-brand dari Oppo ini merilis ketiga ponsel terbarunya, yaitu Oppo Realme 2, Oppo Realme 2 Pro dan Oppo Realme C1. Di antara ketiganya, yang paling menonjol dan mencuri perhatian adalah Oppo Realme 2 Pro yang merupakan kasta tertinggi untuk seri Realme 2 ini.

Dibekali hardware yang mumpuni, Oppo Realme 2 Pro termasuk dalam jajaran smartphone Android kelas menengah terbaik yang patut kamu pertimbangkan karena memiliki sejumlah keunggulan. Tetapi, bukan berarti smartphone ini tidak memilki kekurangan, Toppers!

Yuk, simak ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Realme 2 Pro di bawah!

baca juga: 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Realme 2, Smartphone Murah Berdesain Anggun

Kelebihan Oppo Realme 2 Pro

1. Smartphone Termurah dengan Snapdragon 660

kelebihan oppo realme 2 pro
Sumber Gambar: Qualcomm

Untuk saat ini, Realme 2 Pro adalah smartphone dengan chipset Snapdragon 660 termurah yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Bahkan, smartphone seharga mulai dari Rp 2 jutaan ini lebih murah dari smartphone keluaran brand Xiaomi yang sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 660, yaitu Xiaomi Mi A2.

Untuk diketahui, Snapdragon 660 sendiri merupakan prosesor bertenaga dengan performa kencang yang juga biasa digunakna oleh ponsel-ponsel seri flagship versi lite. Pada umumnya, smartphone dengan chipset ini harganya bisa di atas Rp 5 jutaan.

2. Layar Luas Nyaris Tanpa Bezel

10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Realme 2 Pro - Layar Luas Nyaris Tanpa Bezel
Sumber Gambar: Realme

Oppo Realme 2 memiliki layar luas berukuran 6,3 inci nyaris tanpa bezel karena memiliki rasio layar hingga 90,8 persen. Jenis layar yang digunakan untuk smartphone ini adalah layar IPS LCD dengan resolusi Full High Definition (FHD). Kamu bisa dengan puas menikmati konten pada perangkat ini berkat ‘poni’ yang hanya seukuran setetes air.

Jadi, ponsel ini tak hanya bertenaga, tapi juga punya tampilan yang enak dilihat berkat desain elegan dan ukuran layar yang luas.

3. Andal Multitasking dengan RAM 8 GB

kelebihan / kekurangan oppo realme 2 pro
Sumber Gambar: Wovow

Berbeda dengan saudaranya, Oppo Realme 2 lebih unggul untuk urusan multitasking karena dibekali RAM hingga berkapasitas 8 GB. Dengan RAM berukuran jumbo ini, kamu bisa berpindah-pindah aplikasi secara lancar tanpa adanya lag.

Bahkan, kamu bisa pindah dari satu aplikasi games ke aplikasi games lainnya sehingga kamu bisa memainkan dua game sekaligus!

4. Penyimpanan Luas hingga 128 GB

kelebihan oppo realme 2 pro
Sumber Gambar: Realme

Soal penyimpanan, Oppo Realme 2 Pro memiliki dua buah varian yaitu 64 GB dengan RAM 4/6 GB serta 128 GB dengan RAM 8 GB. Kapasitas penyimpanan yang sangat luas ini tentu menjadi salah satu nilai plus untuk kamu yang suka menyimpan banyak aplikasi, games serta foto dan video.

Tak hanya itu, kapasitas penyimpanan Realme 2 Pro juga masih bisa diperluas karena tersedianya slot kartu microSD yang mendukung kapasitas hingga 256 GB.

5. Dua Kamera Beresolusi 16 MP

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Realme 2 Pro - Dual Kamera Beresolusi 16 MP
Sumber Gambar: Realme

Oppo Realme 2 Pro memiliki kemampuan fotografi yang tidak main-main. Dengan dua buah kamera beresolusi 16 MP dengan fitur PDAF + 2 MP depth sensor, Oppo Realme 2 Pro mampu menghasilkan hasil foto yang maksimal pada kondisi cukup cahaya maupun kondisi low-light. Namun, warna yang dihasilkan sedikit pucat pada kondisi low-light.

Kamera Oppo Realme 2 juga memiliki kemampuan optical zoom hingga 2x. Kemampuan perekaman video Oppo Realme 2 Pro tidak kalah hebat, smartphone ini mampu merekam video hingga resolusi 4K pada 30 frame per detik.

Lebih kerennya lagi, kamera Oppo Realme 2 Pro memiliki fitur penstabilan EIS (Electronic Image Stabilization) yang aktif ketika melakukan perekaman pada resolusi 1080p (Full HD).

aksesoris pelindung handphone - waterproof
Main handphone di dalam air? Ini solusinya!

Baca Juga: 10 Kelebihan dan Kekurangan Pocophone F1, serta Spesifikasi Lengkapnya

Kekurangan Oppo Realme 2 Pro

6. Tanpa Dukungan NFC

kekurangan oppo realme 2 pro
Sumber Gambar: Coresight Research

Zaman sekarang, kehadiran fitur Near Field Communication (NFC) pada smartphone dapat mempermudah kegiatan sehari-hari mulai dari transaksi digital hingga pertukaran data sesama smartphone Android.

Namun, fitur NFC di tiadakan pada Oppo Realme 2 Pro ini sehingga kamu tidak bisa menikmati kemudahan tersebut.

7. Bodi Bukan Logam

kekurangan oppo realme 2 pro
Sumber Gambar: BGR

Sekilas, Oppo Realme 2 Pro ini terlihat memiliki back cover berbahan dasar kaca. Ternyata, Oppo Realme 2 Pro ini memiliki bahan dasar plastik dengan finishing yang membuatnya terlihat berkilau seperti kaca.

Bahan plastik ini juga diterapkan untuk bagian rangka bodi smartphone terbaru Realme ini sehingga membuatnya terasa kurang kokoh dan mantap saat digenggam.

8. Kapasitas Baterai Tidak Terlalu Besar

kekurangan oppo realme 2 pro
Sumber Gambar: Digit.in

Sangat disayangkan, kapasitas baterai Oppo Realme 2 Pro ini tidak terlalu besar bahkan masih lebih kecil dibandingkan dengan saudaranya, Oppo Realme 2. Oppo Realme 2 Pro dibekali baterai sebesar 3.500 mAh, sedangkan Oppo Realme 2 memiliki kapasitas baterai 4.230 mAh.

Kabarnya, Oppo Realme 2 Pro juga belum mendukung teknologi quick charge, sehingga pengisian daya baterai memakan waktu yang lebih lama.

9. Kualitas Audio Kurang Maksimal

kelebihan / kekurangan oppo realme 2 pro
Sumber Gambar: US Tech Portal

Kualitas speaker pada Oppo Realme 2 ini terasa kurang detail dan kurang ‘nendang’. Ditambah lagi, speaker yang ditanamkan pada smartphone ini berjenis mono sehingga kualitas audio yang dihasilkan pun kurang maksimal.

Terlebih jika kamu sedang menonton video atau bermain games dalam posisi landscape. Jangan khawatir, masalah ini dapat diatasi dengan  menggunakan earphone atau speaker bluetooth.

10. Hasil Foto yang ‘Menipu’

kekurangan oppo realme 2 pro
Sumber Gambar: Oppo

Hasil foto ‘menipu’ pada Oppo Realme 2 Pro ini dapat terjadi akibat adanya fitur Artificial Intelligence (AI) pada kamera, khususnya pada kamera depan yang membuat hasil kamera menjadi kurang realistis. Hal ini sebenarnya merupakan hal yang bagus namun tidak menjadi favorit semua orang.

Kekurangan lainnya juga terjadi pada hasil foto pada kondisi low-light. Karena, pada kondisi ini exposure dan shadow dipaksa terlihat lebih terang. Sekilas, hasil foto menjadi terlihat lebih bagus tetapi setelah diperhatikan, banyak noise yang muncul dalam hasil foto yang diambil.

jual lensa super wide handphone
Jangkauan foto super lebar dengan smartphone berkat lensa tambahan ini!

Baca Juga: 18 Smartphone dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 845 Terbaik

Spesifikasi Oppo Realme 2 Pro

Nama Oppo Realme 2 Pro
Rilis September 2018
Dimensi 156.7 x 74 x 8.5 mm (6.17 x 2.91 x 0.33 in)
Berat 174 gram
Material Plastik
Jenis Layar IPS LCD
Ukuran 6,3 inci
Resolusi 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
OS Color OS 5.2 berbasis Android 8.1 (Oreo)
Prosesor Qualcomm Snapdragon 660 (14 nm)
Inti Octa-core (delapan inti)
Clockspeed 4×2,0 GHz Kryo 260 + 4×1,8 GHz Kryo 260
Grafis Adreno 512
Internal 128 GB, 8 GB RAM atau 64 GB, 4/6 GB RAM
Eksternal microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Kamera Belakang 16 MP, f/1.7, 1/2.8″, 1.12µm, PDAF
2 MP, depth sensor
LED flash, HDR, panorama
2160p@30fps, 1080p@30fps
Kamera Depan 16 MP, f/2.0
HDR
1080p@30fps
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass.
Baterai 3.500 mAh (non-removable)
Harga Rp 2,9 juta – Rp 3,7 juta

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6, Smartphone Murah Masa Kini

Setelah membahas secara lengkap soal kekurangan dan kelebihan Oppo Realme 2 Pro, dapat disimpulkan bahwa smartphone Android kelas menengah ini sangat cocok untuk para anak muda yang mengedepankan gaya dan tampilan, sesuai dengan tagline produk ini, yaitu “Proud to be Young”. Karena memang ponsel ini memiliki desain yang terkesan premium dengan pilihan warna yang elegan, serta eye catching.

Kualitas kamera juga cukup baik, cocok untuk memenuhi kebutuhan update foto dan video melalui media sosial, serta performanya yang bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun games. Sebuah paket lengkap untuk para anak muda.

Tertarik untuk memilikinya? Yuk, cek Tokopedia untuk menemukan Oppo Realme 2 Pro dengan harga terbaik!

smartphone kamera bokeh
Jepret foto berkualitas setara kamera profesional hanya dengan smartphone? Temukan jawabannya di sini!