Lenovo Legion Y520 vs Asus FX553VD, Mana Lebih Baik?

795
review lenovo legion y520 vs asus fx553vd

Jika bingung mencari laptop gaming berperforma tinggi yang terjangkau. Review Lenovo Legion Y520 vs Asus FX553VD akan membantumu menentukan pilihan!


Lenovo Legion Y520 vs Asus FX553VD – Halo, Toppers masih kah kamu memiliki kesan bahwa laptop gaming dengan performa tinggi tidak cocok untuk kerja dan menghambat mobilitas?

Wajar, karena biasanya laptop jenis ini memiliki beban yang berat bahkan melebihi 3 kilogram (kg). Tidak jarang juga Toppers yang kecewa dengan laptop karena sudah berat, tetapi performanya tidak seperti yang diharapkan.

Tapi kesan itu seketika sirna ketika Lenovo Legion Y520-15IKBN dan Asus FX553VD-DM001D hadir. Kedua laptop ini memiliki performa maksimal, namun dengan berat yang tergolong ringan, sekitar 2,5 kg.

Pertanyaannya, mana yang lebih cocok untuk kamu di rentang harga yang sama? Simak perbandingan laptop Lenovo Legion Y520 vs Asus FX553VD berikut!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca Juga: Tips dan Cara Atasi Laptop Lemot

Perbandingan / Review Lenovo Legion Y520 vs Asus FX553VD


1. Build Quality


Asus dan Lenovo berusaha memastikan kualitas casing berbahan dasar plastik ini agar terasa kokoh dan awet. Selain itu, penggunaan bahan plastik pada casing memungkinkan berat laptop menjadi lebih ringan.

Asus memiliki build quality yang baik pada seri laptop di bawah Republic Of Gamers (ROG)-nya ini. Hal ini terlihat dari mekanisme engsel pada lid yang dibuat agar membuka layar cukup mudah bahkan dengan penggunaan satu tangan, namun tanpa membuat layar tampak kendor.

Casing juga tidak menimbulkan bunyi aneh seperti berderit ketika ditekan.

perbandingan / review lenovo legion y520 vs asus fx553vd
Sumber Gambar: Laptop Media / Casing Bawah Lenovo Legion Y520

Sementara itu, Lenovo memiliki kualitas produk yang baik. Pada bagian bawah terdapat 13 sekrup berjenis pan head (PH) yang kokoh mengunci casing, menyebabkan membongkar laptop ini tidak lebih mudah ketimbang membongkar laptop gaming yang lain, namun juga tidak sesulit itu untuk dibongkar.

Keduanya sama-sama fokus pada sistem cooling yang baik. Kipas yang berada dekat dengan komponen sumber panas seperti hard disk drive (HDD) dan prosesor, serta ventilasi pembuangan panas yang didesain di bagian belakang laptop, membuat kedua laptop ini dapat membuang panas dengan efisien.


2. Pengolah Grafis


Kedua laptop ini menggunakan kartu grafis arsitektur terbaru dari Nvidia, sehingga tidak diragukan kemampuannya dengan memori grafis sebesar 4 gigabyte (GB).

Untuk Asus FX553VD-DM001D, kartu grafis yang digunakan adalah Geforce GTX 1050, sedangkan Lenovo Legion Y520-15IKBN menggunakan Geforce GTX 1050 Ti.

Sumber Gambar: Nvidia / Perbedaan kartu grafis dengan dan tanpa Nvidia PhysX.

Pada beberapa game seperti Overwatch dan GTA V, Geforce GTX1050 Ti menawarkan performa grafis lebih baik. Namun secara teknis, kedua kartu grafis ini mampu memainkan game dengan resolusi full high definition (FHD) 1080p pada pengaturan medium hingga high tanpa kendala.

Fitur compute unified device architecture (CUDA) dan PhysX dari Nvidia pada kedua laptop ini akan membuat tampilan grafis game kamu jauh lebih detail.


3. Performa Processing


Kedua laptop ini menggunakan prosesor yang sama, yaitu Intel Core i7-7700HQ. Kecepatan prosesornya cukup mumpuni, yakni 2,8 gigahertz (GHz) dengan cache 6 megabyte (MB) dan dapat di-overclock hingga mencapai 3,8 GHz.

Dengan kemampuan prosesor tersebut dan random access memory (RAM) berukuran 8 GB, kedua laptop ini memiliki kemampuan multitasking yang tidak perlu diragukan lagi untuk menunjang kebutuhan gaming apalagi pekerjaanmu.


4. Penyimpanan


Sumber Gambar: Asus / Asus FX553VD

Kapasitas sebesar 1 terabyte (TB) pada kedua laptop ini dapat menyimpan data dan instalasi game lebih banyak. Belum terbayang? Dengan 1 TB, kamu bisa menyimpan file musik berdurasi 17.000 jam 310.000 foto dan gambar, atau film berdurasi 500 jam.

Kabar baiknya lagi, kapasitas kedua laptop ini dapat di-upgrade ke teknologi solid-state drive (SSD).

laptop gaming
Capai performa gaming terbaikmu dengan laptop berspesifikasi tinggi dan fitur lengkap!

Baca Juga: Pilihan 9 Laptop Terbaik Sepanjang 2018


5. Kualitas Layar


Semakin tinggi resolusi layar, semakin tinggi pula kualitas grafis yang ditampilkan. Baik Asus dan Lenovo mempersenjatai layar laptopnya dengan kualitas resolusi FHD, sehingga dapat memberikan detail dan warna yang lebih tajam.

Permukaan layar berpermukaan matte menjadikan pantulan sinar Matahari atau lampu pada layar tidak akan menganggumu selama bekerja, mengerjakan tugas, maupun gaming.


6. Audio


Asus menggandeng Icepower, perusahaan audio terkemuka asal Denmark, untuk teknologi audio yang disematkan pada laptop Asus FX553VD-DM001D. Sedangkan, Lenovo memilih untuk menggunakan teknologi speaker dari Harman dan teknologi audio processing Dolby.

Baik Lenovo Legion Y520 atau Asus FX553VD memberikan detail suara yang mempuni dengan volume yang baik, tidak terlalu kencang maupun terlalu kecil.


7. Konektivitas


Konektivitas yang disediakan oleh kedua laptop ini cukup lengkap dan bisa dibilang future-proof. Terdapat 1 slot USB 3.0 Type-C, 2 slot USB 3.0 Type-A, 1 slot USB 2.0, 1 slot HDMI, dan 1 slot 3,5 mm audio jack.

Ada pula 1 slot 3,5 mm microphone jack, 1 slot RJ45 LAN, dan card reader 4-in-1 untuk jenis SD, SDHC, SHXC, serta MMC.


8. Fitur Tambahan


Lenovo menawarkan beberapa pre-installed software yang akan berguna untuk menunjang produktivitas kamu seperti Office 365 dan PowerDVD. Beberapa aplikasi bawaan Lenovo juga disematkan pada Lenovo Legion Y520.

Namun jangan khawatir, kamu dapat menghapus aplikasi-aplikasi tersebut jika kamu tidak menginginkannya.

Sedangkan, Asus nampak lebih serius untuk memastikan para gamer mendapatkan pengalaman bermain yang terbaik dengan laptop mereka.

Asus memberikan pengguna FX553VD-DM001D akses ke forum dan beberapa aplikasi untuk para gamer seperti aplikasi benchmarking dan tweaking yang dapat dilihat di website resmi Republic of Gamers (ROG).


Baca Juga: 9 Merk Laptop Gaming Terbaik di Tahun 2018

Setelah melihat perbandingan di atas, untuk kamu yang ingin performa kerja dan gaming maksimal, Lenovo Legion Y520 dapat menjawab kegalauan kamu. Namun untuk kamu yang ingin performa terbaik dengan build quality yang mumpuni, Asus FX553VD bisa menjadi jawabannya.

Soal harga, Asus FX553VD-DM001D dibanderol dengan harga sekitar Rp 12,4 jutaan. Sedangkan, Lenovo Legion Y520-15IKBN ditawarkan sebesar Rp 12,6 juta.

Bagaimana, sudah menentukan laptop pilihanmu untuk gaming dan kerja, Toppers? Dapatkan laptop gaming terbaik berperforma tinggi dengan harga termurah hanya di Tokopedia!

jual laptop
Tunjang produktivitas tingkat tinggi dengan laptop andalan terbaik di sini!

Bagikan Artikel