• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Oppo Reno6 (4G): Mid-range Idaman

Share

Review Oppo Reno6 (4G): Mid-range Idaman

Review kelebihan, kekurangan, spesifikasi dan harga Oppo Reno 6 (4G). HP menengah yang jadi dambaan, berkat desain elegan dan fitur lengkap.


Oppo Reno series merupakan pengganti model R yang hadir sebagai kelompok smartphone kelas menengah dengan desain colorful, menarik, dan fiturnya canggih untuk menarik minat konsumen para kaum milenial.

Oppo terus melakukan inovasi terhadap ponsel Reno Series ini. Kekinian, pabrikan asal China ini merilis Oppo Reno6 yang hadir dalam pilihan seri 4G, 5G, dan juga Pro yang harganya cukup terjangkau dengan beberapa peningkatan dari pendahulunya, yakni seri Reno5.

Ponsel terbaru dari Oppo ini hadir dengan quad camera berkualitas, 50W Flash Charge, chipset bertenaga, dan masih banyak kelebihan lainnya. Penasaran untuk menguliknya lebih dalam? Simak kelebihan, kekurangan, serta spesifikasi dan harga Oppo Reno6 4G!

Baca Juga: Review Oppo Reno 5: Lebih Lengkap, Kamera Cakap

Kelebihan Oppo Reno6 4G

Sebagai ponsel terbaru dari Reno Series, Oppo tentunya melakukan inovasi lebih baik, mulai dari chipset-nya, fitur menarik, dan teknologi paling baru. Berikut ini kelebihan yang bisa kamu nikmati dalam ponsel Oppo Reno6 4G:

1. Kamera Berkualitas dengan Berbagai Fitur Canggih

Oppo merupakan produsen smartphone yang seringkali memanjakan pengguna dengan kualitas kameranya yang baik. Oppo Reno6 4G dilengkapi dengan quad camera belakang dengan kamera utama 64 MP dan kamera depan 44 MP.

Kamera Oppo ini memiliki banyak fitur-fitur terkini, seperti lampu latar belakang softlens Video Bokeh Flare Portrait yang dapat menangkap video lebih cantik.

Bidikan cahaya dalam kamera ini menghasilkan gambar yang sangat baik berkat Algoritme Live HDR dan Ultra Night Video yang dapat menyesuaikan cahaya, baik siang maupun malam.

Algoritma AI Video Percantik Potret ponsel ini dapat mendeteksi 193 titik wajah untuk membuat wajahmu lebih cantik. Fitur Flash Snapshot yang ditenagai oleh engine clear image eksklusif OPPO secara otomatis dapat menangkap setiap momen dengan fokus.

Bosan dengan hasil gambar yang monoton? Oppo melengkapinya dengan AI Palette yang mampu menciptakan foto lebih baik dengan berbagai efek yang disediakan dengan satu klik.

Hasil foto dalam ponsel ini memiliki Ultra Clear 108MP Image yang memberikan resolusi yang sangat baik. Meski kamu menangkap sesuatu yang jauh, foto dapat diperbesar dan tetap jelas.

2. Baterai Besar dengan 50W Flash Charge!

Kelebihan berikutnya, Oppo Reno6 4G memiliki kapasitas baterai 4310 mAh yang bekerja dengan Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby untuk membuat kamu terus bekerja tanpa khawatir kehabisan daya.

Saat pengisian daya, ponsel ini dilengkapi teknologi 50W Flash Charge yang dapat melakukan pengisian hanya 5 menit untuk tiga jam pemutaran video.

3. Dilengkapi Multi-Cooling System

Khawatir ponsel akan panas ketika dipakai seharian? Oppo Reno6 4G memiliki Multi Cooling System yang membantu ponsel untuk tetap dingin setelah lama digunakan. Ponsel ini memiliki sistem pendingin yang mendukung sistem pembuangan panas sehingga ponsel tetap adem dan nyaman.

4. Chipset Andalan yang Terkenal Bertenaga!

Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G 8nm memastikan kamu memiliki pengalaman yang mulus tanpa lag. Chipset ini dilengkapi dengan penyimpanan internal 8 GB + 128 GB dengan ekspansi RAM hingga 5 GB.

Chipset Snapdragon 720G merupakan chipset gaming buatan Qualcomm yang tentunya dapat menunjang aktivitas gaming-mu secara lancar. Akhiran “G” yang mengindikasikan bahwa chipset ini khusus gaming. Chipset ini memiliki GPU Adreno 618 dengan dukungan OpenGL ES 3.2 dan Vulkan 1.1.

Didukung oleh Hexagon 692 DSP dan Spectra 350L, ponsel dengan chipset Snapdragon 720G diklaim dapat mengambil video 4K atau mengambil foto sebesar 192 megapiksel. D

5. Dilengkapi Dolby Atmos

Dolby Atmos adalah teknologi surround sound yang memberikan pengalaman mendengarkan musik lebih baik dengan audio sinematik 3D. Fitur ini aktif jika pengguna menggunakan headset atau headphone. Efek yang dihasilkan adalah suara dari ponsel lebih terlihat jelas, suara lebih lebar, dan memberikan kesan seperti mendengarkan live di konser.

Baca Juga: Review Oppo Reno 5F: Lebih Fresh, Kaya Fitur Kamera

6. Layar Mulus 90 Hz

Dari segi layar, Oppo Reno6 4G memiliki layar berpanel AMOLED berukuran 6.4 inci yang memiliki refresh rate cukup cepat, yakni 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz yang memberikan pengalaman scrolling lebih mulus. Layar mulus ini juga tentunya sangat nyaman jika digunakan untuk bermain game.

Selain itu, ponsel ini dilengkapi Eye Care Display yang dapat melindungi cahaya biru hingga 12.5% berkat layar AMOLED, sehingga mata akan tetap sehat terhindar radiasi.

7. Sistem Operasi Terbaru ColorOS

Oppo Reno6 4G dilengkapi oleh sistem operasi terbaru ColorOS yang berbasis Android 11. OS ini memiliki banyak fitur-fitur terbaik yang disematkan oleh Oppo. Ponsel ini memiliki algoritma penginderaan yang disempurnakan AI di kamera depan 44MP memungkinkan kamu menggulir, menjawab, dan membisukan panggilan dengan Air Gestures. Adaptive Sleep dalam ponsel ini secara otomatis membuat layar kamu tetap terjaga dan Anti-Peeping for Notification dapat menutupi notifikasi ponsel saat ada orang lain.

Fitur O Relax dapat membantu kamu bersantai bersantai dengan suasana pemandangan kota yang berbeda. Fitur ini membantu kamu bernapas, fokus, dan tidur lebih tenang.

Selain itu, ponsel ini memiliki fitur tangkapan layar untuk menerjemahkan kalimat menggunakan Google Lens.

Kekurangan Oppo Reno6 4G

Menjadi produk terbaru dari deretan Reno Series bukan berarti bahwa Oppo Reno6 4G ini adalah produk yang sempurna. Masih ada beberapa kekurangan yang bisa menarik kamu pertimbangkan sebelum membelinya, yakni sebagai berikut:

8. Belum Mendukung Sinyal 5G

Para produsen smartphone saat ini sedang melakukan persaingan sengit untuk meluncurkan koleksi ponsel terbarunya dengan dukungan jaringan 5G yang lebih cepat dan latensinya rendah. Kini, banyak produk ponsel dengan konektivitas 5G yang dibandrol dengan harga terjangkau.

Seperti namanya yang hanya mengandung kata 4G, ponsel Oppo Reno6 4G belum mendukung sinyal 5G. Namun, sinyal 4G juga sudah cukup baik digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari dengan lancar dan ngebut.

9. Belum Memiliki Sertifikasi IP68

Kekurangan selanjutnya adalah HP Oppo Reno6 4G belum memiliki sertifikasi tahan air dan debu, Toppers. Kamu perlu berhati-hati untuk tidak menyimpannya di tempat yang berdebu apalagi cukup basah.

Ponsel ini belum memiliki sertifikasi IP53 atau IP68, yang artinya ponsel ini tidak memiliki resistensi terhadap debu dan percikan air.

10. Tidak Dilengkapi Gorilla Glass

Sebuah ponsel bisa jatuh dari ketinggian atau terbanting oleh penggunanya secara tidak sengaja. Peran Gorilla Glass sangat penting untuk sebuah handphone karena bisa cukup tahan dengan kerusakan. Sayangnya, Oppo Reno6 4G belum dilengkapi oleh Gorilla Glass seperti seri yang 5G dan juga Pro.

Kamu harus berhati-hati saat menggunakan handphone ini. Gunakan anti gores dan casing handphone sebagai alternatif agar ponsel selalu aman dan tidak lecet.

Baca Juga: HP Oppo RAM 8GB, Multitasking Super Nyaman

Spesifikasi dan Harga Oppo Reno6 4G

  • Nama: Oppo Reno6 4G
  • Rilis: 27 Juli 2021
  • Berat: 173 gram (g)
  • Material: Kaca depan, bingkai plastik, belakang plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: AMOLED, 6,4 inci (Rasio layar ke body ~84,8%)
  • Resolusi Layar: 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~411 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera Belakang: 64 MP (f/1.7, wide, PDAF) + 8 MP (f/2.2, ultrawide) + 2 MP (f/2.4, macro) + 2 MP (f/2.4, depth)
  • Kamera Depan: 44 MP (f/2.4, wide)
  • Bluetooth: 5.1, A2DP, LE, aptX HD
  • Sensor: Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 4.310 mAh (fast charging 50W)
  • Harga Resmi: Rp4.999.000 (cek harga Oppo Reno6 4G selengkapnya)
Baca Juga: Daftar HP Oppo Terbaru dan Harganya

Itu dia Toppers kelebihan, kekurangan, dan juga spesifikasi Oppo Reno6 4G yang bisa menjadi pilihan ponsel anyar di tahun 2022. Smartphone ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai fotografi, hingga bermain game karena dilengkapi multi cooling system yang menjaganya tetap adem.

Untuk kamu yang ingin membeli produk Oppo terbaik lainnya, yuk cek Tokopedia sekarang!

Beli Oppo Reno6 4G di Sini

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

© 2009-2024, PT Tokopedia