Review Samsung Galaxy A10s: Murah, Andal dan Enggak Neko-neko

0
487
review samsung galaxy a10s, kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a10s, spesifikasi samsung galaxy a10s

Murah, fitur dan spesifikasi cukup andal, serta chipset efisien. Simak review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy A10s!


Review Samsung Galaxy A10s – Handphone (HP) yang kian marak beredar di kalangan masyarakat membuat banyak produsen berlomba-lomba menentukan harga terbaik di mata pelanggan. Namun, harga yang semakin murah akan berdampak pada spesifikasi yang ada.

Selain itu, smartphone dari pabrikan Tiongkok kerap mendominasi dibandingkan dengan beberapa gadget dari brand ternama, seperti Apple, Samsung, Google dengan seri Pixel dan lain sebagainya.

Lantas, satu merek ponsel ternama dari Korea Selatan, Samsung mencoba memasuki pasar Indonesia di kalangan HP yang terjangkau. Ingin membelinya namun bingung apa saja kelebihannya?

Yuk, simak review kelebihan dan kekurangan serta spesifiaksi Samsung Galaxy A10s!

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A20s: Smartphone Murah, Gaya Menengah

Kelebihan Samsung Galaxy A10s

1. Dimensi Layar Luas

review samsung galaxy a10s
Sumber Gambar: Trusted Reviews

Layar yang sangat luas merupakan kebutuhan untuk semua jenis smartphone pada umumnya. Banyak hal yang bisa dikerjakan bila memiliki layar luas, salah satunya ada di Samsung Galaxy A10s.

Samsung Galaxy A10s memiliki dimensi sebesar 156.9 x 75.8 x 7.8 mm serta berat 168 gram. Ukuran yang cukup besar di harga yang terjangkau merupakan nilai lebih. Apalagi ditambah brand value yang tinggi dari nama Samsung.

2. Kapasitas Memori Cukup

Meskipun memiliki harga yang rendah bukan berarti Samsung mengorbankan aspek memori sebagai penyeimbang spesifikasi. Memori merupakan hal vital, apalagi dengan jenis aplikasi yang beragam serta kebutuhan multi-media.

Untuk smartphone harga Rp 1 jutaan, kamu sudah bisa memiliki perangkat Samsung dengan kapasitas memori 32 GB. Tidak hanya itu, ada beberapa varian yang bisa kamu coba di segi RAM, baik 2 GB atau 3 GB.

3. Desain Simpel dan Elegan

review samsung galaxy a10s
Sumber Gambar: Unbox PH

Ciri khas Samsung yang sudah melekat dari segi brand dan desain. Konsep yang simpel, sensor sidik jari yang lonjong, serta  warna yang memukau menjadi daya tarik tersendiri meski dibanderol dengan harga yang murah.

Tidak hanya sampai di situ, banyak pilihan warna yang tersedia seperti Blue, Green, Red dan Black. Dari berbagai pilihan dengan harga yang terjangkau pun menjadikan Galaxy A10s sebagai daya tarik tersendiri.

4. Chipset Hemat Daya

Ponsel ini ditenagai dengan Mediatek MT6762 atau yang memiliki nama model Helio P22. Chipset ini sudah cukup canggih, karena dibuat dengan menggunakan proses fabrikasi 12 nanometer (nm). Dengan begitu, konsumsi daya jadi lebih irit.

5. Daya Baterai Jumbo

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a10s
Sumber Gambar: NoypiGeeks

Memiliki smartphone dengan daya baterai yang besar merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Pasalnya, tidak akan berguna bila tidak memiliki daya dan rasanya tidak salah mengutamakan baterai dengan harga yang cukup terjangkau bagi Samsung.

Bagaimana tidak, Samsung Galaxy A10s sudah disematkan dengan daya baterai 4.000 mAh. Kebutuhan yang tinggi serta ketahanan baterai akan diuji di sini. Tentu tidak salah karena hal ini merupakan daya tarik bagi para pembeli.

tukar tambah tokopedia
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Xiaomi Redmi Note 8: Pilihan Mid-range yang Menggiurkan

6. Harga Terbaik

Satu hal yang sangat positif, apalagi dengan spesifikasi yang ditawarkan di perangkat Samsung Galaxy A10s, adalah soal harganya.

Kini, kamu tidak kesulitan menerima banyak masukan dari kawan-kawan sekitar, karena dengan harga murah pun kamu dapat membeli HP bermerek Samsung.

Kamu bisa mendapatkan Samsung Galaxy A10s dengan harga mulai Rp 1,6 jutaan. Tentu harga yang sangat sebanding dengan kualitas yang diberikan, apalagi untuk HP bermerek Samsung.

Kekurangan Samsung Galaxy A10s

7. Absennya Sensor Gyroscope

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a10s
Sumber Gambar: NoypiGeeks

Meskipun demikian, harga yang murah pasti akan mengorbankan sesuatu, seperti sensor. Sayang sekali Samsung Galaxy A10s terpaksa melepas sensor gyroscope.

Fitur atau sensor gyroscope memiliki fungsi gerakan tiga dimensi untuk media dan aplikasi tertentu. Sebagai contoh, melihat gambar 3D dari Facebook harus memiliki sensor jenis ini.

Begitu juga ketika memainkan game bertipe AR (Augmented Reality) seperti Pokemon GO, Harry Potter: Wizard Unite atau Ingress.

8. Bodi Plastik

Dengan segala kelebihan dari segi spesifikasi, tentu tidak aneh rasanya bila body di bagian belakang menjadi plastik. Samsung Galaxy A10s melakukan hal ini untuk menekan harga, namun sekaligus merusak estetika HP.

Perlu aksesoris tambahan seperti hardcase atau softcase HP agar perangkat Android yang kamu miliki tetap memukau dilihat orang. 

9. Tanpa NFC

spesifikasi samsung galaxy a10s
Sumber Gambar: Android Authority

Fitur yang mungkin hampir mustahil ada di HP dengan harga di bawah Rp 2 juta. Bukan tanpa alasan, karena memang sensor NFC memiliki harga yang sangat tinggi dan cukup sulit bila mengandalkan pasar bawah terpaku dari harga smartphone.

10. Tidak Diperkuat Exynos

Hal yang cukup vital untuk merek Samsung, yaitu chipset dan GPU. Banyak dari pencinta Samsung memuja hasil ciptaannya yang sangat terkenal, yaitu chipset Exynos.

Memiliki thread-core yang banyak dan berkualitas serta memiliki cache memory yang cukup untuk mengatasi banyaknya aplikasi yang berjalan.

Samsung Galaxy A10s sendiri didukung oleh chipset Mediatek MT6762 Helio P22. Tidak lupa dengan PowerVR GE8320 di sisi GPU yang menunjang grafis ketika bermain game atau menangkap media.

aksesoris pelindung handphone - waterproof
Di kolam renang ingin tetap foto-foto menggunakan handphone? Ini solusinya!

Baca Juga: Review Realme C2: Smartphone Menawan di Harga Sejutaan

Spesifikasi Samsung Galaxy A10s

  • Nama: Samsung Galaxy A10s (SM-A107F)
  • Rilis: Agustus 2019 
  • Berat: 168 gram (g) 
  • Material: kaca (depan), plastik (bodi) 
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS 6,2 inci
  • Resolusi Layar: 720 x 1520 pixel, 19:9 ratio
  • Chipset: Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • Prosesor: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • RAM: 2 GB dan 3 GB 
  • Memori Internal: 32 GB 
  • Kamera Belakang: 13 MP (lensa wide, f/1.8, AF), 2 MP (depth sensor, f/2.4)
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.0)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE 
  • USB: Micro USB 2.0, Audio Jack 3.5mm
  • Sensor: Fingerprint (belakang), accelerometer, proximity
  • Baterai: 4.000 mAh
  • Harga: Mulai dari Rp 1.648.000 (cek harga Samsung Galaxy A10s selengkapnya)

Baca Juga: Review Xiaomi Redmi 7: Murah, Penuhi Syarat dan Perlindungan Ekstra

Itu dia Toppers, spesifikasi dari Samsung Galaxy A10s serta kelebihan dan kemudahan yang bisa kamu jadikan referensi bila sedang mencari HP terbaru. Tentu harga akan berbanding lurus dengan teknologi yang disematkan.

Pasar low-end juga termasuk baru untuk Samsung mengingat brand satu ini memiliki jajaran smartphone flagship yang sangat digemari. Seperti Samsung Galaxy Note 10 dan beberapa pengembangan dengan teknologi layar melengkung atau Edge.

Bagi kamu yang tertarik atau sedang mencari smartphone Samsung terbaru bisa kunjungi Tokopedia sekarang! Cek koleksi handphone terkini dengan harga yang terjangkau, nikmati juga kemudahan dan pengalaman belanja terbaik!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Yubian Asfar Huda

Bagikan Artikel