• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Samsung Galaxy J6 vs Xiaomi Redmi 5 Plus, Smartphone Terbaik untuk Keseharian

Share

Samsung Galaxy J6 vs Xiaomi Redmi 5 Plus, Smartphone Terbaik untuk Keseharian

Samsung Galaxy J6 vs Xiaomi Redmi 5 Plus Baru-baru ini Samsung merilis sebuah smartphone mid-range berseri J6. Menariknya, fitur dan teknologi yang disematkan pada ponsel pintar ini mirip dengan perangkat buatan Xiaomi yang telah rilis tiga bulan sebelumnya, yaitu Redmi 5 Plus.

Apakah ada kelebihan yang ingin ditonjolkan Samsung dibandingkan Redmi 5 Plus? Apakah Redmi 5 Plus memang lebih outdate dari Galaxy J6? Yuk, kita lihat review perbandingan dan spesifikasi Samsung Galaxy J6 vs Xiaomi Redmi 5 Plus selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Review Oppo F7 vs Vivo V9, Smartphone Selfie Beresolusi Tinggi

Perbandingan Samsung Galaxy J6 dan Xiaomi Redmi 5 Plus

1. Sama-sama Bodi Plastik dan Frame Aluminium

Desain Samsung Galaxy J6 sebenarnya hampir mirip dengan seri flagship-nya, Galaxy S9 apalagi jika melihat letak dan bentuk sensor fingerprint-nya. Dengan sensor sidik jari yang berada dibelakang, Samsung dapat mengecilkan ukuran bezel dan memberikan ruang lebih besar untuk layar. Samsung Galaxy J6 mudah digenggam dengan tebal 8,2 milimeter (mm) dan berat 154 gram (g). Berat yang ringan itu dikarenakan bodi smartphone ini yang terbuat dari plastik.

review samsung galaxy j6 vs xiaomi redmi 5 plus
Sumber Gambar: Samsung

Xiaomi juga membuat Redmi 5 Plus dengan sebagian besar material bodi adalah plastik namun diimbuhi dengan frame alumunium dan kaca di bagian depan layar. Berbeda dengan Galaxy J6, Redmi 5 Plus memiliki pojok layar yang melengkung. Ukuran Redmi 5 Plus lebih tipis ketimbang J6 yaitu 8,1 mm namun bobotnya lebih berat yaitu 180 g.

2. Pilih Layar AMOLED atau IPS?

Seperti smartphone Samsung pada umumnya, Galaxy J6 menggunakan layar Super AMOLED. Layar ini memberikan brightness yang lebih terang dan baterai yang lebih awet. Warna hitam yang dihasilkan saat smartphone keadaan mati juga lebih gelap dari layar biasa. Kerapatan pixel layar Galaxy J6 mencapai 293 piksel per inci (ppi), kerapatan layar ini mampu membuat baterai menjadi lebih tahan lama.

Redmi 5 Pro menggunakan panel IPS LCD, teknologi layar favorit Apple dan HTC. Untuk menampilkan sebuah warna, satu piksel LCD yang terbuat dari satu buah kristal cair, mempolarisasikan cahaya menjadi warna ternetu sesuai filter. Teknologi layar ini memberikan ketajaman gambar dan warna dibawah sinar matahari. Resolusi layar yang Full High Definition (FHD) dengan kerapatan 403 ppi memberikan detail gambar yang maksimal.

3. Qualcomm Snapdragon vs Samsung Exynos

Pada Samsung Galaxy J6 disematkan chipset Exynos 7870 Octa dengan prosesor octa-core berkecepatan 1,6 gigahertz (GHz). Dilengkapi dengan RAM 3 GB dan GPU Mali-T830 MP1, seharusnya smartphone ini tidak akan kesulitan untuk memainkan berbagai game harianmu.

Sedangkan, pada dapur pacu Redmi 5 Plus ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 625 dengan processor octa-core berkecepatan 2,0 GHz. Ponsel ini memiliki 3 GB RAM, sama besarnya dengan Galaxy J6. Sekilas Redmi 5 Pro lebih unggul, processor Samsung J6 Exynos memiliki teknologi Heterogeneous Multi-Processing (HMP) yang dapat memaksimalkan jumlah core processor yang bekerja.

baner Maret Mantap

4. Kapasitas Penyimpanan Sama Besar

Kapasitas internal Redmi 5 Plus sebesar 32 GB, sama besarnya dengan Galaxy J6. Redmi 5 Plus menyediakan slot kartu microSD untuk menambah kapasitas hingga 128 GB pada smartphone-nya, dan Samsung bisa di-upgrade hingga 256 GB.

5. Ketahanan Baterai Hampir Setara

Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki baterai yang cukup besar, yakni berkapasitas 4.000 miliampere hour (mAh), dibandingkan Samsung Galaxy J6 yang hanya 3.000 mAh. Namun, daya tahan kedua baterai diperkirakan sama-sama mampu menemanimu seharian pada kondisi standby, sehingga perbedaan kapasitas tersebut tak memberi terlalu banyak pengaruh.

jual lensa super wide handphone

Baca Juga: Huawei P20 Pro vs Samsung Galaxy S9+, Smartphone Flagship dengan Kamera Terbaik

6. Sensor Cukup Lengkap

review samsung galaxy j6 vs xiaomi redmi 5 plus
Sumber Gambar: Xiaomi

Redmi 5 Plus memiliki sensor yang cukup lengkap, yaitu fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan kompas. Terdapat pula infrared yang dapat membuatnya menjadi remote untuk televisi (TV), air conditioner (AC), dan perangkat elektronik lainnya. Sedangkan, Samsung Galaxy J6 memiliki semua sensor yang dimiliki Redmi 5 Plus, kecuali kompas, gyro, dan inframerah.

7. Software Cukup Lawas atau Baru?

Samsung Galaxy J6 menggunakan sistem operasi Android 8.0 (Oreo). Sistem operasi ini jelas harus disematkan pada smartphone keluaran terbaru seperti Galaxy J6. Sedangkan, Redmi 5 Plus masih menyematkan sistem operasi yang lebih lawas, yaitu Android Nougat 7.1 dan dipercantik tampilannya dengan antarmuka khas Xiaomi, yakni MIUI versi 9.5.

8. Kamera Tak Jauh Berbeda

Teknologi kamera Samsung Galaxy J6 cukup baik, kamera utama memiliki dengan resolusi kamera 13 megapiksel (MP), aperture sebesar f/1.9 yang mampu menangkap foto dengan baik pada kondisi low-light yang cukup baik, dan fitur autofocus. Kamera depannya memiliki resolusi 8 MP, dan aperture yang sama dengan kamera utama yaitu f/1.9. Fitur kamera unggulan pada smartphone ini terletak pada adanya LED flash pada kamera depan.

Sementara itu, pada sektor kamera, Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki kamera dengan resolusi 12 MP, aperture f/2.2, ukuran sensor sebesar 1,25 μm, dan fitur dual pixel phase detection autofocus (PDAF), sedikit lebih unggul dalam teknik penguncian fokus pada objek foto.

9. Spesifikasi dan Harga

NamaRedmi 5 PlusSamsung Galaxy J6
JaringanGSM/HSPA/LTEGSM/HSPA/LTE
Display5,9 inci, IPS LCD capacitive touchscreen, 2.160 x 1.080 piksel, 18:9 ratio (~403 ppi)5,6 inci, Super AMOLED capacitive touchscreen, 1.480 x 720 piksel, 18.5:9 ratio (~293 ppi)
ChipsetQualcomm MSM8953 Snapdragon 625Exynos 7870 Octa
ProsesorOcta-core 2,0 GHz Cortex-A53Octa-core 1,6 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506Mali-T830 MP1
Sistem OperasiAndroid 7.1.2 (Nougat)Android 8.0 (Oreo)
MemoriInternal 32 GB, 3 GB RAMInternal 32 GB, 3 GB RAM
Kamera Depan5 MP8 MP
Kamera Belakang12 MP, f/2.2, 1.25 μm, dual pixel PDAF13 MP, f/1.9, 28 mm, AF
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compassFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
BateraiNon-removable Li-Po 4.000 mAh, Fast Charging 5V/2ANon-removable Li-Ion 3.000 mAh battery
KonektivitasWiFi, GPS, Infrared, microUSB 2.0WiFi, GPS, Infrared, microUSB 2.0
Fitur TambahanSignal Max, Face Recognition, Dolby Audio
WarnaBlack, Gold, Blue, Rose GoldBlack, Gold, Blue
HargaRp 2.199.000Rp 2.799.000
Annual Worth*Rp 349.111/tahunRp 444.366/tahun

*AW dihitung dari perkiraan harga jual second adalah 41% dari harga retail, umur pakai 5 tahun, dengan suku bunga acuan adalah 5,25%.

Salah satu poin penilaian yang perlu kamu ketahui dalam memilih sebuah smartphone adalah soal perkiraan annual worth (AW). Ini dapat menjadi gambaran berapa anggapan nilai yang kamu keluarkan tiap tahunnya jika kamu membeli smartphone itu hari ini. Misalkan, jika kamu membeli ponsel seharga Rp 4 juta untuk digunakan selama 5 tahun dengan nilai AW sebesar Rp 700.000/tahun, diperkirakan sebenarnya dengan Rp 4 juta itu, kamu seperti hanya membayar sebesar 5 tahun x Rp 700.000/tahun = Rp 3.500.000 untuk mendapatkan smartphone-mu.

Perbedaan nilai ini disebabkan oleh perhitungan inflasi tiap tahunnya dan harga second penjualan smartphone-mu. Semakin kecil nilai annual worth, maka semakin cocok untuk smartphone itu dibeli secara ekonomi.

Dengan perhitungan di atas, Samsung Galaxy J6 memiliki nilai AW sebesar Rp 444.366/tahun, dan Redmi 5 Plus memiliki nilai AW Rp 349.111/tahun. Jadi, Galaxy J6 bisa dibilang lebih mahal sekitar Rp 95.255/tahun dibandingkan Redmi 5 Plus.

10. Kesimpulan

Setelah melihat perbandingan di atas dari keduanya, ternyata Galaxy J6 dan Redmi 5 Plus memang tak begitu jauh berbeda. Namun, jika kamu menginginkan ponsel dengan spesifikasi dewa dengan harga terbaik, kamu dapat memilih Xiaomi Redmi 5 Plus. Sedangkan, apabila kamu lebih mementingkan fitur yang wah untuk produktivitasmu dan kamera yang mumpuni serta branded, Samsung Galaxy J6 bisa jadi jawabannya.

Baca Juga: 10 Tips Jitu Memilih Smartphone Android Terbaik untuk Gaming

Bagaimana Toppers, sudah menentukan pilihan smartphone mana yang akan kamu bawa pulang? Jangan lupa, dapatkan Samsung Galaxy J6 dan Xiaomi Redmi 5 Plus beserta aksesoris smartphone terlengkap dengan harga termurah hanya di Tokopedia!

Share

Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

6 Rekomendasi HP Samsung S Series Terbaik & Terpopuler 2024
Gadget dan Teknologi
6 Rekomendasi HP Samsung S Series Terbaik & Terpopuler 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia