Review Vivo X50: Salah Satu Smartphone Premium Terbaik Vivo

0
284
review kelebihan dan kekurangan vivo x50

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Vivo X50 yang jadi pusat perhatian di kelas upper mid-range. Sehebat apa?


Persaingan di pasar handphone (HP) kelas menengah semakin memanas, terutama pada rentang harga menengah ke atas alias upper mid-range.

Ponsel yang termasuk kelas ini biasanya dibekali dengan fitur dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari smartphone flagship. Karena sebagai alternatif atau satu tingkat di bawah unggulan, makanya punya teknologi yang termasuk canggih.

Salah satu yang ikut bermain dalam pasar ponsel menengah ke atas adalah Vivo. Teranyar, Vivo X50 menjadi pusat perhatian berkat beberapa keunggulan yang dibawanya untuk bersaing dengan kompetitor sekelasnya.

Baca Juga: Review Vivo S1 Pro: Si ‘Manis’ yang Efisien dan Ekonomis

Kelebihan Vivo X50

Meski tidak memliki teknologi stabilisasi gimbal kamera seperti ‘kakaknya’ Vivo X50 Pro, X50 tetap tangguh berkat beberapa keunggulan yang dibawanya. Mulai dari sektor layar, chipset hingga kamera yang mutakhir.

1. Layar Luas dan ‘Bening’

review vivo x50
Sumber Gambar: SoyaCincau

Salah satu hal paling menonjol yang dibawa oleh Vivo X50 adalah di sektor layar. Tidak hanya luas dan punya resolusi cukup tinggi, layar AMOLED-nya juga telah dibekali HDR10+.

Teknologi HDR10+ sendiri biasanya hanya ada pada jajaran ponsel kelas unggulan. Ini membuat sajian layar lebih nikmat dipandang mata.

2. Refresh Rate 90 Hz

Tidak cukup dengan panel AMOLED dan teknologi HDR10+. Vivo membenamkan fitur refresh rate 90 Hertz (Hz) pada layar X50. Di mana hal ini cukup jarang ditemukan pada ponsel menengah.

Fitur refresh rate 90 Hz pada layar biasanya juga hanya dimiliki oleh handphone flagship. Dengan ini, pengalaman bermain game dan bermultimedia akan jauh lebih maksimal.

3. Chipset Powerful

kelebihan dan kekurangan vivo x50
Sumber Gambar: Qualcomm

Sebenarnya, Vivo memberikan chipset Snapdragon 765G pada X5 di beberapa pasar di luar Indonesia. Akan tetapi, Vivo X5 hanya hadir dengan Snapdragon 730 di Tanah Air.

Meski tak setangguh Snapdragon 765G, prosesor Snapdragon 730 tetaplah chipset yang memiliki performa powerful dan sangat bisa diandalkan untuk tugas sehari-hari maupun kebutuhan gaming.

Chipset tersebut juga telah dibangun dengan fabrikasi yang terbilang canggih, yakni 8 nanometer (nm). Serta inti berarsitektur Kryo 470 yang punya clockspeed hingga 2,2 Gigahertz (GHz).

4. Kamera Lengkap

Sektor kamera memang merupakan yang menjadi perhatian bagi Vivo dalam mengembangkan seri X50. Meski tidak setangguh versi pro, model ini juga mampu menyajikan kualitas fotografi andal.

Hal ini berkat adanya kamera utama beresolusi 48 MP dengan bukaan super lebar f/1.6, serta telah didukung fitur phase detection autofocus (PDAF) dan bahkan optical image stabilizaton (OIS).

Fitur OIS sendiri sangatlah penting dalam menjaga kualitas foto dan video tetap stabil selama pengambilan gambar. Ini juga merupakan salah satu fitur wajib smartphone flagship.

Tak hanya itu, Vivo X5 juga memiliki tiga kamera lainnya. Mulai dari lensa tele atau zoom, ultrawide hingga lensa khusus foto makro.

5. Lensa Telephoto

kelebihan dan kekurangan vivo x50
Sumber Gambar: The Mobile Indian

Salah satu lensa yang terilang istimewa bagi smartphone kelas menengah adalah kamera telephoto. Ini adalah salah satu dari keempat lensa yang dimiliki oleh Vivo X50.

Dengan lensa tele 13 MP setara 50 milimeter (mm) yang juga didukung PDAF, X50 memungkinkan menjepret foto dua kali pembesaran tanpa penurunan kualitas sama sekali.

tukar tambah tokopedia
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Vivo Z1 Pro: Mid-range ‘Buas’ dengan Kamera ‘Puas’

6. Desain Premium

Akan tidak seimbang jika smartphone dengan performa dan fitur unggulan, tanpa dibalut desain menawan bermaterial premium.

Untungnya, Vivo mengerti akan kebutuhan ini. Dengan memberikan X50 bodi yang dilengkapi bingkai bermaterial alumunium, serta bagian depan dan belakang berlapis kaca yang diberi sentuhan matte elegan.

Dengan begitu, menggenggamnya akan terasa bahwa Vivo X50 adalah ponsel premium dan layak dihargai cukup mahal. Pilihan warna Glaze Black dan Frost Blue juga membuatnya memukau untuk dimiliki.

7. Mendukung NFC

spesifikasi vivo x50
Sumber Gambar: Vivo

Konektivitas merupakan sektor yang tak luput dari perhatian Vivo. Di zaman serba digital ini, fitur near field communication (NFC) telah menjadi salah satu kebutuhan penting.

Salah satunya yang paling umum, yaitu untuk mendukung kebutuhan pembayaran cashless dan pengecekan saldo uang elektronik.

8. Fast Charging 30W

Tidak perlu khawatir soal sumber daya baterai. Vivo X50 telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.200 mAh yang didukung teknologi Vivo FlashCharge 2.0 berdaya 33 Watt (W).

Dengan pengisian daya cepat ini, baterai perangkat bisa terisi sebesar 50% hanya dalam waktu 30 menit saja. Jadi, tak perlu waktu lama untuk membuatnya terisi penuh sebelum kita beraktivitas.

Kekurangan Vivo X50

Sebagai smartphone di kelas menengah ke atas, wajar jika ekspektasi pengguna begitu tinggi. Namun, Vivo X50 sudah memenuhi sebagian besarnya. Meski ada beberapa hal kecil yang menjadi kekurangan tanpa dampak berarti.

9. Hilangnya Audio Jack 3,5 mm

spesifikasi vivo x50
Sumber Gambar: SoyaCincau

Smartphone tanpa dilengkapi audio jack 3,5 mm telah menjadi tren baru belakangan ini. Dan masih menjadi perdebatan apakah ini sebuah adalah sebuah kekurangan atau bukan.

Akan tetapi, salah satu kerugian kecil akibat dari hilangnya fitur ini adalah penggunaan earphone yang tidak fleksibel. Namun, Vivo menutup celah ini dengan memberi adaptor dalam paket penjualan.

10. Tanpa Slot Memory Card

Satu lagi hal yang menjadi kekurangan dari Vivo X50, yaitu tidak adanya slot untuk kartu memori eksternal. Ini adalah hal yang memang tidak begitu penting jika ponsel telah memiliki penyimpanan internal ratusan gigabyte (GB).

Dengan kapasitas memori bawaan 128 GB, mungkin penggunaan jangka waktu dua tahun atau lebih masih terilang aman. Dengan catatan tidak terlalu banyak meng-install aplikasi berat dan file berukuran besar.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Vivo V17 Pro: Memukau dengan 6 Kamera dan RAM 8GB

Spesifikasi Vivo X50

  • Nama: Vivo X50
  • Rilis: 16 Juli 2020
  • Berat: 173 gram (g)
  • Material: Depan dan bodi belakang kaca, bingkai aluminium
  • Jenis dan Ukuran Layar: AMOLED 6,56 inci (rasio layar ke bodi ~87,0%)
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.376 piksel (~398 piksel per inci)
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 730
  • Prosesor: Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold + 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP (f/1.6, lensa wide, PDAF, OIS) + 13 MP (f/2.5, lensa tele 50 mm, PDAF) + 8 MP (f/2.2, lensa ultrawide 120 derajat) + 5 MP (f/2.5, lensa makro)
  • Kamera Depan: 32 MP (f/2.5, lensa wide 26 mm)
  • Bluetooth: 5.1, A2DP, LE, aptX HD
  • USB: USB Type-C
  • Sensor: Fingerprint (under display), accelerometer, proximity, compass
  • Baterai: 4.200 mAh (fast charging 33W)
  • Harga: Resmi Rp 6.999.000 (cek harga Vivo X50 selengkapnya)

Baca Juga: Daftar Smartphone Vivo Terbaik: Best Budget, Kamera hingga Flagship

Dengan kecanggihan pada sektor layar yang sangat nyaman dipandang, desain premium, kamera berkualitas unggulan dan lengkap, hingga pengisian baterai cepat. Vivo X50 adalah salah satu pilihan bagi kamu yang mencari alternatif smartphone flagship.


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!