Review Vivo X60 Pro: Fotografi Makin Canggih dengan Zeiss

0
818
review vivo x60 pro

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Vivo X60 Pro. HP flagship terjangkau yang powerful dan kamera canggih dengan Zeiss.


Setelah cukup lama tidak mengeluarkan produk baru, akhirnya pada 8 April 2021 Vivo resmi meluncurkan produk terbaru dari X series, yakni Vivo X60 Pro. Hadir sebagai smartphone flagship dengan tampilan yang apik serta fitur canggih yang memanjakan para penggunanya.

Dalam peluncuran Vivo X60 Pro, perusahaan asal Tiongkok ini menggandeng Zeiss yang merupakan perusahaan optik asal Jerman yang sangat terkenal, terutama di dunia fotografi. Sehingga kamu tidak perlu meragukan lagi bagaimana performa dan kualitas dari kamera Vivo X60 Pro.

Tak cukup sampai disitu, ponsel pintar ini juga telah dibekali dengan chipset Snapdragon 870 dengan performanya yang tidak bisa dianggap remeh lagi. Agar tidak semakin penasaran, yuk langsung simak review lengkap Vivo X60 Pro, mulai dari kelebihan dan kekurangan hingga spesifikasinya!

Baca Juga: Review Vivo X50: Salah Satu Smartphone Premium Terbaik Vivo

Kelebihan Vivo X60 Pro

Vivo X60 Pro hadir dengan segudang kelebihan yang tak hanya cocok digunakan sebagai daily driver, tetapi juga sebagai senjata handal untuk photography enthusiast dan para pecinta gaming:

1. Desain yang Sleek dan Smooth

review vivo x60 pro
Sumber Gambar: Vivo

Vivo X60 Pro hadir dengan desain yang sleek dan smooth dengan bodi belakang menggunakan 3D curved design dan AG Frosted Glass, serta finishing satin yang membuat tampilan pada bodi ponsel ini semakin terlihat halus.

Tampilan pada bodi belakangnya dibentuk dengan dual tone step yang menunjukkan excellent craftsmanship sehingga membuat ponsel ini terasa nyaman saat dipegang.

Smartphone flagship satu ini hadir dengan dua pilihan warna yakni Shimmer Blue dan Midnight Black yang bisa disesuaikan dengan selera kamu. 

2. Layar Lega dengan Refresh Rate 120Hz 

Beralih pada layar, ponsel ini berukuran memiliki layar AMOLED Full HD+ dengan 3D Curve Ultra O Screen dengan ukuran 6,56 inch.

Vivo X60 Pro juga mengusung LTM Display dengan HDR 10+ certification yang dikembangkan oleh Vivo dan Qualcomm yang menghadirkan sensasi video dengan kualitas yang menakjubkan.

Menariknya smartphone ini memiliki refresh rate hingga 120Hz dengan response rate 240Hz. Ponsel ini juga telah memiliki sertifikat SGS Eye Care Display dan SGS Seamless. 

3. Performa Kencang dengan Snapdragon 870

kelebihan dan kekurangan vivo x60 pro
Sumber Gambar: Vivo

Tidak hanya didukung desain dan layar yang memanjakan mata, Vivo X60 Pro hadir dengan mengusung chipset Snapdragon 870 yang dipercaya memiliki performa lebih baik 10% dibandingkan dengan Snapdragon 865.

Jadi, kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan saat menggunakannya. Dia juga telah didukung dengan Modem X55 5G yang dapat mendukung penggunaan jaringan 5G yang telah terpasang pada smartphone teranyar ini.

4. Anti Lag dengan Teknologi Extended RAM

Jika beberapa smartphone masih mengusung RAM sebesar 6GB, Vivo X60 Pro telah hadir dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

RAM pada ponsel ini 12GB dengan teknologi Extended RAM, kamu bisa menikmati kebebasan dalam menjalankan aplikasi sebanyak yang kamu mau dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Jadi, enggak ada lagi tuh ceritanya ngelag pas lagi scrolling timeline media sosial!

5. Kamera Canggih dan Lebih Profesional

kelebihan dan kekurangan vivo x60 pro
Sumber Gambar: Vivo

Dengan munculnya berita bahwa Vivo dan Zeiss melakukan kerjasama membuat banyak masyarakat menunggu kehadiran Vivo X60 Pro.

Ponsel ini telah dilengkapi dengan Zeiss optic yang membantu meningkatkan performa kamera untuk meningkatkan pengalaman fotografi pengguna dengan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan nyata seperti kamera profesional.

Selain itu, ia juga telah dibekali fitur Gimbal Stabilization 2.0 yang dapat menstabilkan pengambilan foto dan video. Vivo X60 Pro juga telah dilengkapi berbagai fitur kamera canggih yang membuat kamera pada ponsel ini semakin bokeh.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: HP Snapdragon 865: Performa Tokcer, Lebih Terjangkau

6. NFC Serbaguna dan Dukungan 5G

NFC atau near field communication merupakan fitur komunikasi nirkabel jarak pendek dengan cara kerja mengirimkan dan menerima informasi antar perangkat melalui gelombang radio.

Dengan adanya teknologi ini segala urusan akan terasa lebih mudah dan praktis. Kamu bisa memanfaatkan teknologi ini untuk memudahkan transfer dokumen, membaca dan top-up uang elektronik, hingga duplikasi kartu akses.

Tak kalah penting soal konektivtias, ponsel ini juga telah mendukung teknologi jaringan tercanggih dan terbaru, yakni 5G. Untuk menikmati internet super cepat yang tak lama lagi akan hadir di Tanah Air.

7. Baterai Besar dan Fast Charging

spesifikasi vivo x60 pro
Sumber Gambar: Vivo

Salah satu yang menjadi pertimbangan seorang pengguna dalam memilih sebuah smartphone adalah kapasitas baterai yang besar dan adanya fitur fast charging. Bersyukurnya, Vivo X60 Pro telah memiliki dua keunggulan tersebut yang banyak diincar oleh pengguna.

Dengan baterai berkapasitas 4.200 mAh dan telah didukung fitur fast charging 33 Watt, sehingga tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk pengisian daya penuh.

Daya cepat penuh, segala urusan dan aktivitasmu tetap bisa teratasi dengan baik. 

8. Pengalaman Gaming Semakin Menyenangkan 

Dengan performa yang menjanjikan, tentu sangat cocok digunakan sebagai andalan kamu untuk bermain game.

Vivo X60 Pro bisa kamu gunakan untuk bermain game dengan kapasitas yang besar, seperti PUBG Mobil dengan default HDR Extreme dengan 60 fps.

Bahkan ponsel ini juga bisa digunakan untuk bermain game Geshin Impact dengan performa sangat lancar dengan pengaturan Highest 60 fps, lho! 

Kekurangan Vivo X60 Pro

Meskipun hadir dengan sederet keunggulan yang menggiurkan, Vivo X60 Pro tetap smartphone yang memiliki beberapa kekurangan meskipun tidak terlalu signifikan:

9. Tidak Tersedia Slot Kartu MicroSD

spesifikasi vivo x60 pro
Sumber Gambar: Vivo

Kekurangan yang sangat nampak pada smartphone ini adalah tidak adanya slot untuk microSD atau tidak mendukung triple slot.

Sehingga, jika kamu berencana menggunakan dual sim dengan tambahan microSD, maka Vivo X60 Pro bukanlah pilihan yang tepat.

Tapi, jangan khawatir, karena ponsel ini telah dibekali dengan kapasitas memori internal yang cukup besar, yakni hingga 256GB. 

10. Tidak Tersedia Audio Jack 3.5 mm

Vivo X60 Pro tidak memiliki audio jack 3.5 mm yang biasa ada di beberapa jenis smartphone. Tetapi, dengan adanya converter USB Type-C yang juga telah tersedia audio jack 3.5 mm pada paket penjualan.

Pihak Vivo sangat patut diapresiasi karena telah melengkapi aksesoris pada ponsel satu ini.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: HP 5G: Lebih Murah dan Tersedia Resmi di Indonesia

Spesifikasi Vivo X60 Pro

  • Nama: Vivo X60 Pro
  • Rilis: 8 April 2021
  • Berat: 177 gram (g)
  • Material: Aluminium, kaca depan Gorilla Glass 6, 3D curved design dan AG Frosted Glass with Matte Finish pada bagian belakang
  • Jenis dan Ukuran Layar: AMOLED 3D Curve Ultra O Screen, 6,56 inci 
  • Resolusi Layar: Full HD Plus 1.080 x 2.340 piksel, LTM Display, HDR 10+
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • CPU dan GPU: Octa-core (1×3,2 GHz Kryo 585 & 3×2,42 GHz Kryo 585 & 4×1,80 GHz Kryo 585), GPU: Adreno 650
  • Sistem Operasi: Android 11, FunTouch 11.1
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP (Gimbal Stabilization 2.0, f/1.48) + 13 MP (Portrait Camera, 2x Optical Zoom, f/2.46) + 13 MP (Super Wide-Angle, f/2.2)
  • Kamera Depan: 32 MP (f/2.45, Video Recording up to 1080p)
  • USB: Type-C converter Audio Jack 3.5 mm
  • Sensor: Fingerprint (under display), face recognition
  • Baterai: 4.200 mAh (fast charging 33W)
  • Harga Resmi: Rp 9.999.000 (cek harga Vivo X60 Pro selengkapnya)

Baca Juga: HP Kamera Terbaik: Fotografi Canggih dalam Genggaman

Nah, itu dia review Vivo X60 Pro mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga spesifikasi lengkapnya. Bagaimana Toppers, kamu tertarik menjadikan smartphone dengan kamera canggih nan powerful ini sebagai daily driver barumu?


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono