Review Vivo Y15 (2019): Si Anggun yang Simpan Baterai Monster

0
2516
review vivo y15, kelebihan vivo y15, kekurangan vivo y15, spesifikasi vivo y15

Di balik desain yang anggun, Vivo Y15 simpan kekuatan ‘monster’ di baterainya. Simak kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi lengkapnya!


Review Vivo Y15 Vivo Y15 adalah salah satu smartphone andalan Vivo dengan berbagai keunikan dan fitur-fitur menarik. Handphone yang telah dirilis secara resmi di Indonesia ini memang membawa penampilan anggun, namun di dalamnya tersemat kekuatan monster.

Meski mirip dengan saudaranya, yakni Vivo Y17. Yang membedakan Vivo Y15 dengannya adalah kapasitas baterainya yang besar. Ponsel ini jadi salah satu dari sedikit ponsel berbaterai jumbo yang hadir di Tanah Air. Selain baterai, fitur tiga kamera utama, penyimpanan luas, dan chipset irit daya juga jadi andalannya.

Nah, bagi kamu yang sudah penasaran, yuk kita simak review kelebihan dan kelemahan sekaligus spesifikasi Vivo Y15 berikut ini!

Baca Juga: Review Vivo S1: Si ‘Bening’ yang Seru untuk Foto dan Tahan Lama

Kelebihan Vivo Y15

1. Desain Khas Berkarakter

review vivo y15, kelebihan vivo y15, kekurangan vivo y15, spesifikasi vivo y15
Sumber Gambar: YouTube/Satzomake Unbox

Bisa dibilang, Vivo Y15 adalah handphone dengan desain khas dan sangat berkarakter. Mengusung konsep warna gradasi serta material bahan plastik di bagian belakang membuatnya semakin terlihat elegan.

Selain itu, Vivo Y15 juga memiliki bingkai sangat tipis di sisi bodi. Sehingga terlihat begitu luas. Ponsel ini didesain khusus agar pengguna bisa dengan mudah menggeser ikon aplikasi menggunakan satu tangan yang dinamakan dengan gesture control.

2. Teknologi AI Triple-Camera

review vivo y15, kelebihan vivo y15, kekurangan vivo y15, spesifikasi vivo y15
Sumber Gambar: Gadget Frame

Vivo Y15 mengusung teknologi AI Triple-Camera, yang mana terdapat tiga kamera belakang dan satu kamera depan beresolusi 16 MP. Tiga kamera belakang berfonfigurasi 13 MP, ditambah 8 MP yang mampu memperluas pandangan hingga 120 derajat, dan 2 MP untuk depth sensor atau efek bokeh.

Kamera depan Vivo Y15 juga mampu menangkap detail wajah karena dilengkapi fitur AI Face Beauty. Fitur ini sengaja dibuat untuk merekayasa wajah pengguna sehingga terlihat lebih natural namun memukau.

3. Layar Luas dan Puas

review vivo y15, kelebihan vivo y15, kekurangan vivo y15, spesifikasi vivo y15
Sumber Gambar: 24H

Buat kamu yang suka main game, nonton video, atau berselancar di dunia maya, Vivo Y15 bisa jadi pilihan ponsel yang tepat. Pasalnya, smartphone ini dibekali layar jenis IPS LCD dengan luas 6,35 inci.

Resolusi yang ditawarkan pun cukup kuat yaitu HD+ dengan rasio 19.3:9 Ultra All Screen. Rasio layar ke bodi mencapai 89%, sehingga memberikan tampilan yang luas.

4. Baterai Monster

review vivo y15, kelebihan vivo y15, kekurangan vivo y15, spesifikasi vivo y15
Sumber Gambar: Vivo

Nah, ini salah satu keunggulan Vivo Y15 daripada ponsel-ponsel lain. Bagaimana tidak? Vivo Y15 dibekali baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas sebesar 5.000 mAh. Dengan baterai sebesar ini, kamu bisa menggunakannya seharian penuh untuk pemakaian normal.

Pada PCMark Battery Test, Vivo Y15 mampu bertahan hingga 14 jam dan 21 menit. Sedangkan saat Video Loop Test, ponsel pintar ini bertahan lebih lama yaitu 20 jam dan 25 menit.

Wah, kamu nggak usah khawatir lagi deh, Toppers untuk pemakaian handphone dengan intensitas tinggi!

5. OS Terkini, Chipset Hemat Daya dan Grafis Andal

review vivo y15, kelebihan vivo y15, kekurangan vivo y15, spesifikasi vivo y15
Sumber Gambar: Twitter/@khajamoin1995

Vivo Y15 dibekali dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dan Funtouch Os 9. Buat kamu yang belum tahu, Android 9.0 Pie adalah sistem operasi Android terbaru, dengan beberapa kelebihan seperti fitur canggih yang memudahkan penggunaan, navigasi, gestur hingga kecerahan dan baterai yang adaptif.

Selain itu, Vivo Y15 juga dibekali dengan chipset serbaguna Mediatek Helio P22. Di mana prosesor ini dibangun dengan teknologi canggih berfabrikasi 12 nanometer (nm). Sehingga andal dan hemat daya.

Selain itu, Vivo Y15 juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU PowerVR Rogue GE 8320 yang tentunya menawarkan performa kompetitif.

JUAL LENSA TELE SMARTPHONE
Zoom maksimal dengan handphone apa pun berkat lensa tele ponsel terbaik!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy M10: Modern dan Junjung Tinggi Efisiensi

6. Memori Nggak Nanggung

Ada dua jenis Vivo Y15 yaitu dengan RAM 3 GB dan RAM 4 GB. Memori internalnya pun cukup besar dengan kapasitas 64 GB ditambah slot kartu microSD dengan kapasitas 256 GB. Jadi, kamu tidak perlu khawatir sama sekali soal penyimpanan.

7. Fitur Keamanan Memadai

Vivo Y15 dibekali dengan fingerprint sensor dan juga face unlock yang sensitif. Untuk face unlock, Vivo Y15 didukung oleh AI Face Access, sehingga respon ponsel lebih cepat saat kamu hendak menggunakan face unlock.

Kedua fitur keamanan ini memang sudah menjadi standar, namun Vivo Y15 lebih unggul dari segi sensitivitas.

Kelemahan Vivo Y15

8. Belum USB Type-C

Dengan baterai yang besar, kurang maksimal rasanya jika ia hanya dibekali dengan port microUSB 2.0. Selain untuk mendukung pengisian daya baterai, USB Type-C juga memungkinkan pengguna transfer berkas lebih cepat antar perangkat.

9. Tanpa Fitur NFC

NFC adalah Near Field Communication yang mendukung komunikasi jarak dekat handphone terutama dalam hal sharing data. Untuk ponsel sekelas Vivo Y15, ketiadaan fitur NFC cukup disayangkan karena perangkat akan lebih lambat dalam proses bertukar file.

Beberapa implementasi fitur NFC yang bisa kamu temukan sehari-hari adalah melakukan pembayaran dengan tapping, kunci keamanan, pengganti karcis transportasi, hingga mengakses informasi publik seperti poster yang sudah dilengkapi NFC tag pasif.

10. Bodi Cukup Tebal

Bodinya yang cukup tebal, yakni 8,9 milimeter (mm) adalah dampak dari penggunaan baterai berkapasitas jumbo. Namun, ketebalannya ini terbilang masih dalam batas wajar. Dan, tidak begitu mempengeruhi kenyamanan saat menggenggamnya.

aksesoris pelindung handphone - waterproof
Di kolam renang ingin tetap foto-foto menggunakan handphone? Ini solusinya!

Baca Juga: Review Xiaomi Redmi 7: Murah, Penuhi Syarat dan Perlindungan Ekstra

Spesifikasi Vivo Y15

  • Nama: Vivo Y15
  • Rilis: Mei 2019
  • Berat: 190,5 gram (g)
  • Material: Bodi plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS 6,35 inci
  • Resolusi Layar: HD+ 1.544 x 720 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio P22 (12 nm)
  • Prosesor: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: Micro SD sampai 256 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP (f/2.2, lensa utama PDAF) + 8 MP (f/2.2, lensa ultrawide 16 mm) + 2 MP (f/2.4, lensa Depth Sensor)
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.0
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: microUSB 2.0, mendukung USB On-The-Go (OTG)
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, proximity, compass
  • Baterai: 5.000 mAh
  • Harga: Rp 2.499.000 (cek harga Vivo Y15 selengkapnya)

Baca Juga: Review Realme C2: Smartphone Menawan di Harga Sejutaan

Nah, itu dia keunggulan, kelemahan, serta spesifikasi Vivo Y15, Toppers. Gimana? Apakah smartphone ini menjadi salah satu incaranmu? Tunggu apa lagi? Segera temukan di Tokopedia dengan penawaran terbaik!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Bagikan Artikel