• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Nama Rumah Adat Jawa Tengah, Gambar & Keunikannya Masing-masing

Share

Nama Rumah Adat Jawa Tengah, Gambar & Keunikannya Masing-masing

Rumah adat Jawa Tengah memiliki ciri khas molo atau atap yang unik. Berikut macam-macam rumah adat Jawa Tengah dan gambarnya.


Jawa Tengah merupakan provinsi di pulau Jawa yang terkenal sebagai rumah bagi salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur.

Selain dikenal dengan keindahan candi-nya, Jawa tengah juga di dikenal sebagai jantung pulau Jawa yang bersejarah.

Kamu bisa menemukan banyak sejarah di Jawa Tengah, mulai dari zaman pra-sejarah, Kerajaan Hindu, Kesultanan Islam, sampai masa penjajahan kolonial Belanda. Goresan sejarah ini juga memengaruhi perilaku ideal, moral, serta budaya orang Jawa.

Untuk itu, Jawa Tengah juga kerap dianggap sebagai jantung budaya Jawa. Salah satu warisan budaya Jawa yang dapat kamu temukan dengan mudah hingga saat ini adalah rumah adat Jawa Tengah yang khas dengan budaya Jawa.

Dalam bahasa Jawa, rumah disebut sebagai “omah” yang artinya tempat tinggal. Omah sendiri memiliki arti penting dalam kehidupan orang Jawa.

Ini karena orang Jawa berpegang pada prinsip sandang, pangan, dan papan, yang artinya pakaian, makan, dan tempat tinggal.

Untuk itu, rumah menjadi salah satu unsur penting dalam kehidupan Jawa. Tidak heran, kalau sampai saat ini kamu masih bisa menemukan banyak rumah adat tradisional Jawa Tengah di berbagai wilayah tengah pulau Jawa.

Berdasarkan sejarah perkembangannya, nama rumah adat Jawa Tengah dibagi menjadi beberapa macam yang disesuaikan dengan keunikan atap rumah tradisionalnya yang berbentuk molo. 

Untuk selengkapnya, yuk simak macam-macam rumah adat tradisional Jawa Tengah beserta dengan gambar rumah adat Jawa Tengah berikut ini.

jual komputer dan aksesoris
Temukan segala kebutuhan komputer beserta aksesorisnya dengan penawaran terbaik di sini!

Gambar Rumah Adat Jawa Tengah

1. Rumah Panggangpe

rumah adat jawa tengah
Sumber gambar: obatrindu

Rumah panggang pe atau panggangpe ini merupakan bentuk rumah adat Jawa Tengah yang paling sederhana.

Bahkan bentuk rumah ini merupakan bentuk bangunan dasar dari bangunan rumah adat tradisional Jawa lainnya. 

Bangunan sederhana ini memiliki bentuk pokok yang mempunyai 4 atau 6 buah tiang atau “saka” yang dikelilingi dengan dinding atau tembok pelindung.

Namun dalam perkembangannya, rumah panggang pe ini memiliki bentuk variasi lainnya. Variasi dari rumah panggang pe ini biasanya dibuat dengan cara menambah bangunan baru di belakang rumah dengan atap yang lebih rendah dari bangunan utamanya.

Baca Juga: Rumah Adat Bali Beserta Gambar, Keunikan, Fungsi & Ciri Khasnya

2. Rumah Kampung

rumah adat jawa tengah
Sumber gambar: jagadkampoeng

Rumah kampung memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan rumah panggang pe. Namun yang membedakannya dengan rumah panggang pe adalah susunan ruangan yang terdapat dalam rumah ini sudah lebih banyak dan lebih besar dibandingkan dengan panggang pe.

Sama halnya dengan panggang pe, rumah kampung memiliki bangunan pokok yang terdiri dari “saka-saka”, biasanya saka ini akan berjumlah 4, 6, atau 8 tergantung dari seberapa besarnya bangunan.

Bentuk atap rumah kampung juga tidak berbeda jauh dengan atap panggang pe yang memiliki dua belah sisi. 

Bentuk rumah kampung ini biasanya dibagi menjadi tiga susunan ruangan yang terdiri dari bagian depan, tengah, dan belakang.

Ruangan bagian tengah akan dibagi menjadi tiga kamar atau “senthong”, yaitu kamar kanan, tengah, dan kiri.

3. Rumah Limasan

rumah adat jawa tengah
Sumber gambar: rumahjoglo

Rumah limasan merupakan pengembangan lanjutan dari bentuk bangunan rumah adat Jawa Tengah sebelumnya. Bentuk pokok bangunan rumah ini disebut dengan limasan.

Kata “limasan” ini diambil dari kata “lima-lasan” yang artinya lima belas. Dengan begitu bentuk pokok rumah ini harus berukuran 15 m. Sederhananya rumah ini dibangun dengan perhitungan yang menggunakan ukuran-ukuran.

Pada dasarnya susunan ruangan rumah limasan tidak jauh berbeda dengan susunan rumah kampung.

Rumah limasan dibagi menjadi tiga bagian yang terdiri dari bagian depan, tengah, dan belakang.

Namun yang membedakan adalah ruangan tengah lebih besar daripada ruangan depan dan belakang.

Baca Juga: Jenis-Jenis Penelitian, Contoh dan Penjelasan Lengkapnya

4. Rumah Joglo

rumah adat jawa tengah

(Sumber: dolanyuuk)

Salah satu rumah adat Jawa Tengah yang paling terkenal adalah rumah joglo. Rumah ini merupakan bentuk bangunan yang lebih sempurna dari bangunan-bangunan rumah sebelumnya.

Ukuran bangunan rumah joglo juga lebih besar daripada rumah panggang pe, kampung, dan limasan.

Rumah joglo dapat dikatakan sebagai tipe ideal dari rumah tradisional jawa. Susunan ruangan rumah joglo masyarakat biasa dibagi menjadi tiga bagian, yaitu ruangan pertemuan, ruang tengah atau pentas wayang, dan ruang belakang atau ruang keluarga. 

Sedangkan untuk golongan bangsawan atau ningrat, susunan dan bangunan rumah joglo-nya lebih lengkap.

Di sebelah kiri dan kanan bangunan utama terdapat bangunan kecil memanjang berisikan kamar-kamar.

5. Rumah Tajug

rumah adat jawa tengah
Sumber gambar: Wikimedia

Berbeda dengan keempat rumah tradisional Jawa sebelumnya, rumah tajug bukan merupakan rumah tempat tinggal, melainkan rumah tempat ibadah atau tempat pemujaan.

Bentuk bangunan rumah ini dibuat dengan arsitektur tradisional yang disebut dengan bentuk “tajug”. Pada dasarnya, bentuk bangunan tajug ini hampir sama dengan bentuk bangunan rumah joglo. 

Namun yang membedakannya adalah tajug tidak memiliki molo, sehingga atapnya lebih runcing dibandingkan dengan rumah joglo.

Baca Juga: Organisasi Pergerakan Nasional Mulai dari Pelopor Hingga Penerusnya

Itu dia Toppers beberapa macam rumah adat Jawa Tengah beserta dengan gambar dan keunikan setiap rumahnya. 

Bentuk bangunan rumah-rumah tradisional Jawa ini dipengaruhi oleh arsitektur tradisional, pola kehidupan, dan budaya orang Jawa yang khas.

Nah, untuk kamu yang ingin mempelajari arsitektur rumah tradisional atau sejarah rumah adat, kamu bisa beli buku sejarah dan buku-buku lainnya dengan mudah dan cepat di Tokopedia.

jual laptop
Tunjang produktivitas tingkat tinggi dengan laptop andalan terbaik di sini!

Penulis: Pamela

© 2009-2024, PT Tokopedia