• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Seberapa Pentingnya Asuransi Kesehatan?

Share

Seberapa Pentingnya Asuransi Kesehatan?

Seberapa Pentingkah Asuransi Kesehatan (BPJS Kesehatan) buat kehidupanmu sehari-hari? Simak kilasan info agar kamu tahu seberapa pentingnya!

Apakah Asuransi Kesehatan Penting?

Asuransi kesehatan merupakan kebutuhan wajib bagi setiap kalangan masyarakat tanpa kecuali. Tak heran, sekarang sudah banyak perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang jasa asuransi kesehatan. Dengan berkembang pesatnya kebutuhan masyarakat terhadap jaminan kesehatan, maka pemerintah Indonesia meluncurkan asuransi BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Nasional) yang relatif lebih murah dibandingkan harga yang ditawarkan perusahaan asuransi swasta pada umumnya.

Secara garis besar, BPJS dan asuransi kesehatan memang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Ketika masyarakat mengalami gangguan kesehatan, maka tak perlu dipusingkan lagi masalah biaya, karena sudah ditanggung oleh BPJS. Dengan asuransi kesehatan bersifat komplementer atau saling melengkapi.

Apa Keuntungan Menjadi Peserta?

BPJS merupakan perusahaan jaminan kesehatan pemerintah yang menanggung semua hal yang menjadi kendala kesehatan semua anggotanya. Misalnya BPJS akan memproteksi biaya gigi, kehamilan, mata, imunisasi dan program keluarga berencana. Usaha pemerintah untuk cover biaya kesehatan semua warganya terbilang berhasil. Pasalnya, BPJS dapat digunakan oleh semua orang tak terkecuali warga yang kurang mampu lainnya.

Ada beberapa keuntungan menjadi peserta BPJS kesehatan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Masyarakat yang sudah terdaftar sebagai anggota tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan saat ke dokter atau puskesmas.
  2. Jika penyakit yang diderita tidak sembuh, dokter atau puskesmas terkait akan memberikan kamu surat rujukan ke rumah sakit terdekat, sehingga kamu akan ditangani oleh dokter yang lebih ahli di rumah sakit rujukan.
  3. Jika kamu terpaksa harus rawat inap di rumah sakit maka sebagian atau bahkan seluruh biaya di rumah sakit ditanggung BPJS Kesehatan. Maksud dari sebagian atau seluruh biaya adalah BPJS Kesehatan akan menanggung biaya rawat inap dengan limit tertentu berdasarkan iuran yang kita bayar sebelumnya. Jika biaya perawatan tidak melebihi limit yang disediakan, maka kamu tidak perlu membayar lagi biaya rumah sakit. Tetapi jika biaya selama perawatan sudah melebihi limit yang disediakan, maka kamu hanya perlu membayar sisanya saja. Praktis, bukan?
  4. Jika dalam proses pengobatan memerlukan tindakan operasi, maka BPJS Kesehatan akan menanggung sebagian atau seluruh biaya operasi.

Siapakah Yang Harus Memiliki Kartu BPJS Kesehatan?

Pemerintah Indonesia menyelenggarakan jaminan serta pemeliharaan kesehatan bagi seluruh masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali. Semua masyarakat Sipil, PNS, TNI/POLRI, Veteran, Penisunan PNS, dan Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya harus memiliki dan dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Berapa Iuran Peserta BPJS Kesehatan?

Untuk kamu peserta BPJS Kesehatan jika mendaftar lewat perusahaan adalah sebesar 5 % dari gaji, di mana 4 % dibayar oleh perusahaan dan 1 % dibayar oleh kita melalui pemotongan gaji.

Iuran peserta BPJS Kesehatan jika mendaftar secara mandiri terbagi atas 3 pilihan, yaitu:

  • Rp 25.500 untuk layanan kamar rawat inap kelas III.
  • Rp 51.000 untuk layanan kamar rawat inap kelas II.
  • Rp 80.000 untuk layanan kamar rawat inap kelas I.

Setelah menjadi peserta, kamu harus membayar biaya BPJS Kesehatan setiap bulannya.

BPJS kesehatan ialah badan yang menjamin setiap peserta BPJS untuk mendapatkan pelayanan gratis sampai pasien sembuh. Jadi, yuk beralih ke Asurasi kesehatan milik pemerintah ini dan nikmati kemudahannya!

BPJS Kesehatan di Tokopedia

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Vitamin untuk Program Hamil, Rekomendasi Apoteker
Kesehatan
10 Vitamin untuk Program Hamil, Rekomendasi Apoteker
© 2009-2024, PT Tokopedia