Sejarah Barongsai dan Fakta-fakta Unik Mengenai Asal-usulnya

0
3819
fakta barongsai, sejarah barongsai, asal usul barongsai

Ketahui sejarah Barongsai dan fakta unik mengenai asal-usul kesenian yang identik dengan Tahun Baru Imlek ini!


Pertunjukan Barongsai merupakan kersenian dan kebudayaan yang dibawa oleh masyarakat Tiongkok. Kerap diidentikkan dengan suasana yang meriah, pertunjukan Barongsai kerap dihadirkan untuk menambah semarak perayaan tahun baru Imlek.

Pertunjukan ini sendiri sangat umum di Indonesia, terutama di daerah yang banyak dihuni oleh orang Indonesia keturunan Tionghoa. Hingga kini, tradisi ini masih terus berlanjut.

Lalu, sebenarnya seperti apa asal-usul Barongsai? Ketahui lebih lanjut, yuk!

discovery tokopedia imlek
Temukan beragam makanan wajib Tahun Baru Imlek terlengkap di sini!

Baca juga: Sejarah dan Makna Kue Keranjang, Kue Khas Tahun Baru Imlek

Sejarah Barongsai

Ada banyak sekali cerita dan legenda yang menceritakan mengenai asal-usul kesenian Barongsai. Salah satu yang paling populer adalah kisah “Nian“, makhluk mengerikan yang kerap muncul pada awal musim semi atau saat tahun baru Imlek untuk menganggu manusia.

Untuk menakut-nakuti “Nian”, maka masyarakat kala itu melakukan berbagai hal seperti menggunakan warna-warna merah yang mencolok, bermain petasan dan kembang api, hingga melakukan tarian barongsai yang meriah.

Versi lain mengisahkan, asal-usul Barongsai adalah sebagai senjata untuk menakut-nakuti para roh jahat. Yang dipercaya menjadi lebih ganas saat awal tahun baru Imlek.

Karena pada dewa-dewi yang kembali ke kahyangan untuk menghadap ke Kaisar Langit pada awal tahun baru Imlek.

Beli Kue Bulan
Imlek belum lengkap tanpa kue bulan pilihan yang bisa kamu temukan di sini!

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Imlek yang Wajib Ada Saat Tahun Baru Imlek

Fakta Unik Barongsai

1. Nama dan Istilah Barongsai yang Hanya Ada di Indonesia

tradisi tahun baru imlek
Sumber Gambar: Flickr

Siapa sangka Barongsai yang sangat populer merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia. Di negara asalnya sendiri, kesenian ini dikenal dengan nama “Wu Shi“, dan secara internasional lebih populer dengan nama “Lion Dance“.

Lalu dari mana asal nama Barongsai? Istilah Barongsai sendiri merupakan hasil dari akulturasi antara budaya Nusantara dan juga budaya Tiongkok.

Kata “Barong” merujuk pada kesenian Indonesia, tepatnya Bali dimana penari menari menggunakan boneka atau kostum, sedangkan “sai” berasal dari bahasa hokkian yang berarti singa.

2. Barongsai: Perlambang dari 5 Unsur

Meski banyak yang merujuk Barongsai sebagai Singa, namun Barongsai sebenarnya merupakan gabungan dari beberapa hewan. Setiap bagian tubuh Barongsai terbentuk dari lima unsur hewan atau makhluk berbeda yang memiliki makna filosifis masing-masing:

  • Tanduk Barongsai (tanduk atau jambul burung): Simbol kehidupan dan generas serta mewakili unsur perempuan.
  • Telinga dan Ekor (makhluk mistis): Lambang kebijaksanaan dan keberuntungan.
  • Tulang belakang (ular): Merupakan pesona dan perlambang kekayaan.
  • Punuk di Belakang Kepala (kura-kura): Simbol dari umur yang panjang.
  • Dahu dan Jenggot (naga): Lambang kepemimpinan, kekuatan, serta mewakili unsur perempuan

3. Makna dari Setiap Warna yang Terdapat di Barongsai

Sejarah dan Fakta Barongsai
Sumber Gambar: Pexels

Pertunjukan Barongsai selalu diselenggarakan dengan meriah dan semarak. Hal ini juga semakin terasa karena Barongsai yang memiliki tubuh berwarna-warni mencolok. Fakta Barongsai selanjutnya yang perlu Toppers tahu adalah setiap warna ini ternyata memiliki arti, lho!

Tubuh Barongsai umumnya memiliki lima warna yang melambangkan lima arah dalam kompas Tiongkok dan juga kelima unsur kehidupan. Warna-warna tersebut antara lain:

  • Kuning: melambangkan bumi (pusat)
  • Hitam: melambangkan air (utara)
  • Hijau: melambangkan kayu (timur)
  • Merah: melambangkan api (selatan)
  • Putih: melambangkan loga (barat)

4. Istrumen Musik dalam Pertunjukan Barongsai

Selain warna-warna, kemeriahan pertunjukan Barongsai juga diciptakan dari musik yang meriah. Umumnya terdapat tiga instrumen musik utama dalam sebuah pertunjukan Barongsai, yaitu: drum, simbal, dan juga gong.

Suara dari drum memberikan penekanan dan arahan pada gerakan serta manuver dari Barongsai sedangkan instrumen simbal dan gong menggambarkan emosi dari Barongsai.

5. Berat Kepala Barongsai yang Mencapai 25 Kg

Bagian kepala Barongsai terbuat dari olahan pulp atau bubur kertas dan memiliki berat mencapai 25 kilogram, lho! Dengan bobot yang sangat berat dan berbagai atraksi akrobat, tak heran jika di negeri asalnya para pemain Barongsai sangat menguasai bela diri Wu Shu.

Baca juga: Mengulik Sejarah Festival Kue Bulan Lebih Dalam

Itulah berbagai fakta-fakta menarik seputar kesenian Barongsai yang kerap dipentaskan menjelang perayaan tahun baru Imlek. Tak cuma Barongsai, menjelang tahun baru Imlek masih banyak lagi berbagai ke-khas-an yang akan Toppers temui. Mulai dari beraneka dekorasi lampion merah hingga angpao Imlek yang paling di tunggu-tunggu!

Bagaimana dengan Toppers? Sudah siap sambut tahun baru Imlek?

dekorasi imlek
Imlek lebih meriah dan sempurna dengan dekorasi wajib ini!