Sejarah & Fakta Seputar Hari Valentine yang Perlu Kamu Tahu

198
Sejarah dan Fakta Seputar Hari Valentine
Sumber gambar: Naija News

Fakta dan Sejarah Hari Valentine – Setiap tanggal 14 Februari orang-orang mulai sibuk memberikan coklat Valentine atau kartu ucapan untuk orang yang disayang. Namun, bagaimana awalnya perayaan hari kasih sayang ini bermula?

Yuk, cari tahu asal-usul hari Valentine serta berbagai fakta unik seputar perayaan Valentine!

Baca juga: Punya Pacar atau Jomblo, Simak Tips Rayakan Valentine Romantis!

Sejarah Hari Valentine

Ada banyak sekali sejarawan yang berspekulasi dan mencoba menelusuri asal-usul perayaan Valentine. Pada zaman Romawi Kuni, 14 Februari merupakan hari penghormatan terhadap Juno, Ratu dari Dewa-Dewi Romawi yang juga dianggap sebagai Dewi Perkawinan. Dan, keesokkan harinya diadakan Festival Lupercalia yang dikenal juga dengan festival kesuburan.

Festival Lupercalia ini merupakan momen untuk menyucikan kota dari Roh Jahat yang mampu mendatangkan penyakit serta kemandulan. Meskipun kini festival ini sudah tidak dirayakan, banyak yang percaya bahwa perayaan ini merupakan cikal-bakal perayaan Valentine atau hari kasih sayang masa kini.

Lalu, bagaimana asal-usul hingga perayaan kasih sayang ini dinamakan Hari Valentine. Salah satu kisah yang cukup populer mengenai sejarah Valentine adalah sosok Santo Valentino. Santo Valentino sendiri meninggal secara tragis dengan cara dipengga setelah menikahkan pasangan muda secara diam-diam. Nama perayaan hari Valentine diyakini merupakan penghormatan bagi sosok Santo Valentino.

coklat valentine

Fakta-Fakta Unik Hari Valentine

1. Valentine dan Coklat

Salah satu tradisi Valentine yang paling populer adalah menghadiahkan coklat pada orang terkasih. Ide menjadikan coklat sebagai hadiah pada hari Valentine awalnya muncul pada 1868 saat Richard Cadbury memproduksi coklat khusus untuk hati Valentine sebagai hadiah yang sangat booming kala itu sehingga kini hari Valentine selalu diidentikkan dengan coklat.

2. Kartu Ucapan Valentine Tertua di Dunia

Sebelum teknologi komunikasi maju seperti sekarang, kartu ucapan Valentine sangat populer digunakan untuk menyampaikan pesan dan ungkapan kasih sayang pada hari Valentine.

Kartu ucapan Hari Valentine yang pertama kali dibuat dipercaya berasal dari sekitar tahun 1790-an. Bahkan, Toppers bisa menemukan sebuah kartu ucapan Valentine yang dipercaya merupakan kartu ucapan Valentine tertua yang tersimpan di York Castle Museum.

Kartu ucapan yang tertanggal pada 1797 dikirimkan oleh wanita bernama Catherine Mossday kepada seorang pria bernama Brown di London. Kartu ucapan bergambar “Cupid” tertuliskan pesan “Since on this ever Happy day, all nature’s full of love and play. Yet harmless still if my design. ‘Tis but to be your Valentine.

Sejarah dan Fakta Hari Valentine
Sumber gambar: Huffington Post

3. Kartu Ucapan Valentine tanpa Nama

Tak hanya sejarah panjang, kartu ucapan Valentine juga memiliki mitos yang sangat populer pada zaman Victoria. Pada masa itu mendandatangani kartu Valentine dipercaya bisa mendatangkan kesialan sehingga banyak orang yang mengirimkan kartu ucapan Valentine tanpa dibubuhi tanda tangan bahkan tanpa nama.

4. 1 Milyar Kartu Valentine Setiap Tahun

Menurut survey, sekitar 1 Milyar kartu Valentine dikirimkan setiap tahunnya, lho! Hal ini menjadikan kartu Valentine sebagai kartu ucapan musiman yang paling banyak dikirimkan nomor dua setelah kartu ucapan Natal!

Tips dan Cata Merayakan hari Valentine
Sumber gambar: French Today

5. Mitos di Hari Valentine

Banyak sekali ke-percayaan unik mengenai tradisi Valentine. Salah satu yang dipercaya masyarakat pada masa lalu adalah mitos mengenai burung yang ditemukan pada Hari Valentine. Jika Toppers melihat burung gereja terband di hari Valentine, maka kamu akan menikahi seorang pelaut.

Namun, jika Toppers melihat burung gagak, makan kamu akan menjalani pernikahan yang bahagia namun dengan orang yang miskin. Sedangkan, melihat burung goldginch dihari Valentine merupakan pertanda kamu akan menikahi orang kaya.

Baca juga: Valentine Lebih Romantis dengan Kumpulan Kata Ucapan Valentine yang Manis!

Itulah berbagai ulasan mengenai sejarah dari hari Valentine dan beberapa fakta unik yang semakin membuat perayaan kasih sayang ini menarik. Apakah Toppers sudah menyiapkan kebutuhan untuk rayakan Valentine tahun ini dengan orang terkasih? Segera Cek Tokopedia untuk temukan berbagai kebutuhan Valentine mulai dari hadiah hingga coklat Valentine dengan mudah secara online!

buket bunga

Bagikan Artikel