John Cendra, Inspirasi di Balik Kopi Lokal Premium

61
John Cendra, Inspirasi di Balik Kopi Lokal Premium

Berbicara tentang kopi tidak pernah ada habisnya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam jenis kopi dari Sabang hingga ujung Merauke. Salah satu tempat untuk menikmati kopi terbaik di Kota Makassar adalah Kopi Ujung.

Toko yang awalnya menjual oleh-oleh khas Makassar itu kini dikenal dengan kopinya yang enak. Di balik popularitas tersebut terdapat sosok John Cendra, seorang pemuda asal Makassar. Kecintaannya akan kopi membuat John serius mempelajari kopi hingga ke berbagai tempat, salah satunya adalah di Coffee Quality Institute (CGI).

Ilmu kopi yang telah banyak dimiliki John tak membuatnya lupa akan tempat kelahiran. Berbekal ilmu yang dimiliki, John kembali ke Indonesia dan meneruskan usaha keluarganya, sebuah toko oleh-oleh bernama Toko Ujung.

Di tangan John, Kopi ujung tidak hanya menjadi sebuah toko oleh-oleh biasa, melainkan tempat untuk memperkenalkan dan mengembangkan kopi Toraja kepada khalayak luas. Kopi Ujung, selain menjadi tempat pertemuan berbagai figur dengan banyak gagasan, juga menjadi titik temu antara produk berkualitas tinggi petani kopi di Toraja dengan para penikmat kopi.

“Indonesia butuh anak-anak bangsa yang sudah belajar di berbagai tempat untuk kembali dan membantu pengembangan kopi di dalam negeri, itulah misi kami di Kopi Ujung,” kata John.

Ketertarikan John pada kopi membawanya untuk memperkenalkan speciality coffee ke seluruh Indonesia. “Di Specialty kopi kita harus banyak mencicipi kopi untuk mengetahui rasa. Specialty coffee sendiri adalah sebutan untuk kopi-kopi berkualitas tinggi. Dalam rentang nilai 0-100, nilanya harus diatas 80 poin, bijinya harus berkualitas dan tidak boleh ada yang cacat,” jelas John.

Kopi ujung tidak hanya ingin membantu mengembangkan pasar kopi di Indonesia tetapi juga membantu kesejahteraan petani kopi itu sendiri untuk mencapai kualitas yang paling baik. John tidak ragu mendatangi petani-petani dan berbagi ilmu tentang proses penanaman dan produksi kopi yang baik. John juga selau menyediakan waktu untuk teman-teman komunitas kopi di Makassar.

Perkembangan Kopi Ujung rupanya terdengar oleh banyak orang dari daerah lain di Indonesia, mereka lantas mulai menghubungi John untuk memesan kopi. Kewalahan menghadapi pesanan, John memutuskan untuk membuat toko di Tokopedia.

“Tokopedia membantu kami untuk memperkenalkan secialty kopi dari Makassar ke seluruh Indonesia,” ucapnya.

Berkat keputusan John untuk mempelajari kopi dan berkontribusi bagi negeri ini, kini 66 kota telah menyeduh nikmatnya specialty coffee dari Kopi Ujung melalui Tokopedia.

Simak kisah John melalui video dibawah ini:

Bagikan Artikel