• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Sinetron Indonesia Ini Punya Alur Cerita Yang Sama Dengan Drama Korea

Share

9 Sinetron Indonesia Ini Punya Alur Cerita Yang Sama Dengan Drama Korea

Toppers, kamu salah satu penggemar drama Korea atau K-drama? Pasti kamu familiar dan sering nonton berbagai drama Korea, apalagi yang populer dan lagi booming kan? Drama Korea memang memiliki alur atau jalan cerita yang unik dan seru banget buat ditonton dan pastinya bikin kamu ketagihan dan susah berhenti nonton setiap episode nya.

Ditambah aktor dan aktris yang juga populer dan menarik kesukaanmu. Drama Korea ini juga menarik perhatian beberapa rumah produksi dalam negeri untuk membuat sinetron Indonesia yang terinspirasi dan memiliki alur-alur yang sama dengan beberapa Drama Korea juga, lho!

Mau tahu sinetron Indonesia apa saja yang mempunyai alur cerita yang sama dengan drama Korea? Yuk, cek infonya berikut ini:

Sinetron Indonesia Mirip Drama Korea

Kejora dan Bintang – Brilliant Legacy

Sinetron Indonesia
Sumber: Wikimedia

Kamu sudah pernah nonton sinetron Kejora dan Bintang yang pernah ditayangkan di RCTI ini? Sinetron yang diperankan oleh Alyssa Soebandono dan Baim Wong ini diduga memiliki alur cerita yang mirip banget dengan drama Korea berjudul Brilliant Legacy. Adegan di episode pertama juga sama persis yaitu kni sama-sama tertukar koper. Belum lagi alur dan susunan keluarganya yang juga sama dengan drama Korea yang pernah dibintangi Lee Seunggi ini.

Malaikat Pelindung – Goblin

Siapa yang enggak kenal dengan drama yang lagi nge-hits dengan ahjussi yang ganteng ini? Drama ini menarik banget sehingga MD Entertainment, “terinspirasi” untuk membuat sinetron Malaikat Pelindung baru-baru ini membuat heboh publik. Tapi, sinetron yang akan dibintangi Bastian Steel, Syifa Hadju dan Bryan Andrew ini dinilai menjiplak drama yang lagi booming tahun ini, yaitu Goblin.  Kisahnya sama-sama berkisah tentang Malaikat Pelindung dan Malaikat Pencabut Nyawa. Karena kritikan tersebut, ada kabar kalau sinetron yang rencananya akan ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta ini menuai penolakan karena dianggap menjiplak dan batal.

Kau yang Berasal dari Bintang – My Love from Another Star

Sinetron Indonesia
Sumber: @OfficialRCTI

Drama yang bercerita tentang seorang artis perempuan yang kesepian dan bertemu dengan alien ganteng ini sempat membuat heboh dan populer banget.  Kesuksesan drama My Love From the Star pada tahun 2014 membuat rumah produksi SinemArt bergerak cepat mengadaptasi serial drama ini ke versi sinetron Indonesia. RCTI menayangkan Kau yang Berasal dari Bintang hanya selang dua bulan setelah My Love from Another Star selesai tayang di SBS. Tapi, bukan hanya karena protes dari pihak penikmat drama Korea tapi juga salah satu stasiun televisi di Korea, SBS akhirnya memberhentikan sinetron ini. Sinetron yang dibintangi oleh Nikita Willy dan Morgan Oey ini dinilai menjiplak drama hits Korea ‘My Love From Another Star‘. Bukan saja alur ceritanya, tapi juga adegan dan dialognya juga  terkesan disamakan.

Baca juga: Barisan Film Indonesia Akhir Tahun 2017

Benci Bilang Cinta – Princess Hours

Sinetron yang diproduksi oleh MD Entertainment, bernama Benci Bilang Cinta ini, dianggap mirip banget dengan drama Korea, Princess Hours. Kedua serial ini memiliki cerita yang mirip yaitu tentang seorang gadis miskin yang tiba-tiba dijodohkan dengan seorang pewaris keluarga kaya. Bedanya, kalau di Princess Hours latar belakangnya dengan keluarga kerajaan sedangkan Benci Bilang Cinta berlatar keluarga pengusaha kaya, Bagio Grup. Princess Hours dibintangi oleh Yoon Eun Hye dan Ju Ji Hoon, sedangkan Benci Bilang Cinta diperankan oleh Marshanda dan Baim Wong.

Cinta Cenat Cenut – Boys Over Flowers

Sinetron Indonesia
Sumber: BoysOverFlowers

Drama romantis romantika siswa SMA di Negeri Ginseng tentang kelompok lelaki kaya dan perempuan miskin dalam Boys Over Flower ini juga pernah diangkat ke versi Indonesia. Kisah cinta Gu Jun Pyo dan Geum Jan Di meledak banget pada tahun 2009.

Drama ini berhasil mengangkat nama Lee Min Ho menjadi terkenal juga. Dalam versi sinetron Indonesia, serial ini bertajuk Cinta Cenat-Cenut yang diperankan oleh boyband SM*SH. Boyband itu merupakan kelompok populer di sekolah dan mesti berurusan dengan Putri yang diperankan Natasha Rizki. Putri merupakan gadis sederhana dan pintar yang berhasil masuk ke sekolah itu lewat beasiswa. Cinta Cenat Cenut ini tayang di Trans TV pada awal 2011. Serial ini tergolong berhasil karena berlanjut ke musim ke-dua enggak lama selesai dari musim pertama serial ini dirilis.

High School Love StoryHigh School Love On

Sinetron Indonesia
Sumber: High School Love On

High School Love Story ini merupakan sinetron yang di produksi oleh Screenplay Productions yang diadaptasi dari drama Korea bertajuk High School Love On. Sinetron ini sudah mendapatkan lisensi resmi tayang di SCTV pada tahun 2015 sehingga diterima baik oleh para penggemar. Sinetron ini tayang stripping mulai 10 Agustus 2015 hingga 29 Oktober 2015 pada  pukul 17.00 – 18.30 WIB.

Baca juga: Jangan Ngaku Anak 90an Kalau Belum Nonton 7 Film ini!

Drama ini memang sama-sama menggambarkan kisah cinta remaja di masa SMA.Tapi, drama aslinya cuma memiliki 20 episode, High School Love Story versi Indonesia berkembang menjadi 80 episode. High School Love On menampilkan sisi fantasi sedangkan versi Indonesia enggak mengangkat hal tersebut.

High School Love On tayang yang tayang pada 2014 diperankan oleh Nam Woo Hyun, Kim Sae Ron dan Lee Sung Yeol. Sementara, sinetron High School Love Story dibintangi oleh Febby Rastanty, Rizky Nazar dan Fero Walaundau. Selain High School Love On, sinetron ini juga mengadaptasi cerita dari beberapa drama Korea lainnya, yaitu Heartstrings dan Who Are You: School 2015.

Liontin – Glass Shoes

Sinetron remaja yang diproduksi oleh Sinemart, berjudul Liontin ini dikabarkan juga mirip dengan salah satu drama Korea yang populer. Sinetron yang dibintangi oleh Nana dan Naysila Mirdad ini memiliki kemiripan cerita dengan Glass Shoes, yaitu tentang kakak beradik yang terpisah dan bertemu lagi berkat sebuah benda. Sinetron ini ditayangkan di RCTI 6 Juni 2005-4 Maret 2006 dengan lebih dari 50 episode.

Dia Bukan Anakku – Women of The Sun

Sinetron Indonesia
Sumber: Dia Bukan Anakku – Slot Sinetron

Kisah tentang anak yang terlantar di panti asuhan dan bertemu dengan orang tua aslinya juga pernah diangkat ke versi Indonesia. Sinetron yang tayang di RCTI pada 2010 berjudul Dia Bukan Anakku ini diduga mengadaptasi drama Women of The Sun yang populer di Korea pada 2008. Dua serial ini punya karakter yang sama. Pemeran utama versi Korea, Kim Ji Soo berprofesi sebagai pembaca berita. Sementara di dalam sinetron Indonesia, Arumi Bachsin merupakan seorang presenter. Tapi memang di dalam versi Indonesia, cerita ini dibuat lebih rumit dengan penambahan beberapa karakter.

Cinta Remaja vs Sassy Girl Chun Hyang

Sinetron Indonesia
Sumber: Sassy Girl Chun Yang

Sinetron hasil produksi MD Entertainment pada tahun 2006-2007 yang dibintangi oleh Egi John dan Laudya Cintya Bella ini bercerita tentang permasalahan cinta remaja. Mereka yang awalnya saling membenci satu sama lain justru dinikahkan karena suatu hal salah paham. Tapi, ternyata alur cerita ini sudah ada lebih dulu di dalam serial drama Korea berjudul Sassy Girl Chun Hyang. Bahkan adegan perkenalan mereka pun juga mirip yakni saat sang pemeran wanita enggak sengaja merusak HP milik pemeran pria, lho.


Drama Korea memang diakui menawarkan sesuatu yang berbeda dengan serial lainnya,  mulai dari latar belakang cerita dan juga alur kisahnya. Enggak heran, penikmat K-Drama di tanah air semakin bertambah tiap tahunnya. Kesuksesan dan kepopuleran K-Drama juga berimbas pada sinetron produksi Indonesia, dengan munculnya sinetron-sinetron yang dinilai memiliki kemiripan cerita dan alur yang sama dengan drama hits Korea. Versi mana yang mau kamu nonton lebih dulu, Toppers?

Bagi Toppers yang ingin menonton sinetron Indonesia yang sudah tidak tayang lagi, streaming  langsung saja secara online.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Agak Laen Tembus 7 Juta Penonton, Simak Review dan Fakta Uniknya
Entertainment
Agak Laen Tembus 7 Juta Penonton, Simak Review dan Fakta Uniknya
© 2009-2024, PT Tokopedia