Makna Hari Pahlawan bagi Nakama Tokopedia dan Pemuda Nara Kreatif

171
Makna Hari Pahlawan bagi Nakama Tokopedia dan Pemuda Nara Kreatif

Mendengar kata pahlawan, hal yang pertama terlintas di benak kita pastinya pahlawan yang berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Mereka rela mengorbankan banyak hal, harta benda, keluarga hingga nyawa demi Indonesia.

Namun di kondisi Indonesia yang sudah merdeka, siapapun tetap bisa berkontribusi menjadi pahlawan untuk lingkungan sekitarnya dengan berbagai cara. Misalnya menjadi atlet olahraga, peraih olimpiade di dunia pendidikan, hingga menyisihkan sedikit waktu berbagi manfaat dengan orang lain.

Pada hari pahlawan, Sabtu 10 November, Tokopedia bersama Nara Kreatif bekerjasama untuk memaknai hari pahlawan melalui permainan bagi anak-anak dan pelatihan keterampilan bagi pemuda.

Refleksi kegigihan dari pejuang kemerdekaan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaknai Hari Pahlawan, salah satunya adalah dengan mengadopsi nilai-nilai perjuangan yang dimiliki. Inilah yang coba diterapkan oleh Asep Wildan, salah satu penerima manfaat di Nara Kreatif.

Asep adalah seorang anak jalanan yang putus sekolah karena faktor ekonomi. Namun, Asep rajin mengikuti program pendampingan di Nara Kreatif untuk mengembangkan dirinya. Kerja keras Asep tidak sia-sia, saat ini ia telah menjadi wirausaha yang menjual makanan beku.

Semangat juang dan gigih yang dimiliki Asep tersebut ditanamkan oleh pendiri Yayasan Nara Kreatif, Nezatullah Ramadhan. Perjuangan Nezatullah dalam mendirikan Nara Kreatif ini telah mampu berbagi manfaat dengan setidaknya 400 anak dan pemuda dari keluarga tidak mampu, lewat layanan sekolah kejar paket gratis, dan rumah binaan bagi anak-anak jalanan.

“Makna hari pahlawan bagi kami ialah bagaimana kita bisa memerdekakan anak-anak di Nara, khususnya anak asuh. Mereka merdeka untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik, hidup yang lebih layak dan memiliki masa depan yang lebih cerah,” Dhea Rizky Amalia, Public Communications Nara Kreatif.

Tokopedia: Hidup untuk Berbagi

Memperingati Hari Pahlawan pada Sabtu 10 November lalu, Tokopedia dalam program Naka-Mate, berbagi keceriaan dan semangat dengan penerima manfaat di Nara Kreatif. Kegiatan yang dilakukan diantaranya pelatihan untuk menjadi lebih profesional kepada para pemuda dengan salah satunya belajar mengenal diri, serta bagaimana menggunakan gadget secara bijak dan produktif.

“Yang berkesan materi tentang mengetahui diri. Maryam jadi tahu kalau Maryam orangnya peramah, terus suka menghafal. Terus tadi Maryam diajarin cara berbicara di depan orang, karena Maryam gak bisa. Kalo cita-cita tuh Maryam jadi guru, jadi harus bisa berbicara di depan orang,” Maryam, Penerima Manfaat Nara Kreatif.

Selain itu, Maryam juga mengatakan bahwa dirinya perlu untuk mewariskan kegigihan dan semangat dari para pahlawan. “Kalau menurut Maryam, yang dipelajari perjuangannya. Misalnya kalau kita belajar tentang matematika. Menurut Maryam itu susah. Tapi dulu pahlawan selalu berusaha terus, jadi Maryam juga harus berusaha ketika belajar.” 

Dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut, Tokopedia melibatkan Nakama (sebutan bagi karyawan) untuk menjadi teman dan mentor dari adik-adik Nara. Selain memberikan bimbingan, di waktu yang bersamaan Nakama juga mengajak bermain dan belajar anak-anak dalam  beberapa pos mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, roleplay menghindari penculikkan dan berbagi pengetahuan umum lainnya.

“Meski lewat permainan sederhana, namun ada tantangan tersendiri untuk menyampaikan pesan tentang pahlawan bagi anak-anak. Disini lah saya berjuang. Dalam pos yang saya bimbing, kami bermain Gobak Sodor yang mencerminkan perjuangan Pahlawan Indonesia ketika berupaya mengusir para penjajah,” Maria Goretty, Nakama Tokopedia. 

Setelah itu, Maria juga menyampaikan kepada adik-adik Nara Kreatif bahwa, “Ketika satu pintu tertutup, akan ada pintu lain terbuka. Semangat para pahlawan yang pantang menyerah itulah yang harus terus mengalir dalam diri kita.” 

Antusiasme dari Nakama untuk berkegiatan sosial memang cukup tinggi. Hal inilah yang mendorong CSR Tokopedia untuk menginisiasi kegiatan ini.

“Antusiasme dari para Nakama untuk berbagi manfaat dengan komunitas sekitar sangat tinggi, maka program ini sangat tepat untuk mengakomodir hal tersebut. Bertepatan dengan hari pahlawan, kami ingin berbagi ilmu serta semangat kepada adik-adik di Nara Kreatif agar tetap percaya pada mimpi mereka dan gigih memperjuangkan mimpi tersebut,” Siti Fauziah, Senior Communication Lead Tokopedia.

Tentang Nakamate

Nakamate merupakan program kerelawanan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Tokopedia yang mengajak para Nakama (karyawan Tokopedia) untuk memberikan waktu, tenaga dan pikirannya dengan berbagi kepada komunitas yang membutuhkan, serta menyalurkan aspirasi mereka untuk berperan lebih aktif dalam lingkungan sosial.

Bagikan Artikel