Donasi Selat Sunda: Memaksimalkan Teknologi bersama Tokopedia untuk Bantu Sesama

274

Teknologi berperan penting dalam membantu rehabilitasi bencana. Keberadaan teknologi memungkinkan kita membantu korban bencana alam dengan menghimpun bantuan dana secara cepat. Itulah yang dilakukan Tokopedia. Sebagai perusahaan teknologi dengan lebih dari 90 juta pengguna aktif setiap bulannya, Tokopedia membangun platform donasi untuk membantu korban tsunami di Selat Sunda.

“Kami berharap platform ini bisa mempercepat dan mempermudah siapapun yang ingin berdonasi. Kami akan langsung menyerahkan donasi yang terkumpul kepada partner untuk membantu meringankan beban korban bencana,” jelas Senior Communications Lead Tokopedia, Siti Fauziah.

Melalui Tokopedia, pengguna dapat berdonasi mulai dari nominal Rp25.000,- hingga Rp100.000,- di halaman http://bit.ly/donasiselatsunda dengan berbagai pilihan metode pembayaran.  Terhitung sejak 24 Desember 2018 hingga 2 Januari 2018, platform Donasi Tsunami Selat Sunda berhasil mengumpulkan dana  sejumlah Rp1,1 miliar.

Dana tersebut akan Tokopedia salurkan kepada para korban bencana melalui kerjasama dengan Rumah Zakat dan PKPU Human Initiative. Dua organisasi tersebut dipilih karena berpengalaman untuk melakukan rehabilitasi pasca bencana, antara lain saat bencana Gempa Lombok maupun Gempa dan Tsunami Palu.

Perkembangan Penyaluran Bantuan

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 29 Desember 2018, total pengungsi Tsunami Selat Sunda tercatat berjumlah 46.646 orang1. Tsunami Selat Sunda juga mengakibatkan 1.527 unit rumah rusak berat hingga kerusakan fasilitas publik di lima kabupaten yakni Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus.

Menanggapi kondisi tersebut, Tokopedia mengalokasikan bantuan dari pengguna untuk kegiatan tanggap darurat bencana. Donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui kedua yayasan terpilih dalam tiga periode yaitu 31 Desember 2018, 12 Januari 2019, dan 24 Januari 2019.

Pada periode pertama, Tokopedia telah menyalurkan dana sejumlah Rp500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) kepada Rumah Zakat dan PKPU Human Initiative. Bantuan di periode pertama akan dialokasikan untuk bantuan tanggap darurat diantaranya:

  1. Pelayanan kesehatan dan sehat siaga;
  2. Pendirian dapur umum;
  3. Pemberian bahan makanan pokok dan bantuan logistik lainnya;
  4. Pemberian peralatan sekolah dan kegiatan trauma healing untuk anak-anak.

Melalui PKPU Human Initiative, donasi Toppers periode pertama telah disalurkan dalam bentuk 77 paket bantuan makanan pokok, peralatan memasak dan peralatan sekolah untuk warga Kampung Nelayan, Desa Taman Jaya, Pandeglang. Selain itu telah disalurkan juga 40 paket bantuan makanan pokok dan alat kebersihan untuk warga terdampak di Kampung Tanjung Lame, Desa Ujung Jaya, Pandeglang.

Pemberian bantuan akan dikembangkan sesuai dengan hasil assesment kebutuhan masyarakat di wilayah terdampak bencana.

CSR Tokopedia dalam Bencana Nasional

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, Tokopedia menjadi wadah yang mempermudah penggunanya untuk melakukan lebih, salah satunya dengan membangun platform donasi untuk memudahkan pengguna memberikan bantuan kepada para korban bencana.

Sebelumnya Tokopedia berhasil menggalang lebih dari Rp6,5 miliar dari 60 ribu pengguna untuk membantu rehabilitasi pasca gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya. Pengguna juga masih bisa berdonasi melalui tkp.me/galadanapalu untuk membantu menyediakan peralatan sekolah bagi anak-anak terdampak bencana di wilayah Palu dan sekitarnya.

—————————————-

1 Volume Tubuh Gunung Anak Krakatau Berkurang, Jumlah Korban Tsunami Bertambah BNPB, 30 Desember 2018, https://bnpb.go.id/volume-tubuh-gunung-anak-krakatau-berkurang-jumlah-korban-tsunami-bertambah


Bagikan Artikel