Rayakan Perjalanan Satu Dekade Tokopedia, Nakama Bantu Hijaukan Kota Jakarta

0
530
Nakamate: Ladang Kota
Rayakan Perjalanan Satu Dekade Tokopedia, Nakama Bantu Hijaukan Kota Jakarta

Jakarta, 17 Agustus 2019 – Tahun 2019 merupakan tahun yang spesial bagi Tokopedia. Di tahun ini, perjalanan Tokopedia telah mencapai satu dekade. Sebagai super ecosystem yang telah berjalan selama sepuluh tahun, lebih dari satu persen ekonomi Indonesia terjadi di Tokopedia. Selain itu, Tokopedia telah menjadi tempat bagi lebih dari enam juta penjual dan sembilan puluh juta pengguna aktif tiap bulannya. Kini, Tokopedia juga telah menjangkau hampir 97% kecamatan di Indonesia. 

Dari keberhasilan tersebut, Tokopedia tidak melupakan peran lainnya untuk berkontribusi lebih luas bagi masyarakat. Corporate Social Responsibility (CSR) Tokopedia hadir dengan berbagai macam program sosial, salah satunya adalah Nakamate atau Nakama to be Mate yang melibatkan Nakama, karyawan Tokopedia, sebagai relawan. Nakamate rutin dilakukan dengan mengakomodasi berbagai minat Nakama dalam berkegiatan sosial mulai dari pendidikan, edukasi teknologi, renovasi panti, hingga kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan demi menciptakan dampak yang positif bagi masyarakat.

Dalam perayaan perjalanan 10 tahun Tokopedia, Nakamate hadir kembali dengan aksi lingkungan. Membawa tema Nakamate: Ladang Kota, CSR Tokopedia melakukan kegiatan Urban Farming bersama Nakama dan keluarga yang hadir dalam acara Tokopedia 10th Anniversary (16/8) di Plaza Timur Senayan. 

Menanam Sebagai Bentuk Kepedulian terhadap Lingkungan 

Kualitas udara di Jakarta dinilai semakin memburuk, berdasarkan data yang diberikan oleh Greenpeace Indonesia. Data tersebut menjelaskan bahwa indeks kualitas udara di Jakarta telah mencapai angka 180 yang tergolong kategori tidak sehat. Padahal udara dapat dikategorikan baik jika memiliki indeks kualitas sebesar 0-50. Menurut wawancara dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, permasalahan polusi di Jakarta 75 persen disebabkan oleh meningkatnya jumlah kendaraan bermotor.

Berangkat dari hal tersebut, CSR Tokopedia memulai langkah kecil dengan mengadakan kegiatan berkebun pada acara Tokopedia 10th Anniversary. Siti Fauziah, Senior Community Lead Tokopedia, menjelaskan bagaimana program CSR Tokopedia ini dapat menjembatani kepedulian sosial Nakama. “Nakama dapat berkontribusi terhadap permasalahan lingkungan dengan aksi nyata . Contohnya, Nakama berpartisipasi pada kegiatan urban-farming untuk menambah oksigen sekaligus membantu menghijaukan Jakarta,” jelas Siti. 

Bersama dengan komunitas Jakarta Berkebun, Nakama diberikan edukasi mengenai proses yang benar, agar dapat diterapkan di lingkungan rumah masing-masing. “Menanam tumbuhan dapat dilakukan di lahan yang luas maupun di lahan terbatas. Contoh kawasan perumahan Jakarta yang padat penduduknya. Hal ini dapat diatasi dengan cara menanam vertikal ataupun menggunakan pot dengan media tanam tanah, maupun dengan air seperti hidroponik. Selain bisa mengkonsumsi hasil dari tanaman yang kita tanam, kita juga turut menambah penghijauan di lingkungan sekitar rumah kita.” jelas Dina, salah satu penggerak komunitas Jakarta Berkebun.

 Nakama memindahkan tanaman siap tumbuh ke media tanam hidroponik

Edukasi penanaman menggunakan media tanah dimulai dengan pemilihan bibit tanaman. Nakama juga diajarkan komposisi media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk, dan sekam yang dibutuhkan untuk menjaga kesuburan tanaman. Selain itu, Nakama juga belajar menanam dengan media lain, yaitu menggunakan jenis hidroponik. Semua sangat antusias untuk belajar dan praktik langsung pada instalasi hidroponik. Nakama berkesempatan menanam berbagai jenis tanaman termasuk sayuran seperti sawi, selada, dan pakcoy dari yang berukuran remaja hingga siap panen. 

“Seru banget bisa belajar menanam di Nakamate Ladang Kota. Sekarang saya paham berbagai bentuk media tanam dan bisa menerapkannya di rumah. Selain dapat ilmu baru menggunakan media tanah dan hidroponik, saya bangga karena tanaman ini akan disalurkan ke Gang Hijau di Cempaka Putih dan Panti Asuhan Asuwain Timor. Semoga semua tanaman dapat dirawat dan bermanfaat di sana.” kata Bimo Noufal salah satu peserta Nakamate.

Dari Nakama, oleh Nakama untuk Masyarakat 

          Salah Satu Penggerak Gang Hijau Cempaka Putih Timur Merapikan Tanaman Hidroponik 

Dari kegiatan Nakamate Ladang Kota, terkumpul lebih dari 700 tanaman baik dalam media hidroponik maupun media pot. Seluruh tanaman beserta instalasi tersebut telah disalurkan kepada Gang Hijau Cempaka Putih Timur dan juga Panti Asuhan Asuwain Timor sebagai bentuk kontribusi sosial dari Tokopedia. Selanjutnya, Kelompok Tani di Gang Hijau Cempaka Putih Timur dan warga Panti Asuhan Asuwain Timor yang akan mengambil manfaat dan merawat tanaman hasil karya Nakama Tokopedia. 

Manajemen sampah yang dilakukan CSR Tokopedia bersama Daur ID

Selain melakukan kegiatan menanam CSR Tokopedia juga melakukan manajemen sampah dalam acara 10th Anniversary Tokopedia  yang dihadiri oleh ribuan Nakama dan keluarga. Bekerja sama dengan Daur ID, lebih dari 6 ton sampah plastik dan organik telah berhasil dikumpulkan selama acara berlangsung. Seluruh sampah tersebut kemudian dipilah dan didaur ulang sesuai dengan jenisnya oleh bank sampah mitra Daur ID.

Dari dua program CSR dalam perayaan Anniversary Tokopedia yang ke sepuluh, kami berharap perjalanan Tokopedia tidak hanya memiliki dampak positif terhadap perekonomian saja, akan tetapi juga berdampak terhadap lingkungan sosial termasuk dalam isu lingkungan. 

Bagikan Artikel