Tokopedia Mendukung Program Pemberdayaan Masyarakat di Kota Padang

0
106
Penyerahan barang donasi kepada kelompok usaha UKM Nago Jaya Berkah.

Tokopedia sebagai perusahaan teknologi mempunyai misi untuk memeratakan ekonomi secara digital di seluruh Indonesia. Hingga kini, Tokopedia telah menjadi rumah bagi lebih dari 6,4 juta penjual dari seluruh Indonesia yang telah memulai bisnisnya melalui Tokopedia. Namun, masih banyak kelompok usaha di Indonesia yang memiliki modal usaha serta fasilitas produksi yang terbatas.

Guna membantu memberdayakan masyarakat dengan mengembangkan potensi ekonomi lokal, Tokopedia bersama dengan CIMB Niaga Syariah menyalurkan dana kebajikan untuk mendukung program Bangun Industri Desa (BID) oleh PKPU Human Initiative yang diselenggarakan di Kampung Pinang, Kota Padang. 

Pada tanggal 18 September 2019, tim CSR Tokopedia turut hadir pada kegiatan peluncuran program tersebut bersama para donatur, penerima manfaat, serta Ketua Lurah, RW, RT, Tokoh Pemuda dan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat. 

Bantuan yang didukung oleh Tokopedia berupa pemberian modal usaha, pembangunan rumah produksi, serta fasilitas produksi lainnya sehingga kualitas dan kuantitas produk dapat meningkat. Selain itu, tim Tokopedia juga memberi penyuluhan kepada warga muda tentang cara berjualan di e-commerce agar produk dapat dipasarkan ke jangkauan yang lebih luas. Dengan begitu, tim produksi dan pemasaran dapat saling bekerja berdampingan agar UKM di Kampung Pinang dapat semakin maju.

Proses awal pembuatan lele kering.

Kelompok usaha yang terbentuk di Kampung Pinang bernama UKM Nago Jaya Berkah dan telah memproduksi lele kering (leker) dan sale pisang. Nago Jaya Berkah terdiri dari belasan ibu rumah tangga sebagai tim produksi. Mereka saling berbagi tugas untuk proses pengolahan bahan mentah hingga produk dikemas untuk siap dijual. Kehadiran program ini disambut dengan sangat baik oleh mereka, terbukti dengan antusiasme para ibu-ibu ketika menunjukan proses produksi lele kering dan sale pisang setelah acara sambutan selesai. Tamu undangan pun mendapat kesempatan untuk mencicipi hasil makanannya.

Pada sore hari, tim CSR Tokopedia memberikan edukasi kepada mahasiswa dan warga selaku tim pemasaran tentang cara berjualan di e-commerce, khususnya di Tokopedia. Mulai dari penjelasan tentang keunggulan berjualan online, hingga praktik langsung cara mengambil foto produk yang menarik. Setelah itu, tim Tokopedia mendampingi tim pemasaran untuk membuka dan menjual produk Nago Jaya Berkah di Tokopedia. Harapannya, penjualan dan pemasaran produk dapat meningkat sehingga bisa menjangkau pembeli dari seluruh Indonesia.

Tim Tokopedia dan PKPU Human Initiative bersama dengan anggota Nago Jaya Berkah

Melalui program Bangun Industri Desa, Tokopedia berharap pemberdayaan masyarakat di Kampung Pinang, Kota Padang lewat pembangunan UMKM dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi setempat serta memotivasi kelompok usaha untuk terus mengembangkan potensinya. 


Bagikan Artikel