• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

START Summit Extension: Konferensi Teknologi Virtual Pertama Tokopedia

Share

START Summit Extension: Konferensi Teknologi Virtual Pertama Tokopedia

Setelah sukses menggelar konferensi teknologi pertamanya, START Summit, yang dihadiri oleh lebih dari 2.000 pegiat teknologi pada Februari 2020 lalu, kini Tokopedia kembali menghadirkan gebrakan baru, START Summit Extension, konferensi teknologi virtual pertama Tokopedia. 

Pada 23 April 2020, START Summit Extension: She Codes with Purpose hadir dalam menyambut perayaan Hari Kartini, dimana para pegiat teknologi berkesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan langsung dari para ahli teknologi perempuan Tokopedia yang inovatif dan menginspirasi. Antusiasme para pegiat teknologi terlihat dari START Summit Extension yang disaksikan oleh lebih dari 6.000 penonton melalui Tokopedia Play dan YouTube Live. 

Berikut para ahli teknologi perempuan Tokopedia yang berbagi wawasan mereka pada START Summit Extension: She Codes with Purpose.

Elvira Simanjaya, Test Engineering Manager

Elvira membagikan tentang perjalanan Test Engineering di Tokopedia yang pada awalnya memberlakukan sistem manual oleh Quality Assurance (QA) menjadi otomatis oleh Test Engineering (TE). Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang memperkenalkan TE pada dua tahun silam. 

Tiga highlight inovasi dari TE Tokopedia di antaranya; Data Tracking Automation Tool, TETRA, untuk mengecek data layer yang terpasang pada aplikasi Android dan iOS serta versi desktop dan light Tokopedia; pengembangan Device Lab internal Tokopedia; dan APA Test Automation Framework yang memiliki performa tinggi untuk mengeksekusi ribuan test case dalam hitungan detik.

Dalam periode pandemi ini, Elvira dan tim berfokus untuk mempermudah para pengguna dalam menjalankan ibadah puasa di rumah, “Dibandingkan menyelenggarakan acara besar, kami menggeser fokus kami untuk memudahkan penjual dalam memulai bisnis online dan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna; dari beribadah hingga menemani waktu menjelang berbuka puasa.”

Adapun dalam menyelesaikan pekerjaan dengan sistem Working from Home (WFH), strategi yang diberlakukan oleh Elvira dalam tim adalah morning sync up, end of day follow up progress dan virtual war room untuk beberapa high-level project. 

“Tim TE berfokus untuk mencapai tujuan bersama. Itu sebabnya aku sangat bangga dengan timku yang selalu memberikan upaya terbaik mereka dalam perjalanan kami. Dalam situasi saat ini, ada banyak orang di luar sana yang membutuhkan platform kami, pengguna untuk memenuhi kebutuhan mereka dan penjual yang berjuang untuk melanjutkan bisnis mereka. Sebagai tim Engineering, kami harus memastikan platform kami selalu stabil dan cepat,” ungkap Elvira. 

Renny Runiawati, Software Engineer Lead-iOS

Bicara tentang platform iOS, ketertarikan Renny sudah tertanam sejak ia duduk di bangku kuliah. Menurutnya, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh platform iOS, yaitu dari segi user experience, privacy dan product release

Masa pandemi ini pun tidak menyurutkan pengembangan fitur-fitur yang dilakukan oleh tim iOS Tokopedia. Renny selalu menanamkan kepada timnya untuk menjaga komitmen dan ownership yang tinggi. Salah satu caranya adalah dengan saling membagi pengetahuan terkait kepemimpinan dan berbagai inovasi perusahaan global terbaru sebagai referensi. 

“App release merupakan hal yang fundamental. Strategi dalam melakukan weekly release adalah membagi fokus ke beberapa fungsi tim dengan mengacu pada modul masing-masing. Untuk memastikan kualitas dari fitur yang dikembangkan, kita harus melewati serangkaian proses, yaitu testing, development, bug bash, dan regression.” 

Salah satu yang menjadi highlight inovasi tim iOS dalam situasi saat ini adalah Tokopedia Play dengan beberapa fitur unggulannya, Live Shopping, Live Chat dan Live Stream. Fitur-fitur ini yang dinilai banyak dibutuhkan oleh para pengguna dalam memudahkan penggunaan aplikasi Tokopedia. 

“Dengan teknologi yang terus berkembang. Kedepannya, aku rasa semua akan bergerak ke digital. Aku juga bersyukur, dengan kondisi saat ini kita masih bisa bekerja dengan baik. Tokopedia sebagai perusahaan teknologi selalu mendukung kita untuk berinovasi dalam situasi apapun, bisa saling belajar dan berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna.”

Ranty Putri Rudiana, Data Analyst Lead

Pengembangan produk-produk di Tokopedia menganut sistem data-driven dalam setiap prosesnya. Untuk itulah, Data Analyst di Tokopedia difokuskan ke dalam setiap business unit, dimana Ranty menjalani Data Analyst di bagian Logistik. 

Dari beragam data yang dimiliki Tokopedia, baik itu Data Traffic, Data Transactional, maupun data lainnya, tim Data Analyst (DA) berperan untuk memprosesnya menjadi consumable insights dalam pengembangan produk. Mulai dari data gathering, data processing dengan in-house tools hingga data distribution dalam bentuk report, infografis dan sebagainya

“Proses pengambilan keputusan di Tokopedia selalu dititikberatkan pada data, tidak hanya berdasarkan observasi ataupun intuisi. Kolaborasi antara Data Analyst, Business dan Product menjadi kunci dalam pengembangan sebuah produk yang efisien dan tepat guna untuk para pengguna.” 

Di masa pandemi ini, tentunya juga ada beberapa penyesuaian yang dilakukan oleh Ranty dan tim, seperti daily sync up, set working hour. Efektivitas kerja tim Data Analyst di masa pandemi ini juga dipaparkan Ranty dengan menggunakan tracking software Jira, dimana bisa memantau linimasa serta kualitas produk yang dihasilkan. 

Adapun project khusus yang dikerjakan saat ini diantaranya adalah melihat pola belanja dari para pengguna yang ada di marketplace, “Dari analisis ini, kita bisa mengetahui terkait produk-produk yang dibutuhkan masyarakat dan bisa mendorong potential seller untuk mulai berbisnis online karena melihat tingginya permintaan yang ada.”

“Sebagai seorang Data Analyst, mendapatkan insight yang lebih luas merupakan hal yang menyenangkan bagi kita. Sejak bergabung di Tokopedia, ada dua hal yang sangat aku syukuri; yang pertama adalah internal collaboration yang baik dalam tim Data Analyst; yang kedua adalah menggali insight yang lebih dalam dengan tim UX Researcher.”

Fokus Tokopedia ke depan adalah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui teknologi, salah satunya dengan mengembangkan talenta-talenta digital terbaik negeri. Sampai jumpa di START Summit Extension selanjutnya, mulai transformasi teknologimu bersama Tokopedia!


Media Partner START Summit Extension (Edisi April 2020)

Nova 

Glitzmedia

Popbela

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
Behind The Scene
Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
© 2009-2024, PT Tokopedia