7 Taman Kota di Jakarta untuk Mengisi Akhir Pekan

1949
taman kota terbaik di Jakarta

Taman Kota di Jakarta –  Ingin menghabiskan akhir pekan seru bersama keluarga, teman atau sendirian? Salah satu opsi untuk mengisi akhir pekan adalah dengan mengunjungi berbagai destinasi taman kota yang Tersedia di Jakarta. Simak 7 taman kota di Jakarta untuk mengisi akhir pekan berikut!

Baca juga: 9 Destinasi Wisata Alam Terbaik di Jakarta

Taman Kota Terbaik di Jakarta

Taman Menteng

taman kota terbaik di Jakarta

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Salah satu taman legendaris di area kota Jakarta adalah taman menteng. Dahulu, sebelum menjadi area terbuka hijau, taman menteng merupakan stadion, umumnya untuk olahraga sepak bola dan digunakan oleh klub sepak bola Jakarta, Persija, Pada tahun 2007, pemerintah provinsi DKI Jakarta kemudian mengubah fungsi dari stadion menjadi taman kota setelah melalui berbagai rintangan. Pembangunan taman menteng dibiayai oleh APBN tahun 2006, sebesar 32 miliar.

Taman ini memiliki berbagai sara olahraga, seperti untuk bermain futsal dan badminton, trek jogging, taman umum dengan berbagai area untuk bersantai dan duduk-duduk, serta dilengkapi juga dengan 44 sumur resapan dan gedung parkir berjumlah tiga lantai dengan kapasitas sekitar 200 mobil. Umumnya, taman di Jakarta Selatan ini sangat ramai pada akhir pekan, terutama pada sabtu malam dan minggu pagi. Kamu dapat temukan beragam aktivitas seru dari para masyarakat, berbagai pelatihan dan sharing session juga umumnya bisa kamu temukan di taman ini!

RPTRA Kalijodo

taman kota terbaik di Jakarta

Sumber gambar: Pemprov DKI Jakarta

Salah satu taman yang kini sedang diminati oleh masyarakat Jakarta adalah RTH | RPTRA Kalijodo. Taman ini terletak di perbatasan Jakarta Barat dengan Jakarta Utara, memiliki luas area sekitar 3,9 hektare. Dahulu dikenal sebagai pusat hiburan malam, namun setelah adanya kejadian dan dilakukan penertiban pada bulan Februari 2016, pusat dunia malam itu musnah dan berganti menjadi taman kota. Untuk mencapai taman kota Kalijodo, kamu bisa memanfaatkan moda bis yang tersedia di halte monas IRTI.

Sesampainya di Kalijodo kamu bisa merasakan segarnya udara dan serunya berbagai wahana tersedia, seperti menghabiskan waktu bersama dengan bermain ayunan, perosotan, serta jika kamu merasa tertantang, bisa mencoba arena olahraga ekstrim skateboard dan sepeda rintang. Pada taman di Jakarta ini juga tersedia aula untuk berbagai macam acara hiburan dan pengajaran. Penasaran kan gimana serunya taman Kalijodo? Yuk segera mampir!

RTH Ria Rio

taman kota terbaik di Jakarta

Sumber gambar: Kota Tokopedia

Dahulu dipenuhi dengan tumbuhan eceng gondok dan rerumputan menjulang tinggi, kini telah berubah menjadi taman kota nan asri. Itu adalah ruang terbuka hijau Ria Rio, taman kota sebesar 1,6 hektare terletak di daerah Pulogadung, Jakarta Timur. Kamu dapat mengisi akhir pekan dengan seru, bermain dengan keluarga seraya membaca buku dan memandangi indahnya kota. Terkadang, tak terpikirkan bahwa taman seperti ini tersedia di Jakarta, kota metropolis dengan berbagai macam polusi dan kesibukan. Namun, ketika menyambangi tempat ini, kamu pastinya merasa terpesona dengan alam asri, alternatif melepas kejenuhan di tengah kepenatan aktivitas. Berbagai fasilitas penunjang membuat kamu tentunya semakin betah, seperti bangku-bangku untuk bersantai dan menikmati keindahan waduk, ampitheater keren, serta internet gratis melalui koneksi Wi-Fi.

Taman Tabebuya

taman kota terbaik di Jakarta

Sumber gambar: SUDIN PUSAR Jakarta Selatan

Daerah Jakarta Selatan diwakili oleh taman Tabebuya. Taman kota ini terletak di daerah Jagakarsa. Salah satu pembeda dari taman kota ini adalah karena keberadaan pohon rindang, pemandangan alam indah tersaji pada taman ini. Selain menikmatan keindahan alam, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas fisik di tempat ini, seperti berlari di jogging track yang disediakan, bermain lempar tangkap dengan anak, bulu tangkis, hingga yoga.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Selain itu, taman di Jakarta ini juga sering dipadati pengunjung untuk berpiknik di area sekitar rerumputan, dan juga memiliki perpustakaan mini. Taman ini dinamakan Tabebuya karena tumbuhan ikonik yang tumbuh di sekitar taman, memiliki bentuk dan warna mirip seperti pohon sakura dari Jepang. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area taman ya ketika bermain ataupun berpiknik.

Taman Suropati

taman kota terbaik di Jakarta

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Terletak di kawasan elit daerah Menteng, taman di Jakarta ini adalah salah satu taman kota tertua di Jakarta. Dahulu disebut dengan nama Burgemeester Bisschopplein, kini taman ini dikenal sebagai Taman Suropati, dan terletak persis di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu jalan Teuku Umar, jalan Diponegoro, serta jalan Imam Bonjol. Taman Suropati dihias dengan berbagai ornamen seni, yaitu enam monumen dari enam pendiri negara ASEAN. Bila akhir pekan telah tiba, banyak aktivitas dapat kamu lakukan di tempat ini lho! Beberapa pemuda ada yang memanfaatkan kesempatan untuk berjualan dan mencari bantuan dana, sementara lainnya biasanya membuat kelas musik terbuka, seperti belajar gitar atau biola.

Menarik bukan, tak hanya bisa menikmati udara segar namun juga sembari belajar?

Taman Ayodya

taman kota terbaik di Jakarta

Sumber gambar: Enjoy Jakarta

Salah satu taman kota riuh dengan kehadiran danau buatan dapat kamu temukan di taman Ayodya. Berdiri di atas tanah seluas 7.500 meter persegi, taman ini sepintas terlihat seperti pulau dengan bentuk bundar. Dilengkapi trek jogging seluas 1.700 meter persegi, tempat ini menjadi pilihan masyarakat untuk berolahraga, serta dengan berbagai sarana penunjang seperti gazebo, pendopo, kursi taman, dan internet nirkabel, membuat taman ini dicintai oleh warga sekitar dan para pengunjung. Taman Ayodya bertempat di Barito, Jakarta Selatan, yang dahulunya merupakan pasar ikan hias dan pertokoan bunga.

Taman Situ Lembang

taman kota terbaik di Jakarta

Sumber gambar: Jakarta Tourism Office

Kembali pada daerah perumahan elit Menteng, ada taman Situ Lembang. Taman kota ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta. Terdapat danau buatan di tengahnya, lengkap dengan keberadaan air mancur, teratai, dan bunga-bunga cantik lainnya. Taman ini biasanya digunakan oleh para pengunjungnya untuk bersantai, duduk-duduk pada area rerumputan, ataupun untuk berolahraga ringan seperti lari. Bagi kamu membawa anak-anak, tak usah khawatir karena pastinya tersedia fasilitas permainan anak.

Baca juga: 5 Lokasi Berburu Barang Antik di Jakarta

Tertarik mengisi akhir pekan dengan berpetualang ke taman-taman di Jakarta tersebut? Seru pastinya habiskan waktu dengan bermain bersama keluarga melakukan berbagai kegiatan, bersenang-senang dengan pasangan, dan terutama melakukan aktivitas olahraga untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar menjadi lebih sehat!

sepatu roda

Bagikan Artikel