5 Tarian Daerah Jawa Barat yang Harus Dilestarikan

0
43378
Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat

Tarian Daerah Jawa Barat – Republik Indonesia terdiri dari belasan ribu pulau dengan jumlah populasi yang saat ini mencapai 260 juta penduduk. Tidak hanya terdapat banyak penduduk, negara kita juga sangat kaya akan kebudayaan dan kearifan lokal di masing-masing daerah.

Kebudayaan daerah memiliki berbagai macam bentuk. Hasil kebudayaan paling terkenal dan mudah dikenali sebagai ciri khas satu kebudayaan adalah tarian tradisional. Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia yang masih sangat menjaga berbagai tarian khas yang dimilikinya.

Maraknya kasus pencurian kebudayaan mengingatkan kita sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang cinta Tanah Air untuk melestarikan semua kebudayaan yang original. Berikut ini adalah tarian daerah Jawa Barat yang harus dilestarikan agar anak dan cucu kita masih bisa menikmatinya.

Baca Juga: 7 Lagu Anak-Anak Indonesia Melegenda

Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat

Tari Ronggeng Bugis

tarian tradisional daerah jawa barat
Sumber Gambar: Abdul Rasyid

Bugis merupakan suku yang berasal dari wilayah Sulawesi Selatan. Namun, mengapa termasuk sebagai tarian daerah Jawa Barat? Salah satu versi cerita rakyat menjelaskan bahwa pada zaman dahulu kerajaan Cirebon, yang saat ini wilayahnya tergabung ke dalam wilayah Jawa Barat, berhubungan baik dengan kerajaan Bugis dan bekerjasama dalam meraih kejayaan dan menghadapi para musuh.

Karena itulah, tari Ronggeng Bugis termasuk sebagai salah satu tarian tradisional daerah Jawa Barat yang harus kita lestarikan. Tarian daerah ini tercipta dari kisah-kisah tersebut dan hingga saat ini masih dipertunjukkan dengan formasi penari 12 hingga 20 orang.

Tari Jaipong

tarian tradisional daerah jawa barat
Sumber Gambar: Kamera Budaya

Kamu pasti sudah mengenal tari Jaipong saat di bangku sekolah dasar (SD) bukan? Tarian daerah Jawa Barat ini memadukan kebudayaan, seni musik, seni bela diri, dan kondisi sosial pada era 1970-an yang diciptakan oleh H. Suanda di daerah Karawang.

Tarian tradisional asli Indonesia ini dibawakan ke Bandung oleh sejumlah seniman dan mendapat apresiasi dari masyarakat Bandung sebagai tari pergaulan. Tidak perlu waktu lama, tari Jaipong terkenal ke seluruh Nusantara sebagai tarian daerah Jawa Barat yang ikonik.

Tari Wayang

tarian tradisional daerah jawa barat
Sumber Gambar: Cinta negeri

Wayang adalah hasil perpaduan kebudayaan antara Jawa dan Sunda. Selain pertunjukan Wayang Golek, ada pula tari Wayang yang bertumbuh dan berkembang pesat di wilayah Jawa Barat, sehingga dikenal sebagai tarian Wayang Jawa Barat.

Tarian ini menceritakan kisah-kisah pertunjukan Wayang itu sendiri dan diiringi oleh instrumen musik gamelan.

Baca Juga: Mengenal 7 Alat Musik Tradisional Asli Indonesia yang Mendunia

Tari Topeng Cirebon

tarian daerah jawa barat
Sumber Gambar: Sebandung

Tarian daerah khas Jawa Barat ini berkembang di wilayah kesultanan Cirebon yang mencakup beberapa wilayah di provinsi Jawa Tengah seperti Brebes. Seperti namanya, tari Topeng Cirebon mementaskan penari yang mengenakan topeng saat pertunjukan. Karakter topeng diangkat dari kisah-kisah Wayang.

Setiap daerah memiliki ciri khas gerakan tari Topeng Cirebon tersendiri, namun masih menggunakan instrumen musik pengiring yang sama yaitu gamelan.

Tari Merak

tarian daerah jawa tengah
Sumber Gambar: Qudsfata

Burung merak menjadi inspirasi dari tarian yang satu, tepatnya di wilayah Pasundan. Tari Merak lahir dari buah pikiran Raden Tjetje Somantri. Tari Merak mempertunjukan gerakan burung Merak yang selalu memamerkan bulu indahnya guna menarik merak betina. Dalam pertunjukan, para penari menggunakan kostum yang terlihat indah dengan warna yang atraktif.

Baca Juga: Wow! Ternyata 5 Warisan Budaya Indonesia Ini Sudah Mendunia Loh!

Toppers, dengan mengenal kebudayaan daerah seperti tarian tradisional dan membantu menyebarkan pengetahuan agar orang lain juga mengetahuinya merupakan bentuk pelestarian kebudayaan daerah.

Share artikel ini ke orang-orang sekitar dan kamu telah berkontribusi dalam melestarikan tarian daerah Jawa Barat! Dapatkan juga baju adat untuk anak-anak yang terlengkap dan dengan harga termurah di Tokopedia!