Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tata Cara Penyembelihan Hewan Qurban yang Benar Menurut Islam

05 July 2021
Share
Tata Cara Penyembelihan Hewan Qurban yang Benar Menurut Islam

Bagi kamu yang bertugas sebagai panita Idul Qurban tahun 2021, berikut ini tata cara penyembelihan hewan qurban yang lengkap menurut Islam.


Tak terasa Hari Raya Idul Adha akan datang sebentar lagi. Pada hari raya ini, seluruh umat Islam yang memiliki kelapangan harta dan berkecukupan dianjurkan untuk melakukan qurban

Qurban adalah sebuah ibadah di mana seorang muslim membeli hewan ternak yaitu sapi, kambing, domba, atau unta untuk disembelih.

Namun, penyembelihan hewan qurban tidak dapat dilakukan sembarangan karena terdapat tata cara penyembelihan hewan qurban yang harus diikuti.

baner qurban online tokopedia
Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Persiapkan qurban lebih mudah, aman dan cepat melalui Qurban Online di Tokopedia. Yuk, beli sekarang dan tuntaskan kewajibanmu!

Baca Juga: Manfaat dan Hukum Qurban Saat Idul Adha

Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban

Penyembelihan hewan qurban adalah menghilangkan ruh dari hewan dengan cara memotong tenggorokan dan kerongkongan serta dua urat nadi dengan alat yang tajam namun bukan menggunakan gigi atau tulang.

Nah, jika kamu ingin mengetahui tata cara penyembelihan hewan qurban secara lengkap, simak penjelasan di bawah ini, ya, Toppers!

1. Pertama, rebahkan hewan qurban lalu ikat kakinya dan hadapkan tubuhnya ke bagian rusuk kiri agar mudah disembelih.

2. Penyembelih dan hewan qurban menghadap ke arah kiblat

3. Awali proses penyembelihan dengan bacaan basmalah yang berbunyi, “Bismillahi Allahu Akbar” yang artinya “Dengan menyebut nama Allah, Allah yang Maha Besar”

4. Potong urat nadi dan kerongkongan yang ada pada bagian kanan dan kiri hewan hingga putus. Pastikan kedua urat tersebut putus dalam sekali potong.

5. Untuk hewan kurban yang lehernya agak panjang, maka menyembelihnya harus di pangkal leher sebelah atas agar ia lekas mati.

6. Jika hewan qurban liar atau jatuh ke dalam lubang dan menyebabkan kesulitan untuk proses penyembelihan, penjagalannya dapat dilakukan di bagian tubuh mana saja di badannya selama kematian hewan qurban disebabkan oleh sembelihan bukan karena penyebab lain.

7. Pastikan hewan qurban benar-benar mati sebelum dikuliti untuk menghindari rasa sakit pada hewan.

8. Ikat kaki belakang hewan untuk memudahkan proses selanjutnya.

9. Ikat saluran makanan dan dubur hewan kemudian kuliti seluruh tubuhnya.

10. Keluarkan isi dalam hewan qurban dan pisahkan kemudian potong seluruh bagian dan bagikan.

11. Selama masa pandemi, penyembelih harus menerapkan protokol kesehatan seperti memastikan kondisi tubuh berada dalam keadaan yang sehat dan menjaga jarak.

Syarat Hewan Kurban

tata cara menyembelih hewan qurban
Sumber gambar: Pexels

Hewan qurban didapatkan dengan cara yang baik dan berada dalam kondisi yang baik pula. Binatang yang dijadikan hewan qurban sebaiknya merupakan hewan gemuk, sehat, tidak cacat seperti buta atau pincang.

Tak hanya itu, usia hewan qurban pun perlu diperhatikan. Berikut adalah rincian persyaratan usia hewan qurban:

– Unta: 5 tahun ke atas (1 ekor unta dapat dijadikan sebagai hewan qurban bagi 10 orang)

– Sapi: 2 tahun ke atas (1 ekor sapi dapat dijadikan sebagai hewan qurban bagi 7 orang)

– Domba: 1 tahun ke atas  (1 ekor domba hanya dapat dijadikan sebagai hewan qurban bagi 1 orang)

– Kambing: 1 tahun ke atas (1 ekor kambing hanya dapat dijadikan sebagai hewan qurban bagi 1 orang)

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melaksanakan Qurban

tata cara penyembelihan hewan qurban
Sumber gambar: Unsplash

Sebelum melaksanakan pemotongan hewan qurban, ada banyak hal-hal yang perlu kamu perhatikan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Pisau atau alat yang digunakan untuk menyembelih harus tajam agar proses kematian jadi lebih cepat dan tidak menyakiti hewan qurban.

2. Jangan melakukan penyembelihan hewan dengan tujuan lain yang tidak diridhai oleh Allah seperti untuk persembahan pada nenek moyang atau upacara kemusyrikan lainnya.

3. Penyembelih hewan qurban harus beragama Islam.

Baca Juga: 7 Jenis Kambing Terbaik yang Cocok Untuk Kurban

Nah, itulah tata cara penyembelihan hewan qurban. Apakah kamu akan melaksanakan qurban pada tahun ini, Toppers? Jika iya, kamu bisa menemukan hewan kurban pilihan di Tokopedia!

Selain itu, kamu juga bisa melakukan qurban online yang praktis, ekonomis, dan amanah melalui Tokopedia Salam. Jadi, tunggu apa lagi. Segera kunjungi Tokopedia dan penuhi kewajibanmu sekarang juga.

Pilihan _hewan_qurban
Temukan pilihan hewan Qurban di Tokopedia sesuai kemampuanmu. Beribadah lebih mudah dan dapatkan banyak keuntungannya, sesuai dengan S&K yang berlaku.

Penulis: Nabila Khaerunnisa

TAGS
Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

Final FA Cup 2023 Man United vs Man City: Prediksi Skor, Line-up, Formasi, dan H2H
Topik Seru Lainnya
Final FA Cup 2023 Man United vs Man City: Prediksi Skor, Line-up, Formasi, dan H2H
© 2009-2023, PT Tokopedia