9 Destinasi Wisata Alam Terbaik di Jakarta

1999
tempat wisata alam di Jakarta

Wisata Alam di Jakarta – Jakarta yang merupakan ibukota negara Indonesia terkenal sebagai kota metropolitan yang identik dengan gedung-gedung pencakar langit. Namun, dibalik itu Kota Jakarta masih menyimpat beberapa spot dengan keindahan bernuansa alam yang wajib dikunjungi.

Butuh refreshing sejenak dari hiruk-pikuk Kota Jakarta? Yuk, kunjungi berbagai destinasi tempat wisata alam terbaik di Kota Jakarta berikut ini!

Baca juga: 12 Destinasi Liburan Sekitar Jakarta yang Praktis dan Dekat

Tempat Wisata Alam Terbaik di Jakarta

Hutan Kota Srengseng

tempat wisata alam di jakarta - hutan kota srengseng

Sumber gambar: Trubus

Tempat wisata bernuansa alam di Jakarta yang pertama merupakan “paru-paru” bagi Kota Jakarta Barat. Ditumbuhi ribuan pohon rindang dari sekitar 60 varietas vegetasi, Hutan Kota Srengseng merupakan destinasi wisata alam dimana kamu bisa menghabiskan aktivitas bersama keluarga dengan  jogging di jogging trek atau juga memancing ikan di danau yang terdapat di dalam hutan kota ini.

Mangrove PIK dan Taman Wisata Angke Kapuk

tempat wisata alam di jakarta - mangrove

Sumber gambar: Flickr

Kota Jakarta yang merupakan kawasan yang bersentuhan langsung dengan laut sudah sewajarnya memiliki kawasan hutan mangrove alias bakau. Toppers bisa menemukan kawasan wisata alam hutan bakau ini di Mangrove Pantai Indak Kapuk ataupun Taman Wisata Angke Kapuk.

Destinasi ekowisata ini menawarkanmu pemandangan hutan bakau yang cantik dilengkapi beberapa fasilitas rekreasi untukmu dan keluarga. Beberapa pondok kayu yang berada di atas air-pun tersedia untukmu yang tertarik bermalam di tempat wisata alam satu ini.

Perlengkapan jogging

Kepulauan Seribu

tempat wisata alam di jakarta - pulau seribu

Sumber gambar: Wikimedia

Kepulauan Seribu memang sudah terkenal sebagai salah satu tujuan wisata alam Jakarta yang paling diminati. Banyak hal yang bisa dilakukan saat rekreasi ke gugusan pulau-pulau indah yang berada di utara Kota Jakarta ini. Mulai dari snorkeling, bermain di pantai, hingga menjelajahi benteng tua peninggalan Belanda di Pulau Onrust.

Pulau-pulau di Kepulauan Seribu yang bisa jadi tujuan wisata bernuansa alam untukmu antara lain Pulau Bidadari dan Pulau Putri. Namun, untuk yang ingin wisata hemat, Pulau Tidung, Pulau Harapan, serta Pulau Pramuka bisa jadi alternatif tempat berlibur di Kepulauan Seribu.

Setu Babakan

tempat wisata alam di jakarta - setu babakan

Sumber gambar: Flickr

Pilihan wisata bernuansa alam di Jakarta selanjutnya adalah Seru Babakan yang berlokasi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Ekosistem Danau ini nggak hanya tempat menikmati pemandangan alam tapi juga destinasi untuk mempelajari kebudayaan Betawi.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Di lokasi wisata alam ini terdapat rumah adat Betawi dan juga sanggar kesenian. Setu Babakan juga bisa jadi tujuanmu untuk berburu kuliner khas Betawi. Bosan menikmati Danau dari pinggiran? Tenang, Toppers bisa menyewa perahu kecil untuk menyusuri keindahan Danau di kawasan Setu  Babakan.

Tanah Tingal

tempat wisata alam di jakarta tanah tingal

Sumber gambar: geDoor

Tanah Tingal merupakan destinasi wisata edukasi di kawasan Ciputat yang difokuskan untuk kegiatan dan aktivitas kreatif serta interaksi dengan alam. Dengan luas area 10 hektar dan dirimbuni pepohonan rindang, destinasi wisata ini juga memberikan suasana alami yang menyejukkan.

Lokasi wisata alam ini daya tarik alam berupa kebun bunga anggrek, danau, rawa, kebun sayur yang bisa Toppers petik dan masak untuk disantap bersama keluarga disana. Kamu juga bisa menikmati rindangnya pepohonan dengan menggunakan sepeda menyusui jalur bersepeda yang disediakan di tempat wisata alam Tanah Tingal ini.

Taman Suropati

tempat wisata alam di jakarta taman suropati

Sumber gambar: Wikimedia

Meski bukan benar-benar berada di alam, Taman Kota Suropati bisa banget jadi alternatif wisata alam bersama keluarga di tengah kesibukan kota Jakarta. Belokasi di pusat kawasan Menteng, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru di taman ini mulai dari jogging, bersepeda, hingga sekedar menikmati suasana alam di Taman Suropati.

Taman ini juga merupakan kawasan yang sangat penting terutama bagi negara ASEAN karena disini terdapat beberapa monumen dari negara-negara ASEAN.

Baca juga: Dunia Fantasi (Dufan) Ancol – Taman Hiburan di Jakarta

Pantai Festival Ancol

taman festival ancol

Sumber gambar: Wikimedia

Salah satu ikon wisata alam Kota Jakarta adalah Pantai Festival yang berada di kawasan Ancol. Di kawasan Ancol ini Toppers nggak cuma bisa plesiran di pinggiran pantai namun juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti bermain sepeda, menikmati matahari terbenam di di dermaga atau menikmati kuliner dari berbagai restaurant di kawasan wisata alam ini.

Taman Mini Indonesia Indah

tempat wisata alam taman mini indonesia indah

Sumber gambar: Wikimedia

Ingin berwisata alam sekaligus mempelajari mengenai Indonesia? Jika ya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa jadi destinasi wisata alam di Jakarta pilihanmu. Nggak cuma pesona taman dan juga alam, di kawasan TMII juga terdapat berbagai museum dan juga rumah adat Indonesia.

Wahana rekreasi lainnya di TMII yang menarik adalah Teater Keong Mas, Taman Burung, Museum Air Tawar, dan berbagai hal seru lainnya.

Kebun Binatang Ragunan

tempat wisata alam di jakarta ragunan

Sumber gambar: Wikimedia

Destinasi wisata alam keluarga di Jakarta lainnya adalah Kebun Binatang Ragunan di kawasan Jakarta Selatan. Nggak cuma menikmati taman-taman alam buatan, kamu dan keluarga juga bisa melihat berbagai satwa yang ada di obyek wisata alam satu ini, lho.

Baca juga: 9 Cafe Boardgame Seru buat Nongkrong di Jakarta dan Sekitarnya

Itulah berbagai destinasi wisata alam di Kota Jakarta yang bisa jadi tujuan refreshing keluarga di akhir pekan. Jangan lupa siapkan pocket camera, tongsis, dan berbagai perlengkapan traveling-mu agar wisata akhir pekan bersama keluarga jadi lebih seru dan maksimal!

perlengkapan traveling

Bagikan Artikel