12 Tempat Wisata di Bangka Belitung Terbaik

1611
pantai pulau bangka - pantai pasir padi

Wisata di Bangka Belitung – Bangka Belitung adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan objek pariwisata-nya. Terdiri dari berbagai pulau dengan dua pulau terbesar yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung, Bangka Belitung memiliki banyak sekali wisata alam yang bisa jadi destinasi liburan Toppers untuk me-refresh kepenatan para penggila traveling.

Yuk intip berbagai tempat wisata Bangka Belitung terbaik yang wajib Toppers kunjungi berikut!

Baca juga: 7 Pantai Indonesia Yang Tidak Kalah Dari Maldives

Tempat Wisata Terbaik di Bangka Belitung

1. Pulau Lengkuas

objek wisata belitung - Pulau Lengkuas

Sumber gambar: Wikimedia

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau kecil dalam gugusan kepulauan Bangka Belitung. Yang menjadikan pulau Lengkuas sebagai salah satu objek wisata Belitung terbaik nggak hanya pantai indah dengan pasir putih yang dimilikinya tetapi juga karena keberadaan sebuah mercusuar berusia ratusan tahun yang memiliki nilai sejarah. Mercusuar ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun pada 1882.

Selain itu, disekitar pulau Lengkuas terdapat beberapa pulau-pulau batu granit yang bisa Toppers jangkau hanya dengan berjalan melintasi laut dangkal. Seru, bukan?

2. Pantai Tanjung Tinggi

tempat wisata Belitung - Pantai Tanjung Tinggi

Sumber gambar: Wikimedia

Tempat wisata Belitung selanjutnya pasti sangat familiar jika Toppers merupakan penggemar dari film Laskar Pelangi. Ya, tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi yang berada Desa Ciput, Kabupaten Belitung ini merupakan salah satu tempat pengambilan gambar dari film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata tersebut.

Selain pasir putih dan air laut yang jernih, keberadaan batu-batu besar menjadikan panorama Pantai Tanjung Tinggi semakin eksotis yang pas untuk bidikan kamera DSLR-mu!

3. Museum Kata – Andrea Hirata

Objek Wisata Belitung - Museum Kata Andrea Hirata

Sumber gambar: Museum Kata Andrea Hirata

Satu lagi lokasi wisata Belitung yang cocok banget untuk penggemar Laskar Pelangi adalah Museum Kata. Museum ini berlokasi di Desa Gentong pulau Belitung, tak jauh dari sekolah SD Laskar Pelangi. Nggak cuma potongan-potongan adegan dari film Laskar Pelangi, di Museum yang memiliki Interior bergaya artsy ini Toppers bisa mempelajari berbagai literatur dan seni baik dari dalam dan luar negeri.

Budaya dan kearifan lokal juga sangat terasa di museum ini. Seperti kehadiran ruang yang berisi kata-kata dalam dialek lokal Belitung yang sudah mulai jarang digunakan hingga informasi geografis mengenai pulau ini.

4. Perkampungan Simpang Gedong – China Town Pulau Bangka

Kampung Cina Simpang Gedong Bangka

Sumber gambar: Sport Tourism

Meski terkenal akan wisata pantai dan laut, berkunjung ke Bangka Belitung nggak melulu harus berwisata pantai, lho. Salah satu objek wisata Bangka yang bukan pantai adalah keberadaan Perkampungan Tionghoa Simpang Gedong.

Berada di Desa Gedung, Kecamatan Belinyu, Pulau Bangka, kawasan perkampungan simpang gedong kental akan budaya Tionghoa. Bisa dibilang, kawasan ini merupakan China Town dari pulau Bangka.

5. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai di Bangka - Pantai Tanjung Kelayang

Sumber gambar: Kitanesia

Seperti pantai di Bangka pada umumnya, Pantai Tanjung Kelayang dipenuhi oleh formasi batu granit besar yang indah. Toppes juga akan dimanjakan jernihnya air laut serta pasir pantai yang masih sangat bersih. Pantai yang berada di Sinar Baru, Sungai Liat, pantai ini merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Pulau Batu Berlayar

pantai batu berlayar - Belitung

Sumber gambar: Sumber

Disebut Batu Berlayar karena di tempat wisata Bangka Belitung satu ini terdapat dua buah batu granit raksasa menjulang layaknya layar sebuah perahu sehingga membuat orang menyebut pulau ini sebagai pulau Batu Berlayar.

Membutuhkan waktu 15 menit dari pelabuhan Tanjung Kelayang untuk mencapai pulau ini. Formasi batu granit yang eksotis serta air laut yang jernih membuat destinasi wisata ini paling pas buat Toppers yang suka bermain air di Laut.

7. Pantai Tikus

pantai tikus bangka

Sumber gambar: Nesia

Meskipun memiliki nama Pantai Tikus, pantai ini memiliki keindahan alam sangat indah. Selain keasrian alam dimiliki pantai ini, di atas perbukitan sekitar pantai juga berdiri kuil-kuil yang dulunya digunakan sebagai tempat peribadatan masyarakat Tionghoa di daerah tersebut.

8. Gunung Menumbing

objek wisata bangka - bukit menumbing

Sumber gambar: Info

Objek wisata di pulau Bangka selanjutnya adalah Gunung Menumbing yang memiliki ketinggian sekitar 355 meter di atas permukaan air laut. Berlokasi di Desa Air Belo, mentok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung, tempat ini pernah menjadi tempat dimana Bung Karno dan Bung Hatta diasingkan oleh Belanda pada tahun 1948-1949.

Selain nilai sejarah tersebut, gunung ini sendiri memiliki keindahan alam yang akan memanjakan mata Toppers yang berkunjung ke tempat ini!

tas gunung

9. Museum Timah

objek wisata bangka - museum timah

Sumber gambar: Sport Tourism

Jika berkunjung ke pulau Bangka, salah satu tempat wisata pulau Bangka yang bisa Toppers kunjungi adalah Museum Timah. Seperti yang diketahui, Provinsi Bangka Belitung merupakan salah satu penghasil timah nasional. Museum ini bahkan menjadi satu-satunya Museum Timah yang ada di dunia hingga saat ini.

Nggak cuma bisa mempelajari proses penambangan dan berbagai jenis timah, Toppers juga bisa melihat perkembangan sejarah industri pertambangan timah di Bangka Belitung.

10. Danau Kaolin

wisata bangka - danau kaolin

Sumber gambar: Wikimedia

Jika Toppers pernah berkunjung ke kawah putih di Jawa Barat, Belitung punya panorama serupa yang berada di objek wisata Danau Kaolin. Bedanya, Danau Kaolin tak terbentuk dari kawah gunung vulkanik sehingga tak ada bau belerang yang menyengat saat berkunjung kesini.

Daratan sekitar danau yang putih bersih ditambah permukaan air danau berwarna kebiruan memberikan panorama cantik tak terlupakan bagi siapapun yang mengunjungi tempat wisata ini.

11. Bangka Botanical Garden

wisata bangka - botanical garden

Sumber gambar: Indonesia Tourism

Jika berkunjung ke pulau Bangka, jangan sampai Toppers lupa untuk mengunjungi ikon argowisata Bangka Belitung satu ini. Bersebelahan dengan Pantai Pasir Padi, Bangka Botanical Garden nggak sekedar menawarkan panorama alam menyejukkan, tapi juga pengalaman mempelajari secara langsung bagaimana pertanian, peternakan, dan juga perikanan organik di jalankan. Sambil berlibur, bisa sambil belajar!

12. Pantai Pasir Padi

pantai pulau bangka - pantai pasir padi

Sumber gambar: Wisata Lengkap

Pantai Pasit Padi berlokasi dekat dengan ibukota provinsi Bangka Belitung, Pangkal Pinang. Di pantai ini Toppers akan menikmati pemandangan indahnya batu-batu karang yang berada di pinggiran Pantai. Selain itu, buat pecinta kuliner, area sekitar Pantai Pasir Padi merupakan salah satu spot wisata kuliner terbaik di pulau Bangka dimana Toppers bisa menikmati berbagai seafood khas pulau Bangka.

Baca juga: 12 Destinasi Wisata Religi dengan Asal Usul yang Dijamin Bikin Tercengang!

Itulah berbagai tempat wisata di Bangka Belitung terbaik yang bisa Toppers kunjungi jika berkunjung ke negeri Laskar Pelangi ini. Jangan lupa, siapkan perlengkapan traveling mulai dari backpack traveling dan kamera terbaik-mu untuk menangkap momen-momen berharga selama berlibur ke Bangka Belitung lewat Tokopedia. Selamat berlibur!

kamera mirrorless
Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel