Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Menjelajahi 17 Tempat Wisata di Solo Paling Favorit

01 October 2021
Share
Menjelajahi 17 Tempat Wisata di Solo Paling Favorit

Inilah deretan tempat wisata di Solo terbaik. Lokasinya seru dan dijamin cocok untuk didatangi bersama keluarga ataupun teman!


Apakah Toppers sedang ingin berkunjung ke kota Solo? Jika iya, kamu wajib menyimak artikel ini sampai habis! 

Kota Solo atau yang juga dikenal dengan nama Surakarta adalah kota besar yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini memiliki slogan pariwisata “Solo The Spirit of Java”, yang memiliki makna bahwa kota Solo adalah pusat kebudayaan Jawa.

Sesuai dengan slogannya, kota ini memang kaya akan kebudayaan dan daya tarik pariwisata yang wajib kamu kunjungi.

Mulai dari destinasi wisata bentang alam, kebudayaan, sejarah, hingga kuliner. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak deretan tempat wisata di Solo yang populer dan kerap diincar oleh para wisatawan

Tempat Wisata di Solo yang Instagramable & Wajib Dikunjungi

1. Air Terjun Jumog

tempat wisata di solo
Sumber gambar: Super Adventure

Air terjun Jumog adalah pilihan wisata alam selanjutnya yang wajib kamu kunjungi. Air terjun setinggi 30 meter ini terletak di lereng Gunung Lawu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, atau sekitar 41 km dari Solo. 

Selain menyejukkan mata, Toppers juga bisa berpiknik di tepi sungai dan merasakan pengalaman bermain di sungai yang mengalir pada bagian bawahnya, lho! 

Harga tiket masuk yang dibanderol juga sangat murah, Toppers. Hanya dengan Rp 5.000, kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang indah dari Air Terjun Jumog.

Baca Juga: 28 Tempat Wisata di Bogor yang Hits di Tahun 2021

2. The Heritage Palace Solo

tempat wisata di solo
Sumber gambar: Java Travel

Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa merasakan wisata bernuansa Eropa di Indonesia. Terletak di jalan Permata Raya Dukuh Tegalmulyo, The Heritage Palace Solo menjadi tempat wisata favorit oleh banyak wisatawan. 

Bagaimana tidak? Hampir setiap sisi tempat ini memiliki spot yang modern dan instagrammable! Ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai foto, Toppers. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati wahana Museum Transportasi, Museum 3D Trick Art, Museum Industri, Omah Kwalik, dan masih banyak lagi.

3. Keraton Surakarta

tempat wisata di solo
Sumber gambar: catatansimiko

Kota Solo sarat akan perjalanan sejarah dari Kesultanan Mataram. Sisa-sisa dari perjalanan panjang sejarah ini masih bisa Toppers lihat dengan berkunjung ke Keraton Surakarta, yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada 1744 sebagai pengganti Keraton Kartasura yang telah hancur.

Tak cuma terkenal sebagai salah destinasi wisata di Solo, bangunan bersejarah ini sampai sekarang digunakan sebagai tempat tinggal Sri Sunan. Dengan berbagai bangunan yang terdapat di kompleks Keraton Surakarta ini, mulai dari museum, alun-alun, dan sebagainya, Toppers masih bisa melihat berbagai koleksi peninggalan Kasunanan yang bersejarah.

4. Grojogan Sewu Tawangmangu

Berlokasi sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Solo, Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan destinasi wisata alam favorit yang bisa Toppers kunjungi saat berada di Solo. Air terjun setinggi 80 meter ini merupakan salah satu yang tertinggi yang bisa Toppers temukan di wilayah Jawa Tengah.

Namun, untuk bisa mencapai lokasi air terjun, Toppers harus mendaki setidaknya 1.000 anak tangga. Tapi, panorama alam yang indah pada sisi-sisi tangga tentu membuat pendakian ini tak terasa melelahkan.

5. Kampung Batik Kauman

tempat wisata di solo
Sumber gambar: KSM Tour

Dikenal sebagai salah satu Kota Batik selain Pekalongan dan Yogyakarta, tentu tak lengkap singgah ke Solo tanpa berburu Batik. Salah satu tempat yang pas untuk menjelajahi keindahan Batik di Solo adalah Kampung Batik Kauman.

Beragam jenis batik, mulai dari batik tulis tradisional hingga batik modern bisa Toppers temukan di sini. Tak sedikit wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri yang sengaja singgah ke obyek wisata Solo satu ini hanya untuk membeli Batiknya yang terkenal, lho.

6. Museum Batik Danarhadi

Tempat wisata di Solo lainnya yang bisa Toppers kunjungi untuk mempelajari kekayaan budaya Batik di Solo adalah Museum Batik Danarhadi.

Destinasi tempat wisata Solo satu ini menawarkan beragam motif dan pola batik dari berbagai wilayah di seluruh Nusantara, lho.

Mulai dari batik klasik hingga kontemporer bisa Toppers temukan disini. Di obyek Wisata Solo ini kamu juga bisa menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan Batik, lho.

7. Pura Mangkunegaran

tempat wisata di solo
Sumber gambar: GNFI

Destinasi wisata sejarah di Solo selain Keraton Surakarta adalah Pura Mangkunegaran, istana megah yang dibangun sebagai tempat kediaman para pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran.

Obyek wisata Solo satu ini merupakan salah satu pusat budaya dan seni Kota Solo dimana Toppers bisa menemukan koleksi-koleksi dari peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Selain itu, setiap Rabu juga Toppers bisa menyaksikan pertujukkan Gamelan di tempat wisata Solo satu ini.

8. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro adalah destinasi wisata belanja yang berada di Jalan Diponegoro. Buka setiap malam hari di akhir pekan, destinasi wisata Solo ini cocok untuk Toppers yang sedang mencari tempat belanja sekaligus kulineran dengan harga yang terjangkau.

Beragam produk mulai dari fashion, aksesoris, barang-barang seni, hingga kuliner tradisional dan modern bisa Toppers temukan disini.

9. Galabo Solo

Tempat wisata Solo selanjutnya ini merupakan pilihan untuk Toppers yang gemar kuliner malam. Berada di Jalan Mayor Sunaryo, Toppers bisa berkunjung ke Galabo Solo (Gladak Langen Bogan) dimana berbagai penjual makanan khas Solo bisa dicoba.

Baca juga: 10 Foto Pemandangan Alam yang Jadi Bukti Keindahan Alam Indonesia

10. Museum Manusia Purba Sangiran

tempat wisata di solo
Sumber gambar: jatengdaily

Museum Manusia Purba Sangiran merupakan pilihan obyek wisata edukasi di Solo yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Museum ini tak cuma menyimpan berbagai koleksi fosil manusia dan hewan purba tetapi juga menjadi pusat penelitian kehidupan pra sejarah terlengkap di Asia, lho.

11. Museum Radya Pustaka

Museum selanjutnya di Kota Solo yang bisa Toppers kunjungi sebagai obyek wisata adalah Museum Raditya Pustaka Surakarta yang telah berdiri sejak 1890.

Museum ini sendiri merupakan tempat disimpannya berbagai koleksi benda-benda kuno peninggalan sejarah Keraton Mataram dan peninggalan lainnya yang erat kaitannya dengan Kota Solo dan Surakarta seperti Gamelan, Arca-arca, Keramik, Keris, buku-buku Kuno, dan benda-benda bersejarah lainnya.

12. Pasar Antik Triwindu

Untuk Toppers yang merupakan penggemar barang-barang antik, Pasat Antik Triwindu bisa jadi pilihan destinasi wisata belanja di Solo yang tepat untukmu.

Barang-barang antik seperti batik kuno, uang-uang kuno, koleksi barang otomotif langka, hingga lukisan dan ornamen antik bisa Toppers cari di pasar yang berada di Jalan Diponegoro ini.

13. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah sebuah kompleks pertamanan yang telah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X dan merupakan tempat penyelenggaraan rutin hiburan Malam Selikuran.

Salah satu fasilitas di obyek wisata Solo ini adalah Gedung Wayang Orang Sriwedari yang menjadi tempat pementasan pertunjukan wayang orang.

14. Benteng Vastenburg

Untuk menjelajahi sejarah di Solo, Benteng Vastenburg yang dibandung sejak 1745 ini merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa Toppers sambangi.

Dibandung atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff, benteng ini awalnya merupakan pusan kontrol pemerintahan Keraton Surakarta.

Meskipun sebagian dari bangunan benteng ini sudah berupa puing-puing, masih ada sisa-sisa struktur kokoh dari saksi bisu pendudukan Belanda di daratan Jawa ini yang bisa Toppers eksplorasi.

15. Bendungan Colo, Sukoharjo

Bendungan yang berada di kawasan Sukoharjo ini sebenarnya dibandung sebagai fasilitas penampung air.

Namun, karena keunikan strukturnya, bendungan Colo menjelma menjadi salah satu tujuan wisata di Solo, khususnya bagi kamu yang mencari tempat foto yang instagramable.

16. Candi Sukuh

tempat wisata di solo
Sumber gambar: wikipedia

Sedikit menepi ke Kabupaten Karanganyar, Toppers bisa coba kunjungi Candi Sukuh. Peninggalan kuno bercorak Hindu ini pertama kali ditemukan oleh Thomas Stanford Raffles pada 1815.

Struktur candi ini memiliki bentuk trapesium yang sekilas menyerupai kuil-kuil suku Maya di Chichen Itza, Meksiko.

Salah satu hal yang terkenal dari obyek wisata satu ini adalah keberadaan replika-replika dengan corak erotis dan dewasa sehingga banyak mitos-mitos yang mengaitkan keberadaan Candi ini dengan hal-hal berbau kesetiaan pasangan.

17. Candi Cetho

Tak jauh dari Candi Suku, Toppers bisa kunjungi Candi Cetho yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Solo.

Candi bercorak Hindu ini diperkirakan dibangun pada era kerajaan Majapahit dan hingga kini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu yang bermukim di sekitar kawasan Candi.

Baca juga: Rekomendasi Itinerary Jogja Terbaik untuk Liburan 4 Hari 3 Malam

Itulah beragam destinasi tempat wisata di Solo yang bisa Toppers jelajahi ketika berlibur ke Kota Batik.

Agar liburan ke Solo lebih praktis, Toppers bisa pesan tiket perjalanan di Tokopedia. Tak hanya itu, berbagai kebutuhan traveling terlengkap bisa Toppers temui di Aplikasi Tokopedia dengan mudah!

TAGS
Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

Daftar Menu CFC, Ayamnya Renyah!
Travel dan Kuliner
Daftar Menu CFC, Ayamnya Renyah!
Editor Picks
8 Stadion Piala Dunia 2022, Megah dengan Anggaran Fantastis!
8 Stadion Piala Dunia 2022, Megah dengan Anggaran Fantastis!
Popular Category
© 2009-2022, PT Tokopedia