Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

22 Tempat Wisata Sukabumi Terbaik dan Terbaru Tahun 2021

01 October 2021
Share
22 Tempat Wisata Sukabumi Terbaik dan Terbaru Tahun 2021

Berikut ini rekomendasi tempat wisata terbaik dan terbaru di Sukabumi, mulai dari geopark, curug, pantai hingga perbukitan. Yuk, simak selengkapnya di sini.


Sejak era kolonial Belanda, Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang menjadi tujuan wisata dan peristirahatan terbaik.

Kota perkebunan yang dikelilingi banyak bentang alam mulai dari curug, pantai, bukit hingga hutan ini juga tergolong dekat dari kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

Tertarik mengunjungi Sukabumi untuk mengisi waktu libur di akhir pekan? Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata kota Sukabumi terbaik dan terbaru

Objek Wisata Sukabumi yang Bagus dan Murah

1. Curug Cimarinjung

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: Jejakpiknik

Curug ini berada di sebuah kampung bernama Cimarinjung di Desa Ciwaru yang masih masuk dalam kawasan Taman Bumi Ciletuh-Pelabuhan Ratu. Tempatnya cukup tersembunyi dan tidak diketahui banyak orang, Toppers.

Untuk menuju ke tempat ini, kamu bisa berjalan kaki dari tempat pemberhentian terdekat atau menggunakan sepeda motor. 

Selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sungai dan hutan di sekitarnya. Air terjun yang tingginya mencapai 100 meter ini dikelilingi bentang alam yang indah dan masih alami.

Lokasi: Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: 27 Tempat Wisata Lembang Terbaru 2021, Populer dan Terfavorit

2. Pantai Amanda Ratu

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: Jejakpiknik

Pantai Amanda Ratu memiliki kemiripan dengan Tanah Lot Bali. Alasannya karena pantai ini memiliki pulau kecil di tengahnya.

Oh iya Toppers, pantai ini masih berada dalam bagian resort Amanda Ratu. Sehingga, untuk ke sini kita harus memasuki resort terlebih dahulu

Dari kota sukabumi, akses kendaraan umum menuju pantai ini cukup jarang. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa kendaraan pribadi.

Lokasi: Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Purwasedar, Ciracap, Sukabumi.

3. Pantai Cimaja

tempat wisata sukabumi
Sumber gambar: pantainesia

Wisata Sukabumi memiliki pesona pantai Selatan pulau Jawa yang menawan. Salah satu objek wisata Sukabumi yang menawarkan panorama ini adalah Pantai Cimaja.

Tujuan wisata Sukabumi satu ini sangat cocok untuk penggemar olahraga surfing. Untuk yang tidak bisa berselancar, bersantai sembari menikmati panorama pantai cantik Cimaja bukanlah hal yang buruk, lho.

Lokasi: Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

4. Danau Bacan

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: iamindonesia

Meskipun disebut Danau Bacan, objek wisata di Sukabumi satu ini sebenarnya adalah lubang bekas galian tambang.

Meskipun begitu, keindahan tebing bebatuan yang mengitarinya serta air danau yang kehijauan karena warna dari batu dan juga vegetasi yang hidup di air membuat tempat wisata favorit di Sukabumi ini tetap menarik untuk disinggahi.

Lokasi: Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

5. Bukit Karang Para

tempat wisata di sukabumi
Sumber Gambar: rudinazar

Sukabumi memiliki keindahan lansekap yang mempesona. Keindahan ini bisa dengan mudah Toppers nikmati dari ketinggian di Bukit Karang Para.

Dengan struktur bambu yang sengaja dibangun untuk berfoto dan menikmati pemandangan, objek wisata di Sukabumi satu ini termasuk spot yang sangat instagramable.

Lokasi: Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi

6. Geopark Ciletuh

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: travelspromo

Untuk Toppers yang berjiwa petualang dan gemar menjelajah keindahan alam, Geopark Ciletuh adalah objek wisata alam di Sukabumi yang wajib dikunjungi.

Selain panorama pepohonan dan persawahan yang asri, ada banyak sekali air terjun eksotis yang terdapat di kawasan alam ini yang bisa Toppers kunjungi.

Beberapa air terjun atau curug yang bisa ditemui di kawasan wisata di Sukabumi ini adalah Curug Cimarinjung, Curug Cikaso, Curug Awang, dan lainnya.

7. Pantai Ombak Tujuh

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: brisik.id

Destinasi wisata pantai di Sukabumi selanjutnya adalah Pantai Ombak Tujuh dengan hamparan pasir putih bersih yang menggoda. Sama seperti pantai selatan umumnya, tujuan wisata di Sukabumi satu ini populer sebagi spot berselancar.

Meskipun memiliki aksesibilitas yang cukup sulit, panorama yang sangat indah tentu sebanding untuk membuatmu memilih singgah ke objek wisata satu ini.

Lokasi: Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Wisata Bandung Terbaik yang Sedang Hits dan Ramai Dikunjungi

8. Tebing Panejoan

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: mediapakuan

Salah satu spot lain untuk membidikkan lensa kamera adalah Tebing Panejoan. Mulai dari hijaunya persawahan dan hutan hingga garis pantai yang kebiruan bisa Toppers nikmati dari tempat wisata Sukabumi satu ini.

Lokasi: Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

9. Wisata Megalitik Cengkuk Sukabumi

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: localguidesconnect

Selain keindahan alam, wisata Sukabumi ternyata menyimpan misteri peradaban kuno era megalitikum. Eksplorasi kawasan bersejarah ini dimulai pada 2008 dan menghasilkan penemuan-penemuan sisa-sisa benda prasejarah.

Di objek wisata Sukabumi ini, Toppers bisa menemukan berbagai peninggalan dan juga monumen-monumen batu prasejarah di bingkai dalam alam liar yang eksotis.

Lokasi: Desa Cengkuk kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi

10. Bravo Adventure

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: istore

Cara lain untuk menikmati keindahan wisata alam di Sukabumi adalah dengan bermalam di alam. Salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi adalah Bravo Adventure dimana Toppers bisa menikmati glamping (camping mewah) di tenda nyaman namun menyatu dengan alam.

Di destinasi wisata Sukabumi satu ini Toppers juga bisa melakukan rafting dan juga paintball jika mampir dengan rombongan.

Lokasi: Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi

11. Gunung Halimun Adventure Journey

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: wisatahalimun

Pesona wisata Alam di Sukabumi memang tiada tanding. Salah satunya bisa Toppers nikmati adalah dengan mengunjungi Halimun Adventure Journey. Menawarkan berbagai panorama bentang alam, Toppers bisa melakukan tracking hingga camping di kawasan wisata Sukabumi satu ini.

Lokasi: Kp. Ciwalen, Malasari, Nanggung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat

12. Kampung Cipta Gelar

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: wisata cibaliung

Ingin merasakan hidup bersama masyarakat adat Sunda? Pengalaman berharga ini bisa Toppers dapatkan dengan singgah ke Kampung Cipta Gelar.

Selain keadaan alam dan perkampungan yang masih tradisional, tujuan wisata adat Sukabumi ini juga masih menjalankan beberapa rutinitas adat budaya menarik yang bisa diikuti.

Lokasi: Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi

13. Gua Buniayu

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: jejakpiknik

Petualanganmu di Sukabumi belum lengkap tanpa menyusuri keindahan dari Gua Buniayu. Komplek gua yang terdiri dari tiga gua ini juga disebut memiliki sistem gua terbaik di Asia Tenggara dengan sistem keamanan bertaraf Internasional.

Objek wisata di Sukabumi satu ini akan memberikanmu panorama stalaktit dan stalakmit yang alami dan eksotis.

Lokasi: Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi

14. Kawah Ratu

tempat wisata sukabumi
Sumber gambar: itrip

Ada banyak rute untuk mencapai destinasi wisata Sukabumi satu ini. Dengan medan yang cukup sulit, Toppers dianjurkan untuk menyewa pemandu agar bisa mencapai ke lokasi tanpa tersesat.

Namun, kesulitan ini akan sebanding dengan keindahan kawah keputihan yang eksotis. Di beberapa bagian Toppers bahkan bisa menemukan lapisan belerang.

Lokasi: Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan

15. Situ Gunung

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: nativeindonesia

Situ gunung adalah salah satu tujuan wisata di Sukabumi paling pas untuk Toppers yang tengah mencari ketenangan. Dengan pemandangan sangat asri dan suasana sepi, kamu bisa menikmati kekayaan alam sembari menenangkan pikiran.

Lokasi: Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi

16. Sumber Air Panas Cikundul

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: trip jalan-jalan

Objek wisata Sukabumi lainnya yang cocok untuk menenangkan diri lainnya adalah dengan berendam di pemandian air panas alami. Di Sukabumi sendiri Toppers bisa singgah ke pemandian air panas Cikundul untuk menikmati tenangnya berendam di air panas alami.

Lokasi: Jl. Proklamasi No. 242, Lembur Situ, Cikundul, Sukabumi

Baca Juga: 15 Tempat Camping Terbaik di Bogor dari Segi Fasilitas dan Pemandangan

17. Mata Air Panas Cisolok

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: panas bumi news

Jika di pemandian air panas sebelumnya fasilitas lebih modern, di destinasi wisata Sukabumi satu ini Toppers bisa menikmati relaksasi berendam air panas langsung dari mata air yang sangat natural.

Lokasi: Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi

18. Pantai Pangumbahan

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: jejakpiknik

Berbeda dengan destinasi wisata Sukabumi berbau pantai lainnya, di tujuan wisata Sukabumi satu ini Toppers bisa menyaksikan aktivitas pelepasan tukik alias anak penyu karena disini terdapat penangkaran Penyu.

Lokasi: Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi

19. Bukit Parang Numpang

tempat wisata di sukabumi
Sumber Gambar: postkotanews

Dataran tinggi lainnya di Sukabumi yang populer sebagai tempat wisata di Sukabumi adalah Bukit Parang Numpang. Keindahan dari kawasan ini membuatnya populer sebagai destinasi foto pre-wedding, lho.

Lokasi: Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi

20. Arung Jeram Sungai Citatih

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: Pulauseribu

Sukabumi juga menyimpan banyak spot arung jeram yang seru, salah satunya adalah di Sungai Citatih. Objek wisata ini menawarkan pengalaman menyusuri paling tidak 20 jeram ekstrim yang tak terlupakan.

Selain arung jeram, di kawasan wisata Sukabumi ini Toppers juga bisa bermain sepeda gunung menyusuri alam dan berbagai kegiatan outdoor lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Pelabuhan Ratu KM 30, Warung Kiara

21.  Museum Kipahare

tempat wisata di sukabumi
Sumber Gambar: riyardiarisman

Tertarik mengetahui sejarah berdirinya kota Sukabumi? Objek wisata di Sukabumi satu ini bisa menjawabnya.

Di Museum Kipahare kamu bisa melihat koleksi foto dan dokumen yang menggambarkan sejarah lahirnya kota Sukabumi. Berbagai prasasti dan peninggalan prasejarah juga dipamerkan di meseum ini.

Lokasi: Jl. Baros, Kecamatan Baros, sekitar 30 menit dari SantaSea Waterpark.

22. Gua Lalay

tempat wisata sukabumi
Sumber Gambar: indonesia kaya

Destinasi wisata gua Sukabumi lain yang cocok untuk Toppers yang berjiwa petualang adalah Gua Lalay.

Gua yang masih sepi dari pengunjung ini merupakan rumah bagi ribuan kelelawar sehingga malah hari adalah waktu paling tepat untuk mengeksplorasi keindahan dari objek wisata Sukabumi ini.

Lokasi: Jl. Pelita, Kecamatan Citarik, Sukabumi

Baca juga: 28 Tempat Wisata di Bogor yang Hits di Tahun 2021

Itulah beragam destinasi wisata di Sukabumi terbaik yang wajib Toppers singgahi saat berlibur ke Jawa Barat. Yuk, persiapkan perlengkapan traveling favorit milikmu dan cari tiket kereta dengan harga terbaik di Tokopedia.

tiket kereta api

TAGS
Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

15 Wisata Malang Terbaik & Harga Tiketnya, Lagi Hits!
Travel dan Kuliner
15 Wisata Malang Terbaik & Harga Tiketnya, Lagi Hits!
© 2009-2022, PT Tokopedia