• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Panduan Agar Tetap Produktif Saat Kerja Di Rumah

Share

Panduan Agar Tetap Produktif Saat Kerja Di Rumah

Perusahaan mulai menerapkan WFH karena pandemi virus corona. Inilah hal yang wajib disiapkan saat kerja di rumah agar tetap produktif.


Pandemi penyakit virus corona (COVID-19) menganjurkan berbagai pengusaha untuk work from home (WFH) atau kerja di rumah. Hal ini akan mencegah penyebaran virus dan mendorong social distancing antara rekan kerja. 

Kerja di rumah dan di kantor merupakan hal yang sangat berbeda, dari segi peralatan yang perlu disiapkan hingga lingkungan sekitar.

Tentunya, beberapa orang bahkan perusahaan perlu beradaptasi dengan perubahan mendadak ini.

Bagi sebuah bisnis, timbul pertanyaan seperti apa yang harus disediakan untuk para karyawan. Dan juga ada hal-hal yang para karyawan harus siapkan sendiri untuk meningkatkan produktivitas saat WFH.

Yuk, simak di bawah ini hal-hal yang perlu disiapkan, serta tips saat kerja di rumah agar tetap produktif! 

home and living salebration campaign
Penuhi peralatan rumah berkualitas untuk mendukung segala aktivitas, nikmati diskon dan cashback-nya!

baca juga: dari lockdown hingga pandemim, ini 10 istilah penting terkait corona

Keperluan Untuk WFH

kerja di rumah WFH
Sumber Gambar: Pixabay

1. Ruangan Ideal

Saat kerja di rumah, adanya godaan untuk bekerja di ranjang sambil tiduran. Hal ini akan membuat kamu sulit fokus dan menurunkan produktivitas.

Jika memungkinkan, cari tempat selain ruang tidur, yang dapat kamu dedikasikan sebagai meja kerja. Jauhkan diri dari gangguan dan hindari ruangan yang terlalu gelap agar mata tidak cepat kelelahan. 

Kalau bisa, jangan kerja di tempat publik seperti kafe, restoran, atau mall dikarenakan koneksi yang tidak aman. 

kerja di rumah WFH
Sumber Gambar: pixabay

2. Teknologi

Salah satu kendala dalam WFH adalah komunikasi. Bagaimana jika membutuhkan sesuatu yang mendadak dari rekan kerja? 

Nah, dengan WFH kamu membutuhkan beberapa peralatan dasar seperti laptop dan handphone. Mungkin pekerjaan kamu sendiri mewajibkan kamu untuk menggunakan alat tersebut.

Selain itu, persiapkan juga speaker, mic, dan headset yang dibutuhkan di saat video call dengan rekan kerja.

3. Aplikasi Untuk Menjaga Komunikasi 

Komunikasi adalah kunci dari produktivitas saat kerja di rumah. Dengan teknologi zaman sekarang, ada banyak aplikasi handphone atau komputer yang bisa membantu komunikasi setiap saat. 

Untuk video call, ada aplikasi Skype, zoom, Google Hangout, dan Facebook Workplace yang gratis dan mudah digunakan.

Ada juga aplikasi Slack, yang sering digunakan dalam bisnis untuk keperluaan chat dan telpon. Tentunya, ada banyak aplikasi komunikasi lain untuk kebutuhan WFH. 

kerja di rumah WFH
Sumber Gambar: Pixabay

4. Aplikasi Untuk Menjaga Keamanan Data

Seluruh bisnis dan perusahaan perlu mengerti salah satu risiko dari WFH dalam segi keamanan data. Saat orang mengakses dokumen di luar tempat kerja, ada kemungkinan informasi dan data konfidensial tersebar. Tapi ada caranya untuk meminimalkan risiko WFH ini!

Perusahaan dapat mengimplementasikan keamanan dengan aplikasi seperti VPN agar data terlindungi dan terhindar dari pengintaian.

Ada juga aplikasi Cloud Service, contohnya Office 365 dan Dropbox. Kegunaannya untuk menyetor dan melindungi dokumen dan informasi yang bersifat konfidensial atau rahasia.

Hal-hal penting lain saat kerja di rumah yang dapat membantu: menghindari penggunaan USB, update software terbaru, dan memastikan karyawan menggunakan password verifikasi dua langkah (2FA). 

5. Koneksi Internet Yang Stabil

WFH memiliki ketergantungan dengan internet. Semua kebutuhan kerja yang disebut di atas memerlukan koneksi internet. Mempersiapkan koneksi internet yang stabil itu penting agar kamu tidak perlu ke tempat publik untuk bekerja atau menggunakan hotspot handphone.

Nah, saat WFH, disarankan untuk memperhatikan kecepatan internet juga. Internet yang lambat ini hanya akan menghambat produktivitas kerja kamu.

Baca Juga: Daftar Produk Kesehatan Wajib Untuk Tangkal Virus Corona

kerja di rumah WFH
Sumber Gambar: Pixabay

6. Aplikasi Agar Pekerjaan Terorganisir

Agar pekerjaan terorganisir,  baik secara individu maupun grup, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Trello. Dengan teknologi ini, kamu bisa menyusun kegiatan yang perlu diselesaikan pada hari itu. 

Selain itu, ada juga Miro. Aplikasi ini diibaratkan papan tulis online – dapat digunakan untuk presentasi atau saat merancang ide dan strategi agar kerja di rumah semakin produktif! 

7. Pakaian Selain Baju Tidur

Mungkin kamu tergoda untuk menggunakan baju tidur yang nyaman saat WFH. Jangan sepelekan cara berpakaian kamu saat kerja di rumah. Memakai baju tidur dapat menurunkan produktivitas dan membuat kita cenderung ingin bermalasan.

Gunakan pakaian yang biasanya ditetapkan oleh budaya perusahaan, terutama saat video call dengan rekan kerja. Ingat, berpakaian kasual berbeda dengan baju tidur.

kerja di rumah WFH
Sumber Gambar: Pixabay

8. Menentukan Kerja Waktu 

Perlakukan WFH seakan-akan kamu kerja di kantor dengan menentukan kerja waktu. Misalnya, dari jam 9 sampai 6. Saat kerja di rumah, terkadang sulit membedakan aktivitas kerja dan aktivitas rumah. Dengan menentukan kerja waktu, kamu bisa lebih produktif. 

9. Makanan Sehat

Sebagian orang sering jajan dekat tempat kantornya dan tidak menyediakan stok makanan di rumah. Pastikan kamu tidak lupa menyediakan makanan atau snack di rumah ya. Perut lapar dapat menurunkan aktivitas otak dan produktivitas kerja loh!

Tentunya, siapkan makanan sehat agar tubuh tetap bugar di tengah wabah penyakit. Jangan lupa rutin minum vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh.

kerja di rumah WFH
Sumber Gambar: Pixabay

10. Mental Yang Kuat

Banyak masalah yang cenderung muncul dari WFH seperti merasa kesepian, produktivitas menurun, dan gangguan sekitar. Terkadang menerapkan hal-hal yang disebutkan di atas tidak cukup untuk mencegah timbulnya dampak negatif ini. 

Karena itu, perlunya persiapan mental yang kuat dari diri sendiri. Jika kita memiliki motivasi dan niat yang kuat, apa pun halangan dapat kita hadapi. 

Baca Juga: Jadi darurat kesehatan global, ini gejala virus corona pada manusia

Inilah hal-hal yang harus diperhatikan agar tetap produktif saat kerja di rumah. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dan sering cuci tangan agar tidak mudah terserang penyakit. Ingat untuk menerapkan social distancing di tengah isu COVID-19 ini!

sistem kekebalan tubuh - produk kesehatan
Jauhkan keluarga dari bahaha coronavirus, dengan meningkatkan imunitas tubuh!

Penulis: Benedicta Clarissa

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juni 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juni 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia