8 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

0
2008
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Hari raya Idul Fitri sebentar lagi akan datang, Saatnya kita melakukan tradisi mudik untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman tercinta yang berada di luar kota. Pada saat mudik sudah pasti kita akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, dan tidak menutup kemungkinan rumah kita dapat menjadi incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, Sebelum meninggalkan rumah saat mudik ada baiknya simak artikel berikut ini supaya  kamu tahu tips aman meninggalkan rumah saat mudik!

Baca juga: Tips Mudik Naik Kereta Api Bersama Bayi

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Kunci Pintu dan Jendela

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik kunci pintu dan jendela rumah
Sumber foto: pexels

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik, ada baiknya kunci seluruh pintu dan jendela pada rumahmu, Toppers! Terutama jika kamu tinggal di daerah yang kurang aman atau tidak memiliki petugas keamanan.

Cabut Aliran Listrik dan Gas

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik cabut aliran listrik dan gas
Sumber foto: pexels

Tapi jangan lupa, Toppers! Sebelum mengunci pintu dan jendela, pastikan kamu sudah mencabut semua aliran listrik dan gas sebelum meninggalkan rumah saat mudik. Seperti pada , AC, kulkas, TV, dan dispenser dan kompor gas. Alat elektronik dan sambungan gas sangat berbahaya jika tidak ada yang memperhatikan keadaannya karena kedua hal itu dapat menyebabkan kebakaran  jika terjadi sesuatu yang salah, seperti korslet atau kebocoran gas.

Matikan Saluran Air dan Keran

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik matikan saluran air dan keran
Sumber foto: pexels

Tidak ada untungnya untuk tetap menyalakan saluran air dan keran ketika kamu meninggalkan rumah saat mudik. Mematikan saluran air bertujuan untuk memastikan keranmu tidak mengalir sehingga air terbuang dengan sia-sia

Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik simpan barang berharga di tempat aman
Sumber foto: pexels

Simpanlah barang berhargamu di tempat aman seperti di dalam brankas atau lemari sebelum meninggalkan rumah saat mudik. Karena jika rumahmu kemalingan, kamu tidak akan tahu sampai kamu kembali pulang setelah mudik.

Ramadan Ekstra

Titip Rumah Pada Orang yang Dipercaya

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik titipkan rumah keada oang yang dipercaya
Sumber foto: pexels

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik titipkan rumahmu kepada tetangga atau kerabat yang tidak pergi  mudik. Minta kepada mereka untuk memeriksa keadaan rumah sesekali selama rumah ditinggal. Jangan lupa lapor kepada ketua RT/RW dan  petugas keamanan sekitar jika Toppers akan meninggalkan rumah saat mudik.

tiket kereta api

Bersihkan Rumah dan Tutup Lubang Pembuangan

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik bersihkan rumah dan tutup lubang pembuangan
Sumber foto: pixabay

Jangan lupa bersihkan rumah dan tutup semua lubang pembuangan supaya ketika meninggalkan rumah saat mudik, rumah tidak berbau tak sedap dan terhindar dari kedatangan nyamuk, tikus dan kecoa.

Pasang CCTV

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik pasang cctv
Sumber foto: Tokopedia

Supaya ketika meninggalkan rumah saat mudik lebih aman. Toppers bisa  memasang kamera CCTV di beberapa bagian rumah seperti di halaman, garasi, kamar dan ruang tamu.

Gunakan Lampu Otomatis

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik gunakan lampu otomatis
Sumber foto: pexels

Dengan menggunakan lampu otomatis ketika meninggalkan rumah saat mudik, akan membuat rumahmu lebih aman karena lampu akan menyala secara otomatis di saat gelap. Jika lampu dinyalakan terus sepanjang hari justru menandakan bahwa rumah tersebut sedang ditinggal oleh pemiliknya sehingga menarik perhatian orang-orang jahat.

BACA JUGA :TIPS ATUR KEUANGAN MUDIK AGAR KANTONG NGGAK KERING

Itulah 8 cara aman meninggalkan rumah saat mudik, Toppers! Pastikan kamu sudah melakukan semua hal di atas ketika meninggalkan rumah saat mudik agar kondisi rumahmu tetap aman dan terjaga. Selain itu pastikan juga sudah memasang CCTV di rumahmu. Jangan lupa periksa Tokopedia untuk menemukan CCTV terbaik dan termurah supaya perjalanan mudikmu menjadi tenang dan tetap menyenangkan!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya