• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

28 March 2024

Share

8 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Mudik membuat kamu harus meninggalkan rumah. Berbagai hal harus diperhatikan sebelum meninggal rumah untuk mudik. Ini dia tips aman meninggalkan rumah untuk mudik.


Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Hari raya Idulfitri sebentar lagi akan datang, Saatnya kita melakukan tradisi mudik untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman tercinta yang berada di luar kota. Pada saat mudik, sudah pasti kita akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, dan tidak menutup kemungkinan rumah kita dapat menjadi incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Nah, sebelum meninggalkan rumah saat mudik, ada baiknya simak artikel berikut ini supaya kamu tahu tips aman meninggalkan rumah saat mudik!

Baca Juga: Syarat Mudik Lebaran 2022 dan Perbedaannya dengan Syarat Mudik Tahun Lalu

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Simpan artikel ini atau catat poin-poinnya agar kamu ingat apa saja yang harus dicek. Jangan sampai hati tidak tenang saat silaturahmi dengan keluarga, pastikan kamu sudah melakukan tips-tips di bawah sebelum berangkat!

1. Kunci Pintu dan Jendela

kunci pintu dan jendela

Sumber gambar: Canva

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik, ada baiknya kunci seluruh pintu dan jendela pada rumahmu, Toppers! Terutama jika kamu tinggal di daerah yang kurang aman atau tidak memiliki petugas keamanan.

2. Cabut Aliran Listrik dan Gas

cabut aliran listrik dan gas

Sumber gambar: Canva

Jangan lupa, Toppers! Sebelum mengunci pintu dan jendela, pastikan kamu sudah mencabut semua aliran listrik dan gas sebelum meninggalkan rumah saat mudik. Seperti pada AC, kulkas, TV, dan dispenser dan kompor gas. Alat elektronik dan sambungan gas sangat berbahaya jika tidak ada yang memperhatikan keadaannya karena kedua hal itu dapat menyebabkan kebakaran jika terjadi sesuatu yang salah, seperti korslet atau kebocoran gas.

3. Matikan Saluran Air dan Keran

matikan saluran air dan keran

Sumber gambar: Canva

Tidak ada untungnya untuk tetap menyalakan saluran air dan keran ketika kamu meninggalkan rumah saat mudik. Mematikan saluran air bertujuan untuk memastikan keranmu tidak mengalir sehingga air terbuang dengan sia-sia

4. Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

simpan barang berharga di tempat aman

Sumber gambar: Canva

Simpanlah barang berhargamu di tempat aman seperti di dalam brankas atau lemari sebelum meninggalkan rumah saat mudik. Karena jika rumahmu kemalingan, kamu tidak akan tahu sampai kamu kembali pulang setelah mudik.

Baca Juga: Tips Mudik dengan Kapal Laut agar Perjalanan Nyaman Anti Mabuk

5. Titip Rumah pada Orang yang Dipercaya

titip rumah pada orang yang dipercaya

Sumber gambar: Canva

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik titipkan rumahmu kepada tetangga atau kerabat yang tidak pergi  mudik. Minta kepada mereka untuk memeriksa keadaan rumah sesekali selama rumah ditinggal. Jangan lupa lapor kepada ketua RT/RW dan  petugas keamanan sekitar jika Toppers akan meninggalkan rumah saat mudik.

6. Bersihkan Rumah dan Tutup Lubang Pembuangan

bersikan rumah dan tutup lubang pembuangan

Sumber gambar: Canva

Jangan lupa bersihkan rumah dan tutup semua lubang pembuangan supaya ketika meninggalkan rumah saat mudik, rumah tidak berbau tak sedap dan terhindar dari kedatangan nyamuk, tikus dan kecoa.

7. Pasang CCTV

pasang cctv

Sumber gambar: Canva

Supaya meninggalkan rumah saat mudik lebih aman, Toppers bisa memasang kamera CCTV di beberapa bagian rumah seperti di halaman, garasi, kamar dan ruang tamu. Mulai dari 100 ribu-an, kamu bisa pantau keadaan rumah!

8. Gunakan Lampu Otomatis

gunakan lampu otomatis

Sumber gambar: Canva

Dengan menggunakan lampu otomatis ketika meninggalkan rumah saat mudik, akan membuat rumahmu lebih aman karena lampu akan menyala secara otomatis di saat gelap. Jika lampu dinyalakan terus sepanjang hari justru menandakan bahwa rumah tersebut sedang ditinggal oleh pemiliknya sehingga menarik perhatian orang-orang jahat.

Baca Juga: Tips Packing Mudik Efisien agar Mudik Lebih Nyaman

Itulah 8 cara aman meninggalkan rumah saat mudik, Toppers! Pastikan kamu sudah melakukan semua hal di atas ketika meninggalkan rumah saat mudik agar kondisi rumahmu tetap aman dan terjaga. Selain itu pastikan juga sudah memasang CCTV di rumahmu. Jangan lupa periksa Tokopedia untuk menemukan CCTV terbaik dan termurah supaya perjalanan mudikmu menjadi tenang dan tetap menyenangkan!

tiket pesawat diskon

Mudik naik pesawat nggak harus bikin melarat, cek harga terbaiknya di Tokopedia sebelum berangkat!

Share

Nada Karisma OktaviaNada Karisma Oktavia

Related Articles

Menu Tom Sushi Indonesia, Lengkap dengan Harga!
Travel dan Kuliner
Menu Tom Sushi Indonesia, Lengkap dengan Harga!
© 2009-2024, PT Tokopedia