• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tips Belanja Hemat Untuk Kebutuhan Lebaran

Share

Tips Belanja Hemat Untuk Kebutuhan Lebaran

Tetap hemat saat lebaran dan semua kebutuhan terpenuhi! Ini dia tips belanja hemat untuk kebutuhan lebaran.


Tips Hemat Belanja Kebutuhan Lebaran – Bulan puasa dipercayai dapat menghemat uang karena kita tidak mengeluarkan uang saat makan siang. Namun ternyata tidak sepenuhnya benar loh. Masih banyak belanja kebutuhan-kebutuhan lainnya yang bukannya membuat hemat, malah membuat boros. Oleh karena itu, inilah tips belanja hemat untuk kebutuhan lebaran.

article

Dapatkan ribuan pilihan Parsel di Tokopedia Parsel. Harga mulai dari Rp50.000 dan dapatkan gratis ongkir GoSend! Cek sekarang!

BACA JUGA: 10 Persiapan Menyambut Ramadan: Semakin Berkah di Bulan Suci

Tips Belanja Kebutuhan Lebaran Lebih Hemat

Yuk, simak tips berikut ini agar kamu tetap bisa hemat dan menabung disaat Lebaran. Kebutuhan terpenuhi tanpa boros! Simak tipsnya berikut ini!

1. Menyusun Anggaran di Bulan Puasa

Mengatur anggaran dana

Sumber: Pexels

Agar dapat belanja hemat untuk kebutuhan lebaran, kita haruslah membuat anggaran keuangan yang akan dikeluarkan selama bulan puasa. Lebih baik jika dibuat anggaran belanja setiap harinya. Contohnya hari pertama dicatat menu buka puasa apa, lauknya apa, serta takjilnya. Dengan begitu kita dapat belanja sesuai list dan lebih hemat.

2. Belanja Bulanan

Belanja Bulanan

Sumber: Pexels

Dengan belanja bulanan kita bisa menghemat waktu, uang dan juga tenaga. Seperti yang kita tahu, harga sembako pada menjelang lebaran mengalami peningkatan harga. Namun, ketika kita sudah belanja bulanan dari awal, kita tidak akan terkena kenaikan harga. Selain itu belanja bulanan juga sudah memenuhi kebutuhan bulanan sehingga tidak tergiur untuk belanja lainnya.

3. Kurangi Jumlah Menu Makanan

Sumber: Pexels

Tips belanja hemat untuk kebutuhan lebaran selanjutnya adalah mengurangi menu makanan. Menu makanan yang disajikan memang tergantung dari jumlah anggota keluarga. Namun, lebih baik jika kita hanya menyajikan 1 atau 2 menu yang bisa dimakan bersama. Dengan begitu pengeluaran belanja akan lebih hemat serta tidak mubazir.

4. Pemilihan Tempat Belanja

Pilihlah tempat belanja yang kiranya menyediakan semua barang-barang kebutuhan dengan harga murah dan juga dekat rumah. Hal ini tentunya dapat menghemat biaya transportasi dan juga waktu. Jika kamu ingin menghemat keduanya, kamu juga bisa belanja online.

5. Mengurangi Makan di Luar

Sumber: Pexels

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita pasti ingin berbuka di luar. Namun, berbuka puasa di luar tentunya akan memakan biaya lebih mahal dibanding memasak sendiri di rumah. Dengan menghindari berbuka puasa di luar, selain dapat menghemat belanja, memakan masakan rumah pun lebih terjamin nutrisi dan kebersihannya.

6. Gunakan Uang Tunai

Sumber: Pexels

Belanja memakai kartu kredit biasanya membuat kita lupa kalau sudah berapa uang yang kita keluarkan. Agar belanja hemat, lebih baik menggunakan uang tunai. Dengan begitu kamu dapat sadar seberapa banyak uang yang sudah kamu keluarkan sehingga mengurungkan niat untuk belanja lainnya.

7. Belanja berdasarkan kebutuhan bukan keinginan

Sumber: Pexels

Lebaran diidentikan dengan baju baru. Namun, kenapa harus belanja baju baru, jika baju lama masih bagus? Selalu ingat untuk mengutamakan kebutuhan bukan keinginan apalagi hanya gengsi semata. Dengan begitu, kamu bisa hemat dan belanja untuk kebutuhan lainnya.

BACA JUGA: Kiat Jitu Mengelola Uang THR Lebaran

Itu dia tips belanja hemat untuk kebutuhan lebaran. Tapi ngomong-ngomong soal lebaran, sudah beli tiket kereta api untuk mudik nanti belum? Sekarang sudah bisa dibeli lewat Tokopedia loh yang pastinya bebas ribet!

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia