• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Cara Membersihkan Panci Gosong, Mudah dan Ampuh!

05 March 2024

Share

10 Cara Membersihkan Panci Gosong, Mudah dan Ampuh!

Cara membersihkan panci gosong ini wajib dicoba kalau ingin peralatan masak kamu kinclong lagi. Mudah dan ampuh!


Panci adalah alat masak yang wajib ada di dapur. Kegunaannya yang multifungsi bisa jadi salah satu faktor membuat hidangan yang lezat. Panci dan wajan adalah alat masak yang setiap harinya digunakan, untuk itu perlu bagi kita untuk merawatnya agar tetap bersih dan layak digunakan.

Tidak jarang saat kita sedang memasak membuat panci atau wajan menjadi gosong, meskipun masakan yang kita buat matang dengan sempurna. Untuk itu, ada baiknya kamu tetap menjaga dan merawat panci agar tetap bersih dan kinclong. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan kesegaran makanan yang dimasak, lho!

Baca Juga: Alasan Pentingnya Membersihkan Kulkas Secara Berkala, Simak Tipsnya!

Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Mudah

Cara Membersihkan Panci Gosong

Sumber Gambar: Thekitchn

Saat memasak, kita pasti pernah tak sengaja menggosongkan panci. Wajan atau panci yang gosong bisa meninggalkan noda membandel atau bahkan sudah tak bisa lagi digunakan.

Saat panci gosong, jangan terburu-buru untuk membuangnya. Kamu bisa lakukan beberapa cara untuk mengembalikannya seperti semula! Yuk, simak cara membersihkan panci yang gosong, mudah dan ampuh!

1. Gunakan Sabun Cuci Piring & Rendam dengan Air Panas

Sabun Cuci Piring

Sumber Gambar: Freepik

Cara pertama membersihkan panci teflon gosong yang pertama adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Pertama-tama kamu perlu tuangkan sedikit cairan sabun cuci piring ke bagian panci yang gosong. Setelah itu rendam panci dengan air panas hingga semalaman.

Keesokan harinya, kamu bisa membilas dan menggosoknya dengan spons cuci piring untuk mengangkat kerak gosong pada panci.

2. Gunakan Air Panas dan Spatula Kayu

Membersihkan Panci Gosong dengan air panas

Sumber Gambar: Freepik

Saat panci, teflon, atau wajan sudah terlanjur gosong, kamu tak perlu panik. Kamu bisa langsung rendam panci yang masih panas dengan air hangat. Diamkan 15-20 menit agar kerak atau noda gosong terangkat dari panci.

Lalu, kamu bisa gunakan spatula kayu atau spons untuk menghilangkan kerak gosong dengan cara menggosoknya secara perlahan.

3. Cuka, Bisa jadi Pengganti Air

Membersihkan dengan Cuka

Sumber Gambar: Apartment Therapy

Selain menggunakan air panas, kamu bisa gunakan cuka sebagai penggantinya. Caranya, tuangkan cuka ke bagian panci yang gosong, lalu diamkan beberapa menit.

Setelah itu, kamu bisa menggosoknya dengan sendok kayu atau spatula kayu secara perlahan.

4. Gunakan Dryer Sheet, Lebih Mudah!

Dengan dryer sheet

Sumber Gambar: Thekitchn

Dryer sheet adalah sebuah pelembut pakaian yang berbentuk kertas tipis. Sangat praktis digunakan untuk menghilangkan noda dan mengharumkan pakaian. Namun, bisa kamu gunakan pada peralatan masak!

Caranya, letakkan dryer sheet pada panci yang gosong. Tuangkan air hangat di atasnya lalu diamkan beberapa jam untuk menunggu kinerja dari dryer sheet. Kotoran dan bekas gosong akan hilang! Jangan lupa untuk membilas panci dengan sabun cuci piring ya, Toppers!

5. Bersihkan Panci Gosong dengan Garam Kosher

Garam Kasher

Sumber Gambar: Cooksillustrated

Garam kosher juga bisa jadi salah satu cara membersihkan panci gosong, lho! Cukup tuangkan garam pada panci yang gosong, lalu campurkan dengan sabun cuci piring. Setelah tercampur, tuangkan air hangat dan diamkan selama beberapa jam.

Setelah itu, gosok secara perlahan menggunakan spatula atau sendok kayu agar tidak merusak panci.

6. Gunakan Baking Soda

Membersihkan dengan baking soda

Sumber Gambar: Apartment Therapy

Baking soda memang dikenal ampuh dalam membersihkan berbagai kotoran dan noda. Untuk membersihkan panci yang gosong, kamu bisa tuangkan baking soda langsung pada panci. Tuang air hangat dan sambil digosok perlahan dengan sendok kayu.

7. Gunakan Krim Tartar

Krim tartar untuk membersihkan panci gosong

Sumber Gambar: Honest Food Talk

Bagi kamu yang sudah biasa memasak berbagai hidangan, pastinya tak asing lagi dengan cream of tartar. Krim ini bisa digunakan untuk membersihkan noda pada peralatan masak, lho!

Caranya tuangkan krim pada panci yang gosong lalu campurkan dengan air. Didihkan krim dan air lalu sambil gosok secara perlahan agar noda terangkat.

8. Bersihkan dengan Soda Tawar

Soda

Sumber Gambar: Paxels

Soda memiliki kandungan yang dapat mengangkat kotoran hingga kerak gosong pada panci. Kamu cukup tuangkan soda pada panci dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, bilas panci hingga bersih sambil gosok secara perlahan bagian yang gosong.

9. Menggunakan Saos Tomat

Saus Tomat

Sumber Gambar: Freepik

Siapa sangka, saos yang biasa jadi cocolan ini bisa juga digunakan untuk membersihkan panci gosong! Cukup oleskan bagian panci yang gosong dengan saos tomat, lalu diamkan 15-20 menit. Setelah itu, kamu bisa langsung bilas dengan air mengalir sembari digosok secara perlahan.

10. Gunakan Lemon

Rebusan Lemon

Sumber Gambar: Nios Rc Ranchi

Sebagai cara membersihkan panci gosong bagian dalam, kamu bisa iris tipis buah lemon. Masukkan ke dalam panci lalu isi air dan didihkan. Rebus lemon sampai mendidih lalu bersihkan dengan air mengalir, sambil digosok menggunakan spons cuci piring.

Baca Juga: 10 Merk Panci Presto Terbaik, Memasak Jadi Lebih Cepat!

Itu dia beberapa cara dan langkah membersihkan panci yang gosong. Alat-alat untuk membersihkannya pun mudah ditemukan di pasaran. Jika ingin membersihkan panci yang gosong, disarankan kamu menggunakan sarung tangan atau gloves khusus cuci piring. Itu berguna untuk melindungi tangan dari bahan kimia yang cukup keras.

Ingin beli panci baru dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik? Jangan lewatkan Promo Panci Murah di Tokopedia dan temuka aneka jenis panci dengan diskon besar-besaran setiap harinya!

jual peralatan dapur

Temukan berbagai peralatan dapur modern terlengkap dengan harga termurah di sini!

Share

Qonita ChairunnisaQonita Chairunnisa

Related Articles

20 Cara Mengusir Tikus, Praktis dan Ampuh dengan Bahan Alami
Home and Living
20 Cara Mengusir Tikus, Praktis dan Ampuh dengan Bahan Alami
© 2009-2024, PT Tokopedia