• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Waspada Kredit Macet Pasca Lebaran. Tips Hindari Kredit Macet

Share

Waspada Kredit Macet Pasca Lebaran. Tips Hindari Kredit Macet

Kredit Macet Pasca Lebaran – Lebaran telah usai, saatnya kita kembali menjalani aktifitas rutin seperti biasanya. Uang THR sudah disisihkan untuk ditabung dan sisa pengeluaran sudah direncanakan. Namun, ada beberapa kewajiban pembayaran yang harus kamu bayarkan. Salah satunya adalah pembayaran kredit.

Dalam pembayaran kredit kita harus mempersiapkan perencanaan keuangan yang matang untuk menghindari kredit macet. Dan berikut adalah beberapa tips menghindari kredit macet pasca lebaran!

Baca juga: Hutang Kartu Kredit Menumpuk, Bagaimana Cara Melunasinya?

Tips Kredit Macet Pasca Lebaran 

Pinjam Sesuai Kemampuan

tips hindari kredit macet pinjam sesuai kemampuan
Sumber foto: pixabay

Tips hindari kredit macet pertama adalah pinjam sesuai kemampuan, pastikan jumlah pinjamanmu tidak lebih dari 30 persen dari total pendapatan bulanan. Agar terhindar dari kredit macet dan tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Hindari Hutang Konsumtif

tips hindari kredit macet hindari hutang konsumtif
sumber foto: pixabay

Tips hindari kredit macet berikutnya adalah dengan menghindari hutang yang bersifat konsumtif. Jika kamu memutuskan untuk mengajukan kredit, pastikan pinjaman dana kredit tersebut memiliki manfaat jangka panjang. Jangan semata-mata hanya untuk memenuhi gaya hidup.

cara apply kartu kredit mudah di tokopedia

Batasi Pengeluaran Bulanan

Kamu harus pintar membatasi pengeluaran bulanan agar terhindar dari kredit macet, batasi keinginan untuk hangout bersama teman-teman dan belanja hal-hal yang tidak diperlukan lainnya supaya kamu bisa membayar tagihan tepat pada waktunya.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

tips hindari kredit macet bayar tagihan tepat waktu
sumber foto: pixabay

Dengan membayar tagihan tepat pada waktunya, kamu akan terhindar dari kredit macet. Karena jika menunda membayar tagihan tepat waktu mengakibatkan kamu terkena denda yang harus dibayar pada periode selanjutnya, sehingga jumlah tagihan semakin besar.

Hindari Kredit Lain

tips hindari kredit macet hindari kredit lainnya
sumber foto: pixabay

Tips hindari kredit macet yang terakhir adalah dengan menghindari pinjaman atau kredit lainnya. Jangan  tergiur oleh kemudahan-kemudahan cicilan yang tersedia sehingga menjadi konsumtif. Dengan menambah kredit lain maka resiko kredit macet akan semakin tinggi karena jumlah tagihan yang berlipat ganda.

Baca juga: Apa Itu Kartu Kredit Syariah, Penggunaannya, serta Hukumnya

Itulah tips hindari kredit macet dari kami, Toppers! Jika kamu mengikuti tips hindari kredit macet diatas, pasca lebaranmu pasti aman deh! Yang pasti jika kamu mau berhemat, belanjanya di Tokopedia dong! Karena kamu dapat menemukan pilihan barang-barang termurah dari gadget dan smartphone hingga fashion pria dan fashion wanita di Tokopedia!

Ramadan Ekstra
Pinjam Uang Online

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia