• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Langkah-langkah Investasi Reksa Dana yang Mudah dan Aman

Share

Langkah-langkah Investasi Reksa Dana yang Mudah dan Aman

Tips Investasi Reksa Dana yang Aman – Pernah nabung untuk beli headphone wireless idaman? Jaman sekarang nabung aja nggak cukup loh, Toppers. Kita juga harus bisa mengelola uang dan memutarkan uang kita. Banyak cara untuk memutarkan uang, salah satunya dengan investasi reksa dana. Reksa dana adalah wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana. Jadi, uang yang sudah kita investasikan tadi, akan diinvestasikan lagi ke portfolio investasi.

Investasi reksa dana tentunya memiliki resiko. Nah, kita akan menjelaskan langkah-langkah investasi reksadana yang mudah dan aman.

Langkah-langkah dan Tips Investasi Reksa Dana yang Mudah dan Aman

Kenali dan Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum memulai berinvestasi, Tentunya harus mengetahui apa sebenarnya tujuan investasi kamu. Tujuan Investasi tersebut bisa menjadi motivasi kamu dalam menjalankan investasi karena setiap tujuan investasi mempunyai jangka waktu dan profil risiko yang berbeda, sehingga instrumen investasinya pun harus disesuaikan. Misalnya kalau kamu hanya mencoba-coba saja, sebaiknya tidak menginvestasikan terlalu banyak. Profil risiko sendiri adalah kemampuan seseorang untuk menggambarkan tingkat toleransinya terhadap risiko, atau sejauh mana ia dapat menanggung risiko. Tujuan investasi ini nantinya akan menjadi patokan kamu dalam menentukan reksa dana yang cocok buat kamu.

Baca juga: Bentuk-Bentuk Investasi Syariah, serta Keunggulan dan Resikonya

Tentukan Jangka Waktu Investasi

Apa itu Reksadana
Sumber: freepik

Setelah tau tujuan investasi reksa dana, selanjutnya kamu bisa menentukan jangka waktu investasi yang sesuai dengan profil risikomu. Investasi reksa dana membutuhkan jangka waktu yang berbeda-beda mulai kurang dari setahun, 1-3 tahun, 3-5 tahun, bahkan sampai lebih dari 5 tahun. Kalau jangka waktu investasi kurang dari setahun, kamu bisa memilih reksa dana seperti deposito yang mempunyai risikonya lebih rendah dan cenderung lebih stabil. Sedangkan untuk jangka waktu 1-3 tahun, kamu bisa berinvestasi pada reksa dana pendapatan tetap. Lalu untuk jangka waktu 3-5 tahun, kamu bisa berinvestasi pada reksa dana campuran. Dan terakhir, kalau ingin investasi lebih dari 5 tahun, maka reksa dana saham bisa menjadi pilihanmu.

Cari Manajer Investasi Yang Tepat untuk Investasi Reksa Dana Kamu

Apa itu Reksadana
Sumber: theglobeandmail

Perusahaan manajemen investasi atau kerap disebut manajer investasi adalah pihak yang mengelola dan menginvestasikan dana terkumpul, ke dalam berbagai instrumen investasi dalam bentuk reksa dana. Untuk menghasilkan reksa dana terbaik, manajer investasi akan berupaya untuk mengelola berdasarkan analisa keuangan dan analisa pasar secara menyeluruh. Perusahaan manajer investasi yang mempunyai reputasi baik umumnya memiliki tim investasi yang lengkap serta proses investasi yang terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan. Tentukan dimana kamu akan membeli reksa dana. Pilihlah perusahaan Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dengan track record terpercaya seperti Tokopedia. Tokopedia Reksa Dana adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi. Selain aman dan berisiko rendah, investasi Reksa Dana juga memberikan keuntungan yang lebih menarik dibanding tabungan biasa loh.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kamu Perlu Memiliki Asuransi

Nah itu dia tips investasi reksa dana yang mudah dan aman. Daftar Tokopedia Reksa Dana sekarang dan nikmati mudahnya berinvestasi tanpa rasa khawatir!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

3 Manfaat Berdonasi Bagi Umat Muslim
Salam
3 Manfaat Berdonasi Bagi Umat Muslim
© 2009-2024, PT Tokopedia