10 Tips Kamar Tidur Kecil Terlihat Luas, Pilih Desain hingga Warna!

0
646
kamar tidur kecil terlihat luas

Ingin kamar tidur kecil terlihat luas? Ini mudah dilakukan, dengan meperhatikan tips dalam memilih desain hingga warna yang tepat!


Kamar tidur merupakan ruangan yang krusial di dalam sebuah rumah atau tempat huni. Tempat tidur yang pasti harus nyaman karena itulah di mana kita tidur dan beristirahat.

Banyak orang yang beranggapan kalau kamar tidur nyaman berarti kamar besar dan luas, namun sebenarnya kenyamanan kamar tidur bergantung pada ukuran kamar, lho. Kamar yang sempit juga bisa dibuat nyaman kalau kamu tahu bagaimana cara menatanya.

Mendekor atau merenovasi kamar yang berukuran kecil mungkin juga menyenangkan dan menantang. Ada beberapa cara yang tepat untuk membantu mendekor kamar berukuan mini menjadi lebih nyaman.

Penasaran? Berikut adalah tips dan cara membuat kamar tidur kecil agar terlihat luas dengan mudah!

Baca Juga: Jenis Lampu Tidur yang Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyak

1. Efek Cermin yang Ajaib

kamar tidur kecil terlihat luas
Sumber Gambar: Home Heart Feng Shui

Salah satu cara mudah membuat kamar tidur ataupun sebuah ruangan kecil menjadi terlihat besar adalah dengan menggunakan kaca cermin!

Dengan adanya cermin besar, akan tercipta seperti ilusi di dalam ruangan. Trik ini sangat cocok digunakan untuk ruangan berukuran kecil dan penggunaan kaca akan membuat ruangan seakan dua kali lebih luas dari aslinya. Ajaib, bukan?

2. Gunakan Wallpaper Putih

Warna putih dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan paling aman untuk gunakan untuk mencerahkan ruangannya.

Terutama jika kamu menggunakan wallpaper dinding. Mengapa? Karena wallpaper bisa bertahan lebih lama, walau harganya sedikit lebih mahal.

3. Biarkan Cahaya Masuk

Untuk cahaya natural masuk, kamu bisa menggunakan penutup jendela seminimal mungkin dikarenakan kamar berukuran kecil.

Cukup tutupi jendela dengan roller blind atau penutup jendela dengan kain renda.

4. Cocokkan dengan Konsep Minimalis

Konsep minimalis adalah konsep yang lagi trending di dunia desain interior dan konsep ini juga cocok dipadukan dengan wallpaper putih.

5. Manfaatkan Penyimpanan Tersembunyi

Kamu bisa menggunakan lemari yang besar dan mencapai langit-langit kamar, dan rak buku yang bisa dipindahkan ke mana saja.

Lemari memiliki berbagai macam fungsi, bisa untuk menaruh berbagai hiasan foto, hiasan dan juga sebagai meja di samping untuk tidur.

Lampu Tidur
Temukan lampu tidur unik, berkualitas hingga multifungsi pilihan di sini!

Baca Juga: Ide Menghias Kamar Tidur agar Lebih Menarik dan Menghibur

6. Tempat Tidur Tingkat

kamar tidur kecil terlihat luas
Sumber Gambar: Home Izy

Ini adalah salah satu solusi jitu yang bisa kamu coba, yakni dengan memasang atau membangun tempat tidur tingkat.

Dengan begini, terdapat space di bawah tempat tidur yang bisa digunakan untuk meletakkan meja kerja atau belajar, hingga ruang televisi personal. Menarik sekali, bukan?

7. Gunakan Tirai Panjang

Menggantung tirai panjang tepat di bawah langit-langit sampai ke lantai adalah salah satu ide mudah untuk membuat kamarmu terlihat menjadi lebih luas.

8. Tambahkan Tanaman Hias

Tanaman hias di kamar bisa memberikan sentuhan banyak, tidak hanya untuk kepentingan dekorasi. Tapi juga memiliki banyak manfaat yang bisa menyegarkan ruangan, serta memberikan efek relaksasi terhadap mata dan menghilangkan stres.

9. Atur Kebutuhan Perabot dalam Kamar

Salah satu hal yang membuat kamar tidur terlihat sempit adalah perabot tidak perlu yang dimasukkan ke dalam.

Sebaiknya, hanya tempatkan perabot penting seperti kasur, lemari, dan meja rias atau kerja. Selebihnya, kamu bisa meletakkannya di luar kamar.

10. Ciptakan Kesan Atraktif di Dinding Kamar

Untuk yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan lukisan, poster dan semacamnya dengan ukuran sedang. Manfaatkan di setiap sisi dinding kamar, agar tampilan tidak membosankan sehingga kesan ruangan kecil sirna saat kamu berada di kamar.

Baca Juga: Jam & Waktu Tidur yang Baik Menurut Para Ahli, Sudah Ideal?

Itu dia beberapa cara membuat kamar tidur berukuran kecil agar terlihat lebih luas dari aslinya. Mudah bukan, Toppers? Yuk, coba tips di atas di rumah!

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Audrylea Reika