Tips Memilih Gorden untuk Rumah Minimalis

913
tips memilih gorden

Tips Memilih Gorden Rumah – Hampir setiap rumah pasti menggunakan gorden di dalamnya. Selain untuk melindungi ruangan dalam rumah dari panasnya sinar matahari, gorden juga menjadi salah satu benda interior yang dapat menambah keindahan estetik pada rumahmu. Lalu apa saja yang seharusnya dipertimbangkan saat memilih gorden? Diperlukan pemilihan warna, motif, dan juga model–sesuai dengan konsep rumahmu, agar suasana dapat terbangun dengan baik. Untuk tahu lebih lengkapnya, yuk simak artikelnya berikut ini!

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Keluarga Modern Minimalis Terbaik

Tips dan Cara Memilih Gorden Rumah Minimalis yang Tepat

1. Model Gorden

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu model gorden. Banyaknya inovasi pada model gorden pasti membuatmu bingung harus memilih gorden seperti apa. Untuk kamu yang memiliki rumah berkonsep minimalis, ada baiknya pilih gorden bermodel sederhana sesuai dengan konsep rumah kamu. Hindari model gorden penuh aksen seperti gorden Spanyol. Namun apabila kamu ingin sentuhan glamour, bisa pilih gorden bermodel semi Spanyol.

2. Warna

Selanjutnya, untuk memilih warna gorden juga harus disesuaikan dengan konsep rumah minimalis. Pilihan warna klasik seperti emas dan cokelat bisa digunakan untuk memberikan sentuhan mewah dan ilusi ruangan menjadi lebih luas. Tips: Jika cat rumahmu berwarna netral seperti putih, bisa disesuaikan dengan warna furnitur dalam ruangan.

3. Bahan

Untuk mempertimbangkan bahan gorden terbaik, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Jika paparan sinar matahari terlalu banyak masuk ke dalam ruangan, pilih gorden berbahan tebal atau anti tembus cahaya matahari. Namun apabila kaca ruangan sudah menggunakan bahan riben, kamu bisa pilih gorden berbahan lebih tipis.

rak buku gantung

4. Tema

Buat ruangan jadi lebih hidup dengan menerapkan suatu tema, contohnya seperti menyesuaikan motif gorden dan motif pada sofa di ruang tengah. Memilih gorden sesuai tema tertentu akan menciptakan kesan lebih rapi, bersih, juga kreatif. Tips: Hindari penggunaan motif terlalu berlebihan agar tetap berkonsep minimalis.

5. Motif

Sekarang terdapat berbagai macam jenis motif gorden yang bisa kamu pilih, dengan keindahannya masing-masing. Oleh karena itu sebelum memilih gorden untuk dipasangkan, sesuaikan dulu motifnya dengan desain rumahmu. Jika dinding pada ruangan sudah penuh motif wallpaper, maka sebaiknya pilih gorden polos atau tanpa motif. Akan tetapi, jika dinding ruangan berwarna polos, kamu bisa padukan bersama gorden  bercorak minimalis.

6. Warna Gorden dan Pengaruhnya pada Nuansa Ruangan

Warna adalah salah satu faktor terpenting untuk menentukan cocok atau tidak sebuah gorden dengan nuansa ruangan. Jadi kamu perlu untuk menyesuaikan warna gorden dengan nuansa ruangan yang ingin dibangun. Berikut warna gorden yang bisa kamu pilih.

  • Warna Cerah
    Gorden berwarna cerah akan memberikan suasana ceria serta meningkatkan mood orang yang berada di ruangan tersebut. Jika cat ruang tengah berwarna putih atau abu-abu, kamu bisa pilih gorden dengan warna cerah warna-warni untuk rumah minimalis kamu.
  • Warna Pastel
    Untuk dapatkan kesan hangat tanpa menggunakan warna cerah, kamu bisa mengakalinya melalui pemakaian gorden berwarna pastel. Warna ini cocok digunakan jika cat dinding pada rumah memiliki warna netral atau putih.
  • Warna Gelap
    Warna gelap bisa jadi pilihan jika ruangan tengahmu dirasa terlalu terang. Warna gelap akan menjadi solusinya dengan memberi nuansa sejuk dibanding menggunakan warna cerah. Warna netral seperti cokelat, krem, abu-abu, bisa memberikan kesan sederhana sekaligus mewah, dan tentunya tetap minimalis.

Baca juga: 9 Model Desain Tangga Minimalis untuk Hunianmu

Nah, itulah beberapa tips-tips memilih gorden untuk rumah minimalis. Dengan tips diatas, pastinya Toppers sudah bisa membayangkan dong, ingin memilih gorden seperti apa untuk melengkapi keindahan estetik rumah minimalis-mu?

rak dinding minimalis