10 Tips Memilih Power Bank Berkualitas Terbaik yang Tahan Lama

177
tips memilih power bank

Power bank merupakan salah satu barang paling penting saat bepergian. Jangan sembarang membeli, simak tips memilih power bank berkualitas terbaik di sini!


Tips Memilih Power Bank – Hai Toppers!  Seberapa sering sih kalian mengecek handphone kalian? Atau malah, kalian tidak bisa lepas dari smartphone? Kalau jawabannya, iya, pasti kalian sering kehabisan daya baterai. Tahukah kalian? Baterai ponsel yang sering dibiarkan habis hingga benar-benar habis akan mempersingkat umur dari baterai itu sendiri.

Karena, proses pengisian baterai dari 0% membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Akibatnya, baterai akan lebih mudah menggembung dan bocor. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya isi lah daya baterai saat masih 30-50%. Namun, jika sering beraktivitas di luar ruang, kamu bisa menggunakkan power bank sebagai solusi.

Meskipun saat ini tersedia berbagai jenis baterai eksternal, Toppers tidak boleh asal dalam membelinya. Untuk itu, yuk intip tips memilih power bank yang berkualitas serta awet!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone

Tips Memilih Power Bank yang Baik

1. Pilih Powerbank dari Merk Terkenal

tips memilih power bank
Sumber Gambar: ACMIC

Power bank dapat dijumpai dengan mudah di pasaran. Namun, pastikan beli merk yang sudah terkenal dan terjamin. Karena sebuah produk yang branded biasanya memiliki prosedur dan standar yang ketat sebelum menjualnya ke pasaran. Hal ini dilakukan untuk menjamin kualitas daripada power bank tersebut.

Akan tetapi, kalian perlu waspada. Sebab, terdapat beberapa oknum tak bertanggung jawab yang sering memalsukan power bank dari merk-merk terkenal.  Slogan “ada harga, ada kualitas” sangat berlaku dalam hal ini.

Jika, kalian menemukan merk terkenal dijual dengan harga murah, kemungkinan besar perangkat tersebut adalah palsu. Untuk itu, utamakan membeli produk melalui official store di Tokopedia atau toko dengan reputasi baik. 

2. Utamakan Baterai Li-Polymer

tips memilih power bank
Sumber Gambar: Pixabay

Kebanyakan baterai yang dipakai dipasaran adalah baterai Lithium Ion (Li-Ion), meskipun harganya relatif lebih murah dibanding baterai Li-Polymer (Li-Po), baterai Li-Ion seringkali tidak stabil, menyebabkan baterai Li-Ion lebih cepat panas dan mudah bermasalah, bahkan bisa saja meledak.

Sebaliknya, baterai berjenis Li-Po lebih stabil dan tidak mudah mengalami kebocoran elektrolit. Sehingga, power bank baterai Li-Po memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding Li-Ion.

3. Pilih Kapasitas Sesuai Kebutuhan

tips memilih power bank
Sumber Gambar: Aukey

Pastikan power bank yang akan kalian beli memiliki kapasitas dua kali lebih banyak dari kapasitas baterai handphone yang kamu miliki. Sebab, baterai cadangan ini hanya akan mentransfer daya sebesar 70-80% dari total daya yang dimilikinya.

Misal, baterai handphone memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh. Kapasitas power bank yang kamu perlukan minimal memiliki 8.000 mAh. Hal ini dilakukan agar kalian dapat mengisi baterai hingga penuh, kalian juga dapat menggunakkan sisa daya sebagai cadangan.

4. Samakan Arus Daya Power Bank dengan Handphone

tips memilih power bank yang baik dan berkualitas
Sumber Gambar: Knomo

Setiap barang elektronik memiliki nilai arus daya yang berbeda, mengisi baterai dengan arus daya yang tidak tepat dapat mempercepat kerusakan baterai. Saat ini, banyak handphone yang menawarkan fitur fast-charging.

Biasanya, fitur fast-charging memerlukan arus sebesar 2 ampere (A). Akan lebih baik jika power bank yang kalian beli memiliki output sebesar 2A. Penyamaan arus dilakukan untuk memelihara umur baterai dari sebuah handphone.

Akan lebih efisien, jika kalian memilih powerbank dengan 2 atau lebih arus yang berbeda.

5. Pastikan Powerbank Bersertifikasi CE dan FCC

tips memilih power bank yang baik dan berkualitas
Sumber Gambar: Video Blocks

Sertifikasi CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission) dibutuhkan untuk menjamin kualitas dari sebuah produk elektronik yang telah melewati uji standarisasi.

Pastikan powerbank yang kalian beli memiliki sertifikasi tersebut, powerbank yang tidak memiliki sertifikat menandakan kualitas yang buruk dan akan memberikan dampak yang buruk juga bagi handphone.

jual kabel usb 3 in 1
Koneksi antar gadget lebih praktis berkat kabel USB 3 in 1 paling awet di sini!

Baca Juga: 5 Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

6. Pilih Powerbank dengan Proteksi Keamanan

tips memilih power bank yang baik dan berkualitas
Sumber Gambar: Anker

Salah satu fitur terpenting yang harus kalian cari adalah fitur Short Circuit Protection dan fitur Over Charging Protection. Short Circuit Protection adalah sebuah fitur proteksi untuk melindungi powerbank dan handphone yang kamu miliki dari kerusakan yang disebabkan oleh arus pendek.

Sedangkan, fitur Over Charging Protection bekerja saat fitur ini mendeteksi baterai telah terisi penuh, powerbank secara otomatis akan menghentikan pengisian daya.

7. Pastikan Powerbank Bergaransi Resmi

tips memilih power bank kualitas terbaik
Sumber gambar: Pixabay

Sebuah powerbank yang baik akan memiliki garansi resmi langsung dari produsen. Biasanya, sebuah garansi memiliki rentang waktu minimal 6 bulan hingga 1 tahun. Apabila sebuah powerbank tidak memiliki garansi atau hanya memiliki garansi kurang dari 6 bulan, kalian sebaiknya mencari merk powerbank yang lain.

Sebab, dengan hadirnya garansi, kalian memiliki sebuah jaminan ketika powerbank yang kalian gunakan tidak bekerja dengan baik.

8. Pilih Bentuk Powerbank yang Tepat

tips memilih power bank kualitas terbaik
Sumber Gambar: Xiaomi

Powerbank memiliki model yang bermacam-macam dan hadir dalam berbagai ukuran serta warna. Sebaiknya, dalam memilih model powerbank, pastikan kalian memilih model yang simpel dan efisien, dalam arti ukurannya tidak terlalu besar tetapi memiliki kapasitas daya yang besar.

Selain itu, ada baiknya jika powerbank yang kalian pilih memiliki lubang konektor yang terletak di bagian atas dan bukan di samping powerbank. Agar saat digunakan, kabel USB tidak tertekuk dan patah.

9. Perhatikan Built-quality dari Power Bank

tips memilih power bank kualitas terbaik
Sumber Gambar: Pixabay

Selain model yang simpel dan efisien, Toppers juga harus memperhatikan built quality dari powerbank itu sendiri. Apakah material yang digunakkan terasa kokoh, atau sangat ringkih? Material yang ringkih tentunya akan mempersingkat umur dari powerbank.

Power bank dengan material yang kurang berkualitas, akan menjadi cepat panas. Biasanya, powerbank yang memiliki built-quality rendah akan mengeluarkan suara saat digoncangkan.

10. Pilih Power Bank dengan Layar Indikator

tips memilih power bank
Sumber Gambar: Anker

Setelah Built-quality, hal lain yang harus diperhatikan adalah layar indikator. Layar indikator merupakan fitur penting dari sebuah powerbank yang berfungsi untuk memberikan peringatan ketika ia hampir kehabisan daya dan setelahnya memberikan notifikasi ketika daya telah selesai diisi.

Meskipun terkesan sepele, layar indikator sangatlah berguna, tanpa layat tersebut kalian tidak bisa memperkirakan kapan kalian harus mengisi daya  powerbank kalian.

Baca Juga: Anti Lowbat dengan 9 Merk Powerbank Kualitas Terbaik

Itulah 10 tips bagaimana cara memilih dan membeli power bank yang baik dan berkualitas. Nah, kalian dapat mendapatkan power bank terbaik dan harga termurah yang sesuai dengan selera kalian hanya di Tokopedia!

jual power bank
On terus sepanjang hari dengan power bank berkapasitas besar di sini!

Bagikan Artikel