Tips Packing Untuk Para Pecinta Traveling!

713
Tips Packing
Tips Packing

Packing dan traveling merupakan kesatuan yang tidak dapat kamu pisahkan. Jika Kamu merupakan tipe orang yang sering menunda packing karena malas, dan akhirnya baru memulai packing menjelang tengah malam sebelum berangkat? Metode ini menjadi salah satu kesulitan dengan berbagai masalah baju tidak muat di koper atau bahkan terlalu banyak yang tidak terbawa?  Agar tidak salah lagi, ikuti tips di bawah ini :

  • Pisahkan baju yang akan Kamu bawa (Jangan salah kostum)

Ini ialah soal kemana kamu akan pergi, kamu akan lebih banyak menggunakan baju tipis ketika kamu ingin pergi ke pantai, dan kamu akan banyak membawa baju tebal ketika kamu ingin ke daerah dingin.

Pisahkan dari mulai pakaian dalam,  baju atasan, bawahan serta baju-baju pendukung liburan kamu (Bikini, atau Sweater dingin)

  • Pilih baju yang dibawa berdasarkan hari

Dari sekian baju yang sudah Kamu pisahkan tersebut, pilih berdasarkan jumlah hari liburan dan jenis kegiatan. Jika Kamu berencana berlibur untuk waktu lama, pertimbangkan juga untuk membawa baju yang bisa Kamu kenakan ulang supaya tidak perlu membawa banyak baju.

  • Lipat VS Gulung?

Ini adalah dua trik berbeda dalam dunia packing yang sering diperdebatkan. Manakah sebenarnya yang lebih baik? Jawabannya adalah dua-duanya. T-shirt, dress kasual, dan pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut sebaiknya digulung rapat untuk menghemat tempat selain itu pakaian yang digulung juga dapat mengurangi kusut pada baju Kamu. Untuk pakaian berbahan kaus yang ringan dan tipis, bisa menggulung sebanyak dua atau tiga potong sekaligus. Sementara untuk kemeja, gaun formal, dan pakaian yang mudah kusut sebaiknya dilipat seperti biasa dan tempatkan di bagian atas tumpukan baju. Begitu pula dengan baju berbahan berat dan tebal, seperti jeans, jaket atau sweater yang bahkan bisa Kamu hamparkan begitu saja sebagai alas pakaian lainnya di dalam koper.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya
  • Atur Posisi Pakaian

Jangan hanya menggulung, melipat atau menghamparkan saja. Posisi penempatan pakaian di dalam koper pun terbilang penting. Di bagian paling bawah koper, tepat di atas roda, sebaiknya Anda menyimpan benda-benda dan pakaian yang paling berat. Kemudian tempatkan benda-benda yang lebih ringan di atasnya. Ini untuk menghindari pakaian berat menghimpit pakaian lain dan membuatnya jadi kusut. Aturlah posisi barang-barang agar saat koper dalam posisi berdiri, benda-benda yang berada di paling bawah adalah yang paling berat dan baju-baju yang ringan ada di paling atas.

  • Manfaatkan ruang kosong

Cari ruang kosong di dalam koper, misalnya di sela-sela tumpukan pakaian untuk menyelipkan ikat pinggang bahkan sandal. Jika Kamu membawa tas cadangan di dalam koper, masukkan celana dalam Kamu ke dalamnya. Kaus kaki? Jejalkan ke dalam sepatu yang Kamu simpan koper (atau bisa juga menjadi kantong untuk menyimpan aksesori).

  • Pisahkan Perlengkapan Mandi & Komestik

Pastikan semua peralatan mandi, perawatan tubuh serta kosmetik disimpan di dalam kantong atau tas kecil khusus yang kedap air sehingga jika tumpah, baju Kamu tidak akan menjadi korban. Jika Kamu berangkat menggunakan pesawat, jangan lupa menyimpan toiletries yang berukuran lebih dari 100 ml di dalam check-in luggage.

Tips Tambahan :

  1. Sediakan beberapa tas plastik untuk menyimpan pakaian kotor agar terpisah dari pakaian bersih. Apalagi jika Anda memilih liburan di daerah pantai, pasti akan ada pakaian basah dan kotor. Oleh karena itu, selalu sediakan tas plastik cadangan.
  1. Lihat lagi, baju mana yang paling berat atau paling memakan space di koper atau di tas ransel kamu. Sebaiknya baju itulah yang dipakai dalam perjalanan. Hal ini biasanya berlaku untuk jaket, celana jeans, dan sepatu boots yang cukup memakan tempat.
  1. Untuk baju yang mudah kusut, bungkus dengan plastik dry cleaning sebelum dilipat untuk menghindari kusut dan lipatan yang membekas. dan kamu dapat memakai jasa laundry untuk baju-baju bawaan kamu.
  1. Pisahkan juga barang-barang yang selalu Kamu perlukan seperti dompet atau paspor ke dalam tas kecil lain sehingga akan mudah diambil saat dibutuhkan dan tidak perlu membongkar tas yang berisi pakaian dan barang lainnya. Waktu liburan Kamu pun tidak tersita oleh hal-hal yang tidak penting.
  1. Butuh menyimpan krim pelembap atau sunscreen di tas kabin, tapi ukuran botolnya di atas 100 ml? Gunakan bersama satu tas yang untuk menyimpan krim atau lotion selama di perjalanan.
  1. Membawa barang pecah, seperti perfume? Masukkan ke dalam kaus kaki tebal atau rangkap dua agar terlindung dari benturan.
  1. Bingung cara packing bra atau pakaian dalam? supaya tidak memakan tempat dan tidak merusak cup? Tumpuk semua bra menjadi satu, isi bagian cup-nya dengan benda-benda lain, seperti celana dalam atau kantung aksesori, kemudian lipat bra dengan cara menyatukan kedua cup-nya. dan jangan lupa untuk merapikannya bersama pakaian dalam lainnya, dengan menggunakan Underwear Organizer.
  2. Jangan sampai tertinggal hal-hal penting seperti identitas diri, seperti KTP, SIM dan identitas lainnya untuk kamu yang berpergian dalam kota dengan transportasi kereta api dan bis, jangan lupa untuk membawa bukti tiket kereta api atau tanda booking bus atau Paspor dan tiket pesawat. Ini juga harus diperhatikan, letakkan di tas yang terpisah, jangan disatukan dengan koper atau backpack yang kalian bawa.

Happy Traveling, Guys!

Bagikan Artikel