7 Tips Sehat Menjalankan Ibadah di Bulan Puasa

1643
buah beracun, buah yang beracun, buah berbahaya

Agar tubuh tetap fit dan tidak rentan terkena penyakit, yuk jaga tubuh kita dengan membaca tips puasa sehat selama Bulan Ramadan berikut ini!


Tips Puasa SehatĀ – Puasa Ramadan merupakan ibadah umat Islam menahan nafsu dari terbitnya Matahari hingga tenggelamnya sang Mentari, termasuk menahan makan dan minum. Karena itu, tubuh tentunya akan membutuhkan asupan gizi yang cukup saat berbuka dan ketika sahur.

Agar tubuh tetap sehat saat bulan puasa, kamu butuh untuk melakukan beberapa hal. Inilah tips sehat menjalankan bulan puasa!

Ramadan Ekstra

BACA JUGA: Penyakit-Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Tips Sehat Jalani Ibadah Puasa

1. Jangan Lewatkan Sahur

Tips Sehat Menjalankan Bulan Puasa - jangan melawatkan sahur
Sumber gambar: Pexels

Sahur dapat disamakan dengan sarapan. Tips sehat menjalankan bulan puasa pertama adalah jangan melewatkan sahur. Sahur sangat diperlukan agar tubuh mempunyai asupan dan cairan untuk bertahan selama puasa.

Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks serta protein agar tidak cepat lapar.

2. Hindari Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Tips Sehat Menjalankan Bulan Puasa - hindari makan berlebih
Sumber gambar: Pexels

Salah satu hal yang umum dirasakan saat puasa adalah perasaan kalap saat berbuka puasa. Tujuan puasa sendiri adalah untuk dapat mengendalikan serta menahan diri. Tips sehat menjalankan bulan puasa kedua adalah hindari makan berlebihan saat buka puasa. Ketahuilah bahwa segala yang berlebihan itu tidak baik.

3. Hindari Makanan yang Terlalu Asin, Manis dan Berminyak

Tips Sehat Menjalankan Bulan Puasa - hindari makanan asin, manis dan berminyak
Sumber gambar: Pexels

Memilih makanan yang tepat merupakan salah satu tips sehat menjalankan bulan puasa. Hindari makanan yang terlalu asin, manis ataupun berminyak. Makanan manis dan berminyak dapat menyebabkan rasa lelah dan mengantuk.

Konsumsilah makanan atau minuman dengan kadar gula, garam dan minyak yang wajar.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips Sehat Menjalankan Bulan Puasa - cukupi kebutuhan cairan tubuh
Sumber gambar: Pexels

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan rasa lemas dan kurang fokus selama puasa. Tips sehat menjalankan bulan puasa berikutnya adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Salah satu caranya dengan banyak minum air putih pada saat sahur ataupun buka puasa. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan juga soda.

jual peralatan olahraga
Yuk, lebih aktif dengan perlengkapan olahraga terbaik dan termurah di sini!

5. Olahraga Ringan

Banyak orang yang berhenti melakukan kegiatan olahraga saat bulan puasa karena dianggap terlalu berat untuk dilakukan saat puasa. Tips sehat menjalankan bulan puasa berikutnya adalah dengan olahraga ringan.

Cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging ataupun bersepeda saat menjelang buka puasa.

6. Tidur yang Cukup

Tips Sehat Menjalankan Bulan Puasa - tidur yang cukup
Sumber gambar: Pexels

Seperti yang kita tahu, saat bulan puasa kita akan bangun jauh lebih awal dari hari-hari biasa karena harus sahur. Tips sehat menjalankan bulan puasa selanjutnya adalah tidur yang cukup.

Jika kita kurang tidur, tubuh kita tentunya akan terasa lebih lemas dan bisa menyebabkan sakit. Cobalah untuk mengatur pola tidur kamu saat bulan puasa.

7. Mengonsumsi Vitamin

Begitu banyak cairan serta asupan yang terbuang saat puasa. Untuk mengembalikannya, cobalah untuk mengonsumsi vitamin yang alami. Vitamin dapat mengembalikan cairan serta mineral yang terbuang dari dalam tubuh.

Cara ini merupakan tips sehat menjalankan bulan puasa terakhir.

BACA JUGA: Tips Menghindari Dehidrasi Selama Menjalani Ibadah Puasa

Itulah beberapa tips sehat menjalankan bulan puasa. Mari jaga kesehatan kita sendiri, ingatlah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Yuk, mulai berbagai produk-produk kesehatan untuk buat ibadah puasa lebih sehat di Tokopedia.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa, Toppers!

makanan sehat
Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!
ramadan ekstra 2019

Bagikan Artikel