• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tokopedia Bersama UPRINTIS, TP-PKK Jawa Tengah dan Pemkot Semarang Dukung UMKM Perempuan Kota Semarang dalam Adaptasi Di

03 March 2023

Share

Tokopedia Bersama UPRINTIS, TP-PKK Jawa Tengah dan Pemkot Semarang Dukung UMKM Perempuan Kota Semarang dalam Adaptasi Di

Semarang, 28 Februari 2023 - Tokopedia berkolaborasi dengan UPRINTIS dan Tim Penggerak PKK Jateng mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital bertajuk “Dukung Perempuan Tangguh Makin Berdaya di Era Digital” yang dihadiri 150 UMKM lokal wilayah Semarang secara luring di Quest Hotel Semarang.

Direktur Kebijakan Publik dan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengatakan, “Dengan konsistensi semangat #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital sebagai salah satu upaya untuk terus melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM perempuan agar dapat bersaing di era digital. Tokopedia juga memiliki misi untuk memberikan panggung seluas-luasnya kepada pelaku bisnis Indonesia, tak terkecuali UMKM Perempuan di Kota Semarang dalam adaptasi digital agar dapat mendorong perekonomian nasional, serta mengakselerasi transformasi digital nasional.”

Kolaborasi ini bertujuan untuk berbagi pengalaman mengenai peran, tantangan serta peluang yang dihadapi oleh UMKM Perempuan dalam menghadapi proses digitalisasi serta demi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Pemerintah Kota Semarang mengapresiasi Tokopedia dalam mendukung UMKM perempuan di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang. Harapan kami, melalui Kelas Perempuan Maju Digital ini, dapat menambah potensi pelaku usaha perempuan Kota Semarang dalam berbisnis online dan membuat strategi bisnis yang tepat agar membuka peluang untuk naik kelas,” ucap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah (sekaligus Sekretaris PKK Provinsi Jawa Tengah) Ibu Dra. Ema Rachmawati, M. Hum yang mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Jateng, Ny. Atikoh Ganjar Pranowo.

Pemilik UMKM dari Semarang Heritage Brass, Mita Nurul Fajar Indah, yang menjadi salah satu pembicara membagikan pengalaman berjualan online sejak meneruskan usaha keluarga di bidang aksesori dekorasi rumah dari material kuningan daur ulang yang sudah berdiri puluhan tahun.

“Berkat pemanfaatan platform online, saya bisa meneruskan usaha keluarga saya yang sudah berdiri puluhan tahun. Tokopedia berkontribusi signifikan terhadap penjualan Heritage Brass. Omzet kami meningkat dua kali lipat dibanding sebelum bergabung di Tokopedia,” ucap Mita yang turut memberdayakan perajin lokal kuningan dari Juwana, Jawa Tengah.

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dorong Kenaikan Transaksi Belanja dan PBB

Pada kesempatan yang sama, Tokopedia menyampaikan bahwa didorong inisiatif Hyperlocal, kategori Kategori Kesehatan, Elektronik, Rumah Tangga, Makanan & Minuman, dan Fesyen menjadi yang paling populer di Kota Semarang pada 2022. Tren peningkatan belanja tersebut turut mendorong Kecamatan Tembalang, Tugu, Pedurungan, Mijen dan Gunungpati menjadi kecamatan dengan kenaikan transaksi tertinggi selama tahun 2022.

Contoh manifestasi dari inisiatif Hyperlocal di antaranya Waktu Indonesia Belanja (WIB) Semarang dan Dilayani Tokopedia. “Tokopedia mencatat jumlah transaksi WIB Kota Semarang hampir 1,5x lipat, sedangkan jumlah penjual yang mengikuti kampanye WIB meningkat lebih dari 2x lipat pada 2022 dibandingkan 2021. Sedangkan jumlah transaksi yang menggunakan layanan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Kota Semarang turut naik hampir 3x lipat,” jelas Astri.

Di sisi lain, pengiriman dari Kota Semarang ke Kab.Keerom di Provinsi Papua menjadi rute pengiriman terjauh selama 2022. Selain itu, Tokopedia bersama para mitra strategis, termasuk pemerintah provinsi Jawa Tengah fokus membantu pemulihan ekonomi nasional, salah satunya melalui kolaborasi pembayaran PBB. Berdasarkan data internal Tokopedia, jumlah transaksi PBB yang dilakukan oleh masyarakat domisili Jawa Tengah mengalami peningkatan sebesar hampir 1,5x lipat.

“Tokopedia berharap seluruh pihak lebih gencar berkolaborasi membantu UMKM lokal agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan era digital dan bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” tutup Astri.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | pr@tokopedia.com

Share

Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

 Mengenal Tokopedia Marketing Solutions, Solusi Pemasaran Menyeluruh Bagi Pelaku Bisnis di Indonesia
Siaran Pers
Mengenal Tokopedia Marketing Solutions, Solusi Pemasaran Menyeluruh Bagi Pelaku Bisnis di Indonesia
© 2009-2024, PT Tokopedia