Tokopedia Salam Permudah Masyarakat Beribadah dan Berbagi Kebaikan Selama Ramadan

0
667

Indonesia, 15 Mei 2020 – Ramadan tahun ini hadir dengan kondisi yang berbeda. Pemerintah terus mengingatkan masyarakat tetap berada di rumah demi memutus rantai penyebaran pandemi. Di sisi lain, Tokopedia melihat bahwa pandemi ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam beribadah dan berbagi kebaikan dari rumah, terutama selama bulan Ramadan.

Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda, menyatakan, “Tokopedia terus berkolaborasi dengan berbagai mitra amanah untuk mempermudah masyarakat memanfaatkan fitur Zakat Fitrah, Zakat Maal, Kotak Amal, Al-Qur’an digital, Jadwal Sholat dan banyak lainnya melalui ekosistem Tokopedia Salam. Rangkaian inisiatif ini menjadi fokus Tokopedia Salam demi menunjang kegiatan ibadah dan berbagi selama bulan Ramadan.”

“Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam juga terus berkolaborasi dengan para mitra terpercaya demi membantu masyarakat menemukan berbagai pilihan produk dan layanan yang baik tanpa harus keluar rumah, mulai dari makanan dan minuman, fesyen muslim hingga kecantikan,” lanjut Garri.

Tokopedia juga bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), untuk mempermudah masyarakat dapat menemukan jutaan produk bersertifikat halal secara lengkap, mudah dan amanah.

Berbagi Kebaikan dari Rumah Semakin Mudah dan Amanah

Data internal Tokopedia mengungkapkan bahwa semakin banyak masyarakat yang bergerak untuk berbagi kebaikan selama bulan Ramadan walau di tengah pandemi.

Zakat Maal dan Fitrah – Animo masyarakat dalam membayar Zakat Fitrah dan Zakat Maal di sisi lain meningkat signifikan. Hal ini terlihat dari performa fitur Zakat Maal yang meningkat menjadi 3 kali lipat selama periode Ramadan tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Melihat antusiasme yang begitu tinggi, Tokopedia menghadirkan sejumlah inisiatif baru untuk mendorong lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan. Pengguna kini dipermudah dalam menghitung baik jumlah zakat fitrah maupun zakat maal yang harus dibayarkan secara langsung di Tokopedia sehingga tidak perlu lagi menghitung secara terpisah. 

Setelah melakukan pembayaran zakat, pengguna bisa mendapatkan bukti setoran pajak secara digital yang bisa digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan potongan pajak penghasilan.

Donasi – Berkat inisiatif masyarakat dalam berdonasi melalui fitur ‘Bantu Pejuang COVID-19’, Tokopedia berhasil mengumpulkan sebesar Rp7,3 M untuk membantu menyalurkan alat pelindung diri (APD) dan peralatan medis lainnya ke 131 rumah sakit dan institusi kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia.

Antusiasme Tinggi Masyarakat dalam Beribadah dari Rumah

Selama bulan Ramadan, antusiasme masyarakat dalam menggunakan produk dan layanan Tokopedia Salam untuk beribadah meningkat signifikan, salah satunya terlihat dari peningkatan pemakaian fitur Al-Qur’an digital.

“Kunjungan pada fitur Al-Qur’an digital, misalnya, mengalami kenaikan menjadi lebih dari 3 kali lipat selama periode Ramadan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Selain itu, masyarakat cenderung meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an digital pada waktu subuh, zuhur dan magrib,” terang Garri.

Tokopedia di sisi lain menambahkan fitur Jadwal Sholat pada ekosistem Tokopedia Salam yang mempermudah masyarakat melihat jadwal sholat sekaligus puasa Ramadan ini. 

Program KOTA – Masyarakat juga disediakan pilihan untuk berbagi melalui program Kakak dan Orang Tua Asuh (KOTA). Dengan berkolaborasi bersama Human Initiative, kini Tokopedia memungkinkan masyarakat dapat berperan sebagai kakak atau orang tua asuh untuk menyediakan dana bantuan secara rutin kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Gift Card – Masyarakat juga dapat mengirim kartu hadiah digital bertema Ramadan kepada teman dan keluarga melalui Tokopedia Gift Card. Penerima dapat menggunakan kartu hadiah dengan nominal tertentu untuk membeli aneka produk yang diinginkan lewat Tokopedia.

Segera Diluncurkan: Fidyah dan Infaq – Tokopedia ke depannya akan meluncurkan fitur Fidyah untuk mempermudah masyarakat yang memiliki kewajiban membayar fidyah atas sejumlah hari puasa tertinggal dan tidak dapat digantikan di lain waktu. Fitur Kotak Klenceng juga akan menjadi fitur yang akan segera diluncurkan demi membantu masyarakat menunaikan infaq untuk pembangunan masjid atau bantuan anak yatim. 

“Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran, bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik. Melalui sederet inisiatif ini, kami terus berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia secara digital,” tutup Garri.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.