• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Jenis Koleksi Gundam Terfavorit Wajib untuk Koleksi

09 August 2022
Share
12 Jenis Koleksi Gundam Terfavorit Wajib untuk Koleksi

Model kit Gundam banyak digemari para pecinta dari serial anime Gundam. Berikut jenis model kit Gundam terbaik yang bisa kamu miliki!


Gundam merupakan salah satu serial anime paling terkenal yang pertama kali muncul di tahun 1979. Anime ini menceritakan tentang peperangan manusia di luar angkasa dengan menggunakan robot Gundam.

Kini, Gundam sudah muncul dalam berbagai macam bentuk hiburan seperti film, manga, dan game. Salah satu yang punya banyak penggemar adalah Gunpla atau Gundam Plastic Model Kit.

Gunpla merupakan lini mainan Gundam yang berbahan plastik dan perlu dirakit sendiri. Ada banyak detail yang menarik dan membuatnya terlihat seperti aslinya.

Baca Juga: Cara Mengajari Anak Belajar Membaca yang Efektif

Jenis Koleksi Model Kit Gundam Terfavorit

Ada beberapa jenis Gunpla yang Toppers perlu ketahui sebelum membelinya karena masing-masing mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis koleksi model kit Gundam.


1. Gundam SD (Super Deformed)


Gundam SD (Super Deformed)

Jenis koleksi Gundam terfavorit pertama adalah Gundam Super Deformed atau biasa disebut Gundam SD. Gundam ini memiliki ukuran kecil sekitar 8-10 cm dengan bagian kepala yang besar untuk memberikan kesan lucu yang berbeda dengan Gundam pada umumnya.

Gundam ini minim sendi sehingga sulit untuk diatur posenya. Gundam ini sangat cocok untuk kamu yang baru memulai mengoleksi Gundam.

Rentang Harga: Rp40.000 - Rp595.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam SD


2. Gundam HG (High Grade)


Gundam HG (High Grade)

Jenis koleksi Gundam yang satu ini adalah jenis koleksi Gundam paling laris di pasaran. Gundam High Grade pertama kali dikenalkan pada tahun 1990.

Gundam ini memiliki skala 1:144 dengan tinggi sekitar 15 cm, sangat cocok untuk kamu yang baru mencoba merakit Gundam karena perakitan Gundam ini masih tergolong mudah dan tidak memakan banyak waktu. Detail dan sendi dari Gundam High Grade juga masih sederhana.

Rentang Harga: Rp150.000 - Rp4.795.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam HG


3. Gundam MG (Master Grade)


Gundam MG (Master Grade)

Gundam Master Grade adalah Jenis Koleksi Gundam yang memiliki detail yang lebih baik dari jenis High Grade. Gundam dengan skala 1:100 ini memiliki banyak parts kecil sehingga lebih sulit dalam perakitannya.

Jenis koleksi Gundam ini juga dapat lebih diatur pose nya karena memiliki lebih banyak sendi dan adanya inner frame yang membuat Jenis Gundam ini lebih kokoh.

Rentang Harga: Rp250.000 - Rp7.500.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam MG


4. Gundam RG (Real Grade)


Gundam RG (Real Grade)

Jenis koleksi Gundam RG atau Real Grade adalah Jenis koleksi Gundam dengan skala 1:144 dengan teknologi inner frame yang disebut Advanced MS Joint yang menjadikan jenis Gundam ini mudah diatur posenya.

Gundam RG memiliki banyak parts yang sangat kecil, hal tersebut membuat tingkat detail dari jenis koleksi Gundam ini sangat tinggi dan perlu keahlian khusus dalam merakitnya.

Rentang Harga: Rp180.000 - Rp2.997.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam RG


5. Gundam PG (Perfect Grade)


Gundam PG (Perfect Grade)

Gundam PG atau Perfect Grade adalah jenis koleksi Gundam dengan tingkat paling tinggi, dari segi kualitas, detail dan kesulitannya. Gundam ini memiliki artikulasi sangat tinggi sehingga bisa di atur pose layaknya dalam serial animenya.

Memiliki tinggi sekitar 30cm, jenis koleksi Gundam ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan Gundam yang persis dengan aslinya atau untuk fotografi model kit.

Rentang Harga: Rp695.000 - Rp25.000.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam PG


6. Gundam HGUC (High Grade Universal Century)


Gundam HGUC (High Grade Universal Century)

Seri Gunpla yang satu ini dirilis pada tahun 1999 dan banyak penggemar yang menunggu-nunggu seri ini pada masanya. Gundamnya tersedia dalam skala 1:144 dan mudah untuk dikoleksi.

Model-modelnya dirilis dengan desain yang lebih bersih dan menggunakan modern injection moulding technology. Sampai sekarang, jenis ini masih ada dan memiliki kualitas yang sama pada saat pertama kali dirilis.

Rentang Harga: Rp195.000 - Rp31.000.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam HGUC

Baca Juga: Merk Mainan Kolam Bola Anak untuk si Kecil Main di Rumah

7. Gundam Reborn-One Hundred (RE/100)


Gundam Reborn-One Hundred (RE/100)

Bandai memperkenalkan jenis Reborn-One Hundred, atau lebih dikenal sebagai RE/100, pada tahun 2014. Lini ini menyediakan Gundam dengan skala 1:100.

Produk-produknya memiliki ukuran yang besar dan tidak se-detail jenis MG. Namun, tingkat artikulasinya lebih baik atau setara dengan jenis HG skala 1:144.

Rentang Harga: Rp475.000 - Rp4.435.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam RE/100


8. Gundam First Grade (FG)


Gundam First Grade (FG)

Lini pertama yang diperkenalkan ke para fans merupakan lini First Grade. Awalnya Gunpla tidak memiliki grade, dan baru diperkenalkan pada tahun 1990.

Jenis ini memiliki detail yang terbatas, beberapa memerlukan lem untuk merakitnya, dan bahkan perlu dicat sendiri. Bandai mulai merilis versi FG baru yang lebih diperbarui pada tahun 1999.

Rentang Harga: Rp165.000 - Rp1.312.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam FG


9. Gundam No Grade (NG)


Gundam No Grade (NG)

Gunpla dengan jenis No Grade pertama kali dirilis pada tahun 1980 dan sekali-sekali dirilis ulang oleh Bandai.

Mirip seperti First Grade, jenis ini memiliki detail yang terbatas, membutuhkan lem dan cat untuk dirakit. Beberapa Gunpla yang tidak termasuk dalam kategori apapun akhirnya juga dimasukkan dalam kategori NG.

Rentang Harga: Rp297.000 - Rp2.133.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam NG


10. Gundam Entry Grade (EG)


Gundam Entry Grade (EG)

Mayoritas dari Gunpla lini Entry Grade memiliki skala 1:144 dan berasal dari seri meta Gundam. Lini ini pertama kali diperkenalkan di Cina pada tahun 2011.

Seri EG ini juga mirip dengan First Grade dan No Grade. Produknya tidak memiliki polycaps dan hanya dicetak dengan 3 warna.

Rentang Harga: Rp50.000 - Rp581.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam EG


11. Gundam Mega Size (MS)


Gundam Mega Size (MS)

Untuk merayakan ulang tahun Mobile Suit Gundam yang ke-30, Bandai merilis model Mega Size dengan skala 1:48.

Gunpla Mega Size ini bisa dikatakan sebagai Gunpla HG dengan ukuran yang jumbo dan memiliki harga yang lebih rendah dari PG.

Rentang Harga: Rp789.000 - Rp16.625.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam MS


12. Gundam Hi-Resolution (HiRM)


Gundam Hi-Resolution (HiRM)

Gunpla dengan grade Hi-Resolution adalah produk dari bagian seri meta Gundam dan produk-produknya memiliki skala 1:100.

Setiap kit dari lini ini terdiri dari rangka bagian dalam yang sudah dirakit dan rangka bagian luar dengan lapisan yang mengkilap. Beberapa dari Gunpla lini HiRM juga menghadirkan bagian diecast yang terbuat dari logam.

Rentang Harga: Rp500.000 - Rp3.970.000

Cek Lebih Lengkap Produk Gundam MS

Baca Juga: Berbagai Vitamin Daya Tahan Tubuh Anak Terbaik, Jauhkan Si Kecil dari Penyakit

Itu dia, Toppers, jenis koleksi Gundam terfavorit untuk para penggemarnya. Merakit sebuah Gunpla belum tentu mudah dan itu merupakan bagian paling serunya.

Kalau kamu ingin mulai mengoleksi dan merakit Gundam sendiri, kamu bisa mendapatkannya dengan harga terbaik di Tokopedia. Yuk, cek sekarang!

Penulis: Keefe

TAGS
    Share
    Rizfa Putri KhainayyaRizfa Putri Khainayya

    Related Articles

    7 Pilihan Light Novel: Novel Ringan Terbaik untuk Menemani Harimu!
    Hobi dan Gaya Hidup
    7 Pilihan Light Novel: Novel Ringan Terbaik untuk Menemani Harimu!
    © 2009-2023, PT Tokopedia