• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Merek Obat Pencahar yang Aman dan Ampuh Atasi Sembelit

23 August 2022

Share

12 Merek Obat Pencahar yang Aman dan Ampuh Atasi Sembelit

Banyak minum air tapi tetap sulit BAB? Merek obat pencahar di apotik terbaik berikut ini bantu atasi sembelit dengan cepat dan efektif!


Seperti halnya flu dan sakit kepala, hampir semua orang pernah mengalami sulit buang air besar (BAB) alias sembelit. Gangguan pencernaan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti diet kurang serat, jarang beraktivitas, atau kurang minum air mineral.

Masalah sulit buang air besar umumnya tidak menimbulkan komplikasi serius, namun rasa perut kembung pastinya tidak nyaman. Salah satu cara mengatasi sembelit adalah dengan menggunakan laksatif atau obat pencahar.

Obat pencahar sendiri memiliki banyak tipe yang bekerja dengan cara berbeda-beda. Kini ada banyak obat pencahar yang aman dan mudah didapatkan di apotek atau toko.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Daun Salam, Manjur untuk Tangkal Penyakit

Rekomendasi Obat Pencahar

Dalam memilih obat pelancar BAB, kamu tetap perlu memperhatikan dosis penggunaan untuk mencegah efek samping berbahaya. Berikut ini rekomendasi merek obat pencahar yang ampuh mengatasi sembelit dan aman digunakan, ada juga yang boleh dikonsumsi anak-anak.


1. Dulcolax Tablet


obat pencahar - dulcolax

Obat pencahar Dulcolax merupakan tipe pencahar stimulan. Obat ini biasanya digunakan di rumah sakit untuk mengosongkan usus sebelum operasi. Selain itu, obat pencahar Dulcolax dapat digunakan untuk memberikan rasa lega dari konstipasi yang menyakitkan.

Dulcolax mengandung bahan aktif Bisakodil yang merangsang kerja dan kontraksi usus besar sehingga dapat mengeluarkan feses sekaligus. Tablet ini umumnya bekerja setelah 6–12 jam setelah diminum. Disarankan untuk tidak memberikan obat ini kepada anak dibawah usia 4 tahun.

  • Indikasi: Mengobati masalah kesulitan BAB atau sembelit. Untuk persiapan prosedur terapi diagnostic, terapi sebelum dan sesudah operasi dan dalam kondisi untuk mempercepat pengosongan usus.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Dulcolax Tablet. Tidak dianjurkan untuk pasien yang baru saja mengalami pembedahan di bagian perut, ileus, usus buntu, penyakit radang usus akut, nyeri perut yang begitu parah disertai dengan mual dan muntah.
  • Perhatian: Tablet harus ditelan secara utuh dan tidak boleh diminum bersamaan dengan susu, antasida, atau zat proton pump inhibitor lainnya.
  • Rentang Harga: Rp8.100 – Rp18.500 (4 tablet/10 tablet)

Beli Dulcolax Tablet di Sini


2. Lactulax Sirup


obat pencahar - lactulax

Lactulax mengandung Lactulose yang merupakan gula dari senyawa fruktosa dan galaktosa, umumnya dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan. Jenis gula ini membantu meningkatkan kadar air dalam usus besar untuk melunakkan feses. Hasilnya, kamu akan jauh lebih mudah buang air besar.

Sirup pencahar ini dapat digunakan untuk anak-anak maupun dewasa sesuai rekomendasi dosis. Jika digunakan dengan benar, obat Lactulax dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Agar lebih efektif, pastikan mengonsumsi banyak air putih dengan obat sembelit tersebut.

  • Indikasi: Untuk mengatasi konstipasi atau sembelit, kandungan laktosanya dapat melunakkan tinja dan memudahkan untuk dikeluarkan.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Lactulax Sirup. Hindari penggunaan Lactulax pada pasien yang sedang menjalani diet galaktosa atau kadar galaktosemia dalam darah sedang meningkat.
  • Perhatian: Diabetes dan galaktosemia.
  • Rentang Harga: Rp45.000 – Rp105.000 (60 ml/120 ml/200 ml)

Beli Lactulax Sirup di Sini


3. Laxadine Sirup


obat pencahar - laxadine

Laxadine memiliki tiga komposisi aktif yaitu Phenolphtalein, Paraffin cair, dan Gliserin. Setiap zat aktif ini dapat mendukung kerja usus dengan melicinkan jalan dan menambahkan volume feses untuk mengobati masalah sembelit.

Walau cenderung aman digunakan, pastikan untuk minum air mineral yang banyak agar tubuh tidak kekurangan cairan dan elektrolit. Untuk ibu hamil, laktasi, anak dibawah 6 tahun, dan lanjut usia sebaiknya tanyakan dokter terlebih dahulu.

  • Indikasi: Mengobati susah buang air besar atau konstipasi dengan melicinkan jalannya feses dan menambahkan volume feses secara sistematis sehingga mudah dikeluarkan.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Laxadine Sirup. Ileus obstruktif atau nyeri perut yang tidak diketahui penyebabnya.
  • Perhatian: Hindari penggunaan jangka lama terus menerus karena dapat membuat tubuh kekurangan cairan, lemah otot, dan penurunan berat badan. Hentikan penggunaan obat jika terjadi gangguan perut mual dan muntah. Ibu hamil dan menyusui, anak <6 tahun serta lanjut usia perlu petunjuk dokter.
  • Rentang Harga: Rp30.000 – Rp70.000 (30 ml/60 ml/110 ml)

Beli Laxadine Sirup di Sini


4. Microlax


obat pencahar - microlax

Obat sembelit Microlax tersedia dalam bentuk tube berisi gel yang dimasukkan melalui dubur atau anus. Biasanya tipe obat ini digunakan untuk mengobati enema, tapi bisa juga mengatasi masalah sulit BAB. Obat ini cocok digunakan oleh anak diatas 3 tahun.

Bahan utama obat pencahar Microlax antara lain natrium lauril sulfoasetat, sorbitol, dan PEG 400. Kombinasi dari bahan tersebut ampuh untuk menurunkan tegangan permukaan feses. Microlax dapat dibeli satuan atau paket yang berisi 3 tabung.

  • Indikasi: Mengatasi susah buang air besar atau sembelit, khususnya bagi penderita yang harus tinggal di tempat tidur, baik orang dewasa, lansia, anak-anak dan wanita hamil.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Microlax. Jangan gunakan obat ini pada penderita penyakit wasir akut dan radang usus besar.
  • Perhatian: Konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.
  • Rentang Harga: Rp17.000 – Rp72.000 (5 ml)

Beli Microlax di Sini


5. Vegeta Herbal


obat pencahar - vegeta herbal

Vegeta Herbal merupakan salah satu obat pencahar alami yang mudah didapatkan di toko dan apotek. Suplemen ini menggunakan kombinasi serat dan laksatif alami dari tumbuhan herbal yang efektif melancarkan kerja usus dan membersihkan tubuh dari racun.

Cara penggunaannya pun praktis, kamu cukup campurkan satu bungkus Vegeta Herbal dengan segelas air es, aduk, dan segera diminum. Obat sembelit ini cukup unik dengan rasa anggur merah. Wajib dicoba bagi kamu yang tidak suka menelan rasa obat yang pahit.

  • Indikasi: Membantu melancarkan buang air besar.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Vegeta Herbal. Penderita gangguan ginjal, jantung, sumbatan usus, radang usus, usus buntu, nyeri perut tidak diketahui penyebabnya, dehidrasi dan gangguan elektrolit.
  • Perhatian: Konsultasi ke dokter jika digunakan bersama dengan obat lain. Dianjurkan untuk memberikan selang waktu 2 – 3 jam antar pemberian oral obat lain dengan produk ini. Tidak boleh diberikan pada penderita gangguan pencernaan. Pengguna harus disertai minum air putih minimal 8 gelas sehari. Tidak boleh digunakan tanpa air.
  • Rentang Harga: Rp3.000 – Rp30.000 (Satuan/6 sachet/12 sachet)

Beli Vegeta Herbal di Sini

Baca Juga: Deretan Makanan Tinggi Serat: Cegah Sembelit, Pencernaan Sehat
makanan sehat, camilan sehat

Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!


6. Laxing Tablet


obat pencahar - laxing

Keluhan susah BAB dapat diatasi dengan mudah dengan obat sembelit alami merek Laxing. Setiap tablet terbuat dari ekstrak tanaman herbal seperti Senna, lidah buaya, dan Foeniculi yang cenderung aman.

Salah satu keunggulan Laxing adalah membantu mengatasi sembelit tanpa rasa mulas dan diare. Konsumsi 1-2 kapsul Laxing dan minum sebelum tidur untuk melancarkan BAB.

  • Indikasi: Melancarkan buang air besar. Melunakkan tinja.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Laxing. Ibu hamil dan menyusui.
  • Perhatian: Dapat menyebabkan diare jika dikonsumsi berlebih.
  • Rentang Harga: Rp3.300 – Rp78.000 (4 tablet/10 tablet/100 tablet)

Beli Laxing Tablet di Sini


7. Kompolax


obat pencahar - kompolax

Obat pencahar dalam bentuk sirup ini ampuh melembekkan feses di saat konstipasi dengan zat aktif paraffin cair, phenolphthalein, dan gliserol. Kompolax tergolong obat bebas terbatas yang dapat dipakai sesuai konsultasi medis dengan dokter untuk penggunaan yang aman.

Untuk menghindari komplikasi, jangan dikonsumsi oleh anak-anak di bawah 6 tahun, wanita hamil dan menyusui, serta pasien yang peka terhadap komposisi dalam obat.

  • Indikasi: Untuk melembekkan tinja pada konstipasi atoni, peradangan sekitar anus misalnya hemoroid, atau setelah operasi.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Kompolax.
  • Perhatian: Tidak untuk ibu hamil dan menyusui, serta anak usia kurang dari 6 tahun. Hindari pemakaian terus-menerus.pemakaian jangka panjang karena dapat menyebabkan diare, mual, muntah. Reaksi alergi pada kulit.
  • Rentang Harga: Rp8.500 – Rp17.500 (60 ml)

Beli Kompolax di Sini


8. Syifa Kids Mbelit


obat pencahar - syifa kids mbelit

Mencari obat sembelit untuk si kecil cenderung sulit karena pencernaan anak yang sensitif? Syifa Kids menghadirkan obat pencahar khusus untuk anak diatas 6 bulan dengan komposisi alami dan diperkaya dengan vitamin dan mineral.

Obat pencahar anak ini memiliki rasa madu yang manis sehingga mudah ditelan oleh si kecil. Selain masalah sembelit, Syifa Kids mbelit dapat mengatasi perut kembung dan masuk angin yang kerap dialami oleh anak-anak.

  • Indikasi: Melancarkan BAB pada anak-anak dengan komposisi herbal.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Syifa Kids Mbelit.
  • Perhatian: -
  • Rentang Harga: Rp32.000 – Rp50.000 (100 ml)

Beli Syifa Kids Sembelit di Sini


9. Maximus Dietary Herbal


obat pencahar - maximus

Obat sembelit alami yang cukup populer ini menggunakan serat dan ekstrak tanaman Plantago Ovata dan Senna. Obat pencahar Maximus dapat ditemukan secara bebas dan mudah di apotek tanpa perlu resep dokter.

Selain mengatasi konstipasi kronis, obat Maximus juga seringkali digunakan untuk mengobati kondisi wasir. Setelah penggunaan obat, pastikan kamu mengonsumsi air putih yang banyak agar kerja obat semakin efektif.

  • Indikasi: Melancarkan buang air besar dan meringankan wasir.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Maximus.
  • Perhatian: Konsumsi Maximus harus dengan minum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari.
  • Rentang Harga: Rp14.000 – Rp48.000

Beli Maximus Dietary Herbal di Sini


10. Dulcolactol Sirup


obat pencahar - dulcolactol

Sulit menelan obat tablet? Obat Dulcolactol dalam bentuk sirup ini bisa menjadi andalan kamu untuk mengatasi konstipasi. Obat sirup ini dapat dicampur dengan air, sari buah, atau susu untuk menghilangkan rasa obatnya yang pahit.

Dulcolactol termasuk obat sembelit anak-anak hingga lanjut usia. Pastikan ikuti dosis pemakaian dan gunakan setelah makan.

  • Indikasi: Mengobati konstipasi kronik.
  • Kontraindikasi: Penderita hipertensi, galaktosemia, obstruksi GI, perforasi pencernaan. Hipersensitif terhadap kandungan Dulcolactol Sirup.
  • Perhatian: Penderita diabetes melitus. Ibu hamil dan menyusui.
  • Rentang Harga: Rp60.000 – Rp72.000

Beli Dulcolactol Sirup di Sini


11. Litoxa


Litoxa

Litoxa adalah obat pencernaan herbal yang berguna untuk melancarkan BAB, terutama bagi yang sedang melakukan diet. Setiap kapsulnya mengandung Cassia angustifolia Folium Extract 100 mg, Aloe vera Folium Extract 100mg dan Tamarindus Indica Fructus Extract 125 mg.

Toppers disarankan untuk mengonsumsi obat ini sehari sekali 1 – 2 kapsul pada malam hari atau sebelum tidur. Obat ini telah terdaftar di BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi.

  • Indikasi: Membantu melancarkan buang air besar.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Litoxa.
  • Perhatian: Digunakan sehari sekali, sebelum tidur.
  • Rentang Harga: Rp132.000 – Rp260.000 (30 kapsul)

Beli Litoxa di Sini


12. Custodiol


custodiol

Custodiol adalah obat yang mengandung Bisacodyl 5 mg yang berguna untuk membersihkan usus untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Obat ini dikenal sebagai pencahar stimulan yang bekerja dengan meningkatkan gerak usus dan membantu tinja untuk keluar.

Custodiol juga berguna untuk mengosongkan perut ketika sebelum atau sesudah operasi. Toppers dapat menggunakan Custodiol 1 – 2 tablet sebelum tidur atau sesudah makan dengan maksimal 4 tablet, namun jika ragu perlu menyesuaikan dengan anjuran dokter.

  • Indikasi: Terapi konstipasi. Persiapan pemeriksaan diagnostik, terapi sebelum dan sesudah operasi dan pada kondisi yang harus mengeluarkan defekasi.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap kandungan Custodiol. Obstruksi usus, kondisi abdomen yang memerlukan pembedahan akut, apendisitis, penyakit inflamasi usus besar akut, dehidrasi berat.
  • Perhatian: Anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta penggunaan jangka panjang.
  • Rentang Harga: Rp3.800 – Rp17.483 (10 tablet)

Beli Custodiol di Sini

Baca Juga: Obat Kolesterol yang Efektif dan Mudah Didapat di Apotek

Itulah deretan obat pencahar yang bisa mengatasi sembelit dengan efektif. Obat pencahar tersebut bisa kamu dapatkan di Tokopedia dengan harga terjangkau. Pastikan kamu mengikuti rekomendasi dosis penggunaan dan perhatikan komposisi untuk menghindari alergi atau komplikasi.

Bagi Toppers yang sering mengalami sulit BAB, sebaiknya ubah diet dan pola hidup agar lebih sehat. Perbanyak minum air putih, rutin olahraga, maupun mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk membantu pencernaan sehari-hari. Jangan lupa cek Tokopedia untuk produk kesehatan lainnya agar tubuh selalu sehat dan jauh dari segala macam penyakit!

produk kesehatan

Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Benedicta Clarissa Tukiman

© 2009-2024, PT Tokopedia