• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa: Kisah Romantis, Fantasi, hingga Komedi!

01 December 2023

Share

15 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa: Kisah Romantis, Fantasi, hingga Komedi!

Inilah rekomendasi novel Indonesia terbaik sepanjang masa. Mulai dari novel romantis, novel sejarah, fantasi, hingga komedi!


Eksistensi novel Indonesia tidak pernah padam di hati para peminatnya. Apalagi, bahan baca tersebut dapat ditemui di ruang-ruang baca dengan segala daya tariknya, mulai dari unsur ceritanya yang memikat hati hingga pesan nan kesan yang penuh emosional. 

Seiring suburnya perkembangan minat baca masyarakat di Tanah Air, judul pilihan novel buatan penulis dalam negeri pun tengah bertambah banyak. Setiap tahunnya, terbit novel Indonesia terbaru yang bervariasi. Di antara judul-judul yang ada, terdapat beberapa judul novel Indonesia terbaik yang cocok untuk mengisi waktu senggangmu. Judul-judul tersebut sangat direkomendasi untuk kamu baca, Toppers.

 Kira-kira, apa saja ya novel-novel Indonesia terbaik tersebut? Yuk, simak daftarnya sebagai berikut ini!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Novel Romantis Indonesia Best Seller, Hati-hati Baper!

article

Jelajahi koleksi buku original karya penulis populer Indonesia di Festival Pustaka Sastra. Yuk, Bangga Baca Buku Asli bersama Tokopedia!

Daftar Novel Indonesia Terbaik

Seiring berjalannya waktu, genre novel semakin mengalami perkembangan. Hingga saat ini, kamu bisa menikmati berbagai novel dengan genre cerita romantis, inspiratif, fiksi, komedi, dan masih banyak lagi. Nah, bagi Toppers yang sedang ingin mengisi hari dengan membaca novel, yuk, simak rekomendasi 15 novel terbaik yang dibagi sesuai dengan genrenya:

Novel Romantis

1. Ayat-ayat Cinta – Habiburrahman El Shirazy

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Cerita fiktif karangan Habiburrahman ini berkisahkan tentang percintaan Fahri, Maria, dan Aisha yang berlatarkan nuansa Islami. Novel Ayat-Ayat Cinta berhasil meraih berbagai penghargaan, baik di Indonesia maupun mancanegara. Ditambah lagi, cerita novel ini telah disadur ke dalam film dengan judul yang sama pada tahun 2008. Hingga kini, film tersebut tetap banyak dinikmati oleh para pecinta film.

Cek Harga Novel Ayat-ayat Cinta

2. Dilan – Pidi Baiq

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Siapa tak kenal Dilan? Salah satu novel terlaris karya Pidi Baiq ini bahkan juga memecahkan rekor jumlah penonton saat diangkat menjadi film layar lebar dengan judul sama. Seperti diketahui, novel Dilan bercerita tentang seorang remaja sekolah menengah atas (SMA) dan anggota geng motor di Bandung yang memiliki cara unik dalam mengambil hati wanita yang disukainya.

Cek Harga Novel Dilan

3. 11:11 – Fiersa Besari

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Novel berjudul 11:11 bisa dibilang begitu identik dengan ungkapan “jodoh enggak akan ke mana.” Buku ini menegaskan bahwa setiap orang sudah ditakdirkan dengan jodohnya masing-masing, dan waktunya akan tiba. Uniknya lagi tentang novel ini, 11:11 memiliki 11 cerita dan 11 lagu di dalamnya. Bahkan, perilisannya pun mengikuti judulnya, yakni pada 11 November.

Cek Harga Novel 11:11

Baca Juga: Resensi Buku Atomic Habits; Perubahan Kecil, Hasil yang Luar Biasa!

Novel Sejarah

4. Bumi Manusia – Pramoedya Ananta Toer

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Pramoedya Ananta Toer merupakan tokoh sastrawan yang sangat dikenal luas masyarakat Indonesia atas karya-karya apiknya. Meski beberapa kali terlibat dalam situasi panas politik dan idealis negeri sendiri, Pram tetap menuliskan kisah-kisah luar biasa. Sementara itu, Pram pernah disebut-sebut hampir meraih nobel sastra dunia. Soalnya, kebesaran nama dan karya Pram tidak hanya tersebar di Tanah Air saja, tetapi juga tersebar di ranah internasional. Jika kamu ingin membaca karya Pram, bacalah mahakarya Tetralogi Buru. Tetralogi Buru merupakan empat novel serangkai yang berjudul Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.

Cek Harga Novel Bumi Manusia

gramedia online book fair tokopedia

Jangan lewatkan Gramedia Online Book Fair, belanja buku idaman dengan harga terbaik, diskon hingga 90%!

5. Cantik Itu Luka – Eka Kurniawan

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Cantik Itu Luka merupakan novel pertama karya penulis Indonesia yang bernama Eka Kurniawan. Novel ini mengangkat cerita seorang perempuan yang berparas cantik dan manis, namun memiliki kehidupan yang tragis. Dengan kekayaan amanatnya, Cantik Itu Luka memberi pengalaman membaca yang penuh magis dan tangis.

Cek Harga Novel Cantik Itu Luka

6. Rindu – Tere Liye

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Rindu merupakan salah satu novel yang populer karya penulis Tere Liye. Novel ini berlatar perjalanan sebuah kapal yang akan berlayar dari Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi. Dalam buku ini, kamu akan menikmati cerita menarik tentang cinta dari pasangan-pasangan yang menaiki kapal tersebut. Dalam novel ini juga kita diingatkan mengenai toleransi beragama dan tak ada kehidupan yang sempurna.

Cek Harga Novel Rindu

Novel Fantasi

7. Lelaki Harimau – Eka Kurniawan

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Setelah terbitnya Cantik Itu Luka, Eka Kurniawan menerbitkan kembali novel Indonesia terbaru miliknya yang berjudul Lelaki Harimau. Salah satu rekomendasi novel Indonesia terbaik ini menceritakan kisah satu keluarga dan bermacam masalahnya. Lelaki Harimau berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi, seperti Prince Claus Awards 2018 dan Book of The Year IKAPI 2015.

Cek Harga Novel Lelaki Harimau

8. Bumi – Tere Liye

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Salah satu penulis berbakat asal tanah air adalah Darwis atau yang populer dikenal dengan nama pena Tere Liye. Ia telah menulis segudang novel yang berhasil mencuri perhatian banyak orang, termasuk salah satunya adalah novel berjudul “Bumi” ini. Cerita novel ini berawal dari adanya seorang gadis bernama Raib berumur 15 tahun yang memiliki kemampuan istimewa, yakni menghilang. Dikisahkan pula bahwa Raib memiliki sahabat bernama Ali dan Seli. Masing-masing dari mereka mempunyai karakter unik dan kemampuan istimewa. Berkat inilah, mereka bisa pergi ke dunia paralel bumi dan yang pertama kali mereka jelajahi adalah Klan Bulan. Bagaimanakah cerita selanjutnya? Langsung saja beli dan baca novelnya dengan klik link di bawah ini, Toppers!

Cek Harga Novel Bumi

9. Tujuh Kelana – Nellaneva

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Diterbitkan tahun 2020 silam, novel Tujuh Kelana merupakan karya yang ditulis oleh penulis cerita fantasi asal Indonesia bernama Nellaneva. Novel ini menceritakan mengenai dua manusia bernama Zarra dan Dion yang menemukan permata merah. Tidak disangka, ternyata permata tersebut merupakan kunci suatu gerbang yang telah dijaga beratus-ratus tahun lamanya. Semakin menarik lagi karena faktanya, terdapat tujuh permata serupa yang tersebar di seluruh dunia. Ketujuh permata itu adalah kunci portal ajaib yang berada di Pulau Keramat. Penasaran dengan kisah selanjutnya? Yuk, langsung baca novelnya, Toppers!

Cek Harga Novel Tujuh Kelana

Novel Komedi

10. Ubur-Ubur Lembur – Raditya Dika

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Apakah Toppers pecinta novel komedi? Jika iya, jangan sampai kamu lewatkan novel hasil karya dari Raditya Dika ini! Ubur-ubur Lembur pertama kali diluncurkan pada tanggal 7 Februari 2018 dan telah berhasil membuat banyak para pembacanya tertawa serta terhibur. Singkatnya, novel ini menceritakan mengenai perjalanan hidup Raditya Dika tapi dibalut dengan berbagai komedi. Tidak hanya ceritanya yang menarik, novel ini juga dibuat dengan gaya bahasa yang sederhana dan ringan. Ubur-ubur Lembur tentu sangat cocok untuk dibaca oleh kamu yang sedang butuh hiburan, Toppers!

Cek Harga Novel Ubur-Ubur Lembur

11. Ngenest – Ernest Prakasa

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Selain Raditya Dika, ada Ernest Prakasa yang merupakan penulis sekaligus pelawak yang populer di Indonesia. Novelnya yang berhasil menuai gelak tawa pembaca adalah “Ngenest” yang diterbitkan Januari 2013 silam. Buku ini mengisahkan tentang dirinya yang kerap mendapatkan diskriminasi dari lingkungan sekitar karena merupakan keturunan Tionghoa. Dikemas dengan gaya cerita yang lucu, tidak heran apabila banyak orang yang menyukai membaca novel “Ngenest” ini. Bahkan, novel ini juga diadaptasi menjadi film yang asik dan siap membuatmu tertawa, lho, Toppers!

Cek Harga Novel Ngenest

12. Bajak Laut & Purnama Terakhir – Adhitya Mulya

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Rekomendasi novel Indonesia terbaik selanjutnya adalah Bajak Laut & Purnama Terakhir, karya dari Adhitya Mulya. Novel ini sangat direkomendasikan bagi Toppers yang ingin mengetahui sejarah nasional, tapi dengan pembawaan cerita yang menarik dan tidak bosan. Tidak hanya mudah dipahami, novel ini nyatanya juga dikemas dengan unsur komedi sehingga sukses membuat para pembacanya ketagihan dan tertawa. Nah, bagaimanakah sejarah nasional yang ditulis dalam novel ini? Yuk, temukan jawabannya dengan membaca novel ini.

Cek Harga Novel Bajak Laut & Purnama Terakhir

Baca Juga: 15 Rekomendasi Novel Remaja Tema Romantis hingga Kesehatan Mental

Novel Inspiratif

13. 5 CM – Donny Dhirgantoro

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Novel ini menceritakan perjalanan lima orang sahabat yang bernama Arial, Riani Zafran, Ian, dan Genta di gunung yang terjal. Mereka harus menghadapi rintangan medan pegunungan yang tidak mudah dilalui. Kelima sahabat ini juga dihadapkan dengan permasalahan rumit tentang cinta, persahabatan, dan impian. Pada 2012, karya tulis ciptaan Donny Dhirgantoro ini diangkat menjadi layar lebar. Sambutan masyarakat pun di luar ekspektasi, sangat antusias!

Cek Harga Novel 5 CM

14. Laskar Pelangi – Andrea Hirata

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Kisah anak-anak tidak selalu diwarnai dengan bermacam sukacita. Laskar Pelangi pun hadir dengan ceritanya yang berbeda. Di balik canda tawa dan keseruan anak-anak SD Muhammadiyah Belitung, terdapat duka dan masalah pahit yang mereka deritakan. Novel fiksi yang inspiratif ini pernah hits pada masanya. Tidak mengherankan pula bahwa novel ini dibuat versi layar lebarnya dan telah menjadi salah satu film tersukses sepanjang sejarah sinema Indonesia.

Cek Harga Novel Laskar Pelangi

15. Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi

novel indonesia terbaik sepanjang masa

Kehidupan enam santri dari enam daerah berbeda yang menuntut ilmu di suatu pondok pesantren menjadi landasan cerita novel ini. Dengan segala lika-liku yang ada, mereka mencari makna yang tersirat di balik kehidupan dan terus merupaya sebaik-baiknya untuk menyebarkan kebermanfaatan. Walau novel ini merupakan karya perdana Ahmad Fuadi, novel ini telah berhasil meraih beberapa penghargaan. Misalnya, Longlist Khatulistiwa Literary Award 2010, Anugerah Pembaca Indonesia 2010, dan Buku Fiksi Terbaik Perpustakaan Nasional Indonesia 2010.

Cek Harga Novel Negeri 5 Menara

Baca Juga: 10 Buku Self-Improvement Terbaik, Memotivasi dan Membuka Pikiran

Itu dia daftar novel Indonesia terbaik sepanjang masa yang ceritanya tak lekang dimakan waktu. Mana novel pilihanmu, Toppers?

Penulis: Ichsan Andi Lubis & Oeren Lee

© 2009-2024, PT Tokopedia