• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Novel Tere Liye Terbaik Sepanjang Masa, Sudah Baca?

05 December 2023

Share

6 Novel Tere Liye Terbaik Sepanjang Masa, Sudah Baca?

Rekomendasi novel Tere Liye berikut wajib kamu ketahui bagi yang ingin mulai membaca karyanya. Yuk, simak selengkapnya!


Bagi Toppers yang merupakan pecinta novel lokal, pastinya sudah akrab dengan penulis Tere Liye. Di balik nama pena tersebut, ada sosok pria yang lahir di Lahat pada 21 Mei 1979 bernama Darwis.

Darwis a.k.a Tere Liye sudah menjadi sorotan banyak orang. Bagaimana tidak? Hasil karyanya selalu penuh kejutan dan imajinatif. Inilah yang membuatnya berhasil menyentuh hati para pembaca dan terkagum-kagum.

Bahkan, beberapa karyanya juga sudah pernah diadaptasi ke layar lebar seperti “Rembulan Tenggelam di Wajahmu”, “Hafalan Shalat Delisa”, “Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin”, dan lain sebagainya. Nah, apakah Toppers juga sedang berencana membaca novel Tere Liye untuk mengisi hari? Yuk, segera simak rekomendasi novel Tere Liye terbaik di bawah ini!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Healing, Pelajari Isu Dalam Diri

article

Jelajahi koleksi buku original karya penulis populer Indonesia di Festival Pustaka Sastra. Yuk, Bangga Baca Buku Asli bersama Tokopedia!

Rekomendasi Novel Tere Liye

Tere Liye memulai karir tulis-menulis sejak menduduki bangku Sekolah Dasar (SD). Saat itu, ia hanya menulis puisi dan cerpen yang kemudian dikirimkan ke berbagai majalah anak-anak. Sayangnya, hasil karya tulisnya dulu tidak pernah diterbitkan.

Namun, kini, kita bisa melihat kesuksesan dan kepopuleran sosok Tere Liye di dunia sastra Indonesia. Bahkan, sekarang ini, sudah ada lebih dari 50 judul buku yang telah ditulis oleh Tere Liye.

Terdapat beragam genre novel yang ditulisnya, mulai dari action, fantasi, romantis, ekonomi, hingga politik. Berikut adalah beberapa rekomendasi novel Tere Liye terbaik yang bisa Toppers baca:

1. Rembulan Tenggelam di Wajahmu

article

“Rembulan Tenggelam di Wajahmu” merupakan novel Tere Liye yang difilmkan. Novel ini diterbitkan tahun 2009 silam dan diangkat ke layar lebar pada tahun 2019 dengan judul yang sama. Baik novel maupun filmnya ini telah sukses memukau banyak orang dengan alurnya yang unik.

Secara singkat, novel ini mengisahkan kehidupan Ray, yakni seorang anak yatim piatu dengan lima pertanyaan dalam hidupnya. Meskipun perjalanan hidupnya penuh dengan ups and downs, pada akhirnya Ray juga menemukan makna hidupnya.

Dari novel ini, kita bisa memetik pelajaran bahwa kehidupan tidak selamanya penuh dengan kejadian menyenangkan, tapi juga rumit. Kendati demikian, kehidupan setiap orang penuh dengan makna yang tak terduga-duga.

Rentang Harga: Rp 50.000 – Rp85.000

Cek Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Di Sini

2. Bumi

article

Apakah Toppers menyukai novel serial bergenre fantasi? Novel serial “Bumi” bisa menjadi pilihan terbaik untukmu!

Pertama kalinya, “Bumi” diterbitkan pada 2014 lalu dan menjadi salah satu novel best seller di Indonesia. Terdapat 11 buku dari serial “Bumi” ini, yakni Bumi (2014), Bulan (2015), Matahari (2016), Bintang (2017), Ceroz dan Batozar (2018), Komet (2018), Komet Minor (2019), Selena (2020), Nebula (2020), Si Putih (2020), Lumpu (2020).

Secara keseluruhan, novel serial bergenre fantasi ini penuh dengan aksi imajinatif. Alih-alih merasa bosan dengan 11 novelnya, pembaca justru sangat ketagihan untuk membaca kelanjutan novelnya. Dalam novel “Bumi”, diceritakan mengenai gadis remaja berumur 15 tahun bernama Raib yang memiliki kemampuan istimewa dalam dirinya. Lantas, bagaimanakah kelanjutan ceritanya? Langsung saja baca novelnya, Toppers!

Rentang Harga: Rp 82.400 – Rp 99.000

Cek Novel Bumi Di Sini

3. Negeri Para Bedebah

article

Tidak lengkap rasanya apabila tidak memasukkan novel Tere Liye berjudul “Negeri Para Bedebah”. Novel realistis yang diterbitkan tahun 2012 ini juga berbentuk serial dan merupakan seri pertama dari novel “Negeri Di Ujung Tanduk”.

Kisah yang dibawakan dalam novel ini sebetulnya merupakan sindiran pada manusia yang selalu rakus terhadap sesuatu. Tidak hanya ceritanya yang menarik, kamu juga akan dipaparkan dengan berbagai macam istilah ekonomi yang bisa membuka pikiran sekaligus menambah pengetahuan mengenai ekonomi, lho, Toppers.

Meskipun novel ini memiliki ketebalan hingga 440 halaman dan mengangkat cerita mengenai politik dan ekonomi, pembaca tidak merasa bosan karena pembawaan ceritanya yang seru.

Rentang Harga: Rp 64.000 – Rp 96.000

Cek Novel Negeri Para Bedebah Di Sini

Baca Juga: 7 Rekomendasi Novel Wattpad Best Seller, Kisah Seru dan Unik!

4. Tentang Kamu

article

Salah satu novel karya Tere Liye terbaik berjudul “Tentang Kamu”. Novel ini diterbitkan pertama kali pada tahun 2016 silam dan telah mendapatkan rating 4.5/5 di Goodreads. “Tentang Kamu” menceritakan mengenai perjalanan hidup dan perjuangan seorang pengacara muda bernama Zaman yang bekerja di firma hukum Thompson & Co.

Saat menjalani pekerjaannya, ia ditugaskan untuk menemukan dan mengurus warisan Sri Ningsih. Mengandalkan buku harian yang ditemukannya, Zaman pun harus menelusuri perjalanan yang berlika-liku untuk mencari lokasi Sri Ningsih.

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Yuk, segera beli dan baca keseruan novelnya! Ini sangat cocok untuk dibaca bagi Toppers yang butuh motivasi dalam menjalani hidup dan menghadapi masalah.

Rentang Harga: Rp 71.000 – Rp 89.000

Cek Novel Tentang Kamu Di Sini

5. Hujan

article

Mungkin sebagian dari Toppers sudah cukup akrab dengan novel “Hujan” Tere Liye satu ini. Berlatar masa depan, novel ini mengisahkan tentang pertemuan kedua anak bernama Lail dan Esok pada tahun 2042 setelah terjadinya gunung meletus.

Dalam setiap perjalanan hidupnya, Lail selalu menghabiskan waktu bersama-sama dengan Esok. Namun, suatu hari, mereka harus berpisah karena Esok akan menempuh pendidikan di lokasi yang jauh. Lail pun menyimpan rasa pada Esok dan ia semakin sadar bahwa ia membutuhkan Esok di sampingnya.

Saat membaca novel ini, dijamin perasaan Toppers akan diaduk-aduk karena aksi dan momen cerita cinta Lail dengan Esok.

Rentang Harga: Rp 62.400 – Rp 75.000

Cek Novel Hujan Di Sini

6. Pulang

article

Rekomendasi Tere Liye novel terakhir adalah “Pulang” yang pertama kali diterbitkan pada 2015. Fakta menarik dari novel ini adalah terdapat banyak kutipan menarik di dalamnya yang berhubungan dengan kehidupan kita seperti salah satunya “Semua orang punya masa lalu, dan itu bukan urusan siapa pun. Urus saja masa lalu masing-masing.”

“Pulang” menggambarkan kisah seorang pemuda bernama Bujang yang tinggal di Bukit Barisan bersama keluarganya. Suatu hari, Bujang harus merantau jauh dari ayah dan ibunya. Saking sibuknya dengan pekerjaan, ia tidak sempat untuk mengunjungi kedua orang tuanya.

Pelajaran berharga yang bisa dipetik dari novel ini adalah penting untuk memprioritaskan orang tua, karena mereka yang selalu ada untuk kita dan memiliki posisi yang tidak tergantikan. Nah, apakah kamu merupakan anak rantau juga? Cobalah untuk membaca novel ini, Toppers!

Rentang Harga: Rp 71.000 – Rp 89.000

Cek Novel Pulang Di Sini

Baca Juga: 11 Rekomendasi Buku Fiksi Best Seller, Seru dan Menginspirasi!

Demikianlah, rekomendasi novel Tere Liye terbaik yang bisa kamu baca, Toppers. Dari deretan novel di atas, mana yang sudah kamu baca?

Kamu juga bisa temukan berbagai novel terlengkap dengan mudah dan harga terbaik hanya di Tokopedia. Yuk, kunjungi Tokopedia sekarang juga dan nikmati promo menariknya!

Penulis: Oeren Lee

© 2009-2024, PT Tokopedia