Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Obat Batuk Paling Ampuh, Batuk Berdahak dan Kering Tuntas!

24 November 2022
Share
12 Obat Batuk Paling Ampuh, Batuk Berdahak dan Kering Tuntas!

Obat batuk paling ampuh di apotik yang selalu bisa diandalkan. Jangan biarkan batuk mengganggu dan menurunkan produktivitas!


Saat musim penghujan tiba, daya tahan tubuh biasanya semakin menurun dan tak jarang jika kalian mudah terserang penyakit, yang paling sering adalah batuk dan flu.

Pada dasarnya, batuk adalah sebuah bentuk sistem pertahanan saat tubuh medeteksi adanya benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Ini bertujuan untuk mengeluarkan benda asing yang biasanya berupa kuman dari tubuh.

Batuk sesekali diperlukan untuk menjaga saluran pernapasan menjadi lebih lembap, namun batuk yang tak kunjung sembuh dapat menganggu aktivitas dan menimbulkan efek samping berbahaya.

Oleh karena itu, sebaiknya tuntaskan segera dengan merk obat batuk paling ampuh berikut ini!

Baca Juga: Inilah Deretan Obat Batuk yang Aman Digunakan Ibu Hamil

Obat Batuk Paling Ampuh & Terbaik

Berikut ini deretan obat batuk paling terbaik untuk mengobat batuk berdahak dan kering yang mengganggu. Yuk, simak selengkapnya! 


1. Obat Batuk Woods


Woods

Sebelum membeli obat batuk Woods, kenali dulu jenis batuk yang kalian alami. Jika Toppers mengalami batuk berdahak, pilihlah Woods Antitussive karena mengandung Dekstrometrophan HBr dan Difenhidramine HCl.

Sedangkan, jika kamu batuk kering atau tidak berdahak, maka pilihlah Woods Expectorant.

  • Indikasi: Meredakan batuk berdahak, bronkhitis, emfisema. 
  • Kontraindikasi: Hipersensitif dengan kandungan produk.
  • Perhatian: Penderita gangguan ulkus gl, ibu hamil dan menyusui.

Rentang Harga: Rp18.500  – Rp50.525 (60 ml, 100 ml) 

Beli Obat Batuk Woods di Sini


2. Obat Batuk Siladex


Siladex

Biasanya, saat terkena batuk berdahak saluran pernapasan ikut terganggu. Toppers dapat mengencerkan sekret saluran pernapasan dengan Siladex Mucolytic & Expectorant.

Sehingga dahak menjadi lebih encer dan dapat dengan mudah dikeluarkan.

  • Indikasi: Meredakan batuk berdahak dan mempermudah pengeluaran dahak.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap Bromhexine HCl, Guaifenesin atau komponen lain dalam obat ini.
  • Perhatian: Hati-hati digunakan pada penderita tukak lambung. Wanita hamil dan menyusui.

Rentang Harga: Rp13.500 – Rp20.000 (60 ml)

Beli Obat Batuk Siladex di Sini


3. Obat Batuk OBH


obh

Obat batuk OBH identik dengan warnanya yang hitam pekat dan tekstur yang kental. Meskipun memiliki warna yang cukup menakutkan rasa dari OBH cukup manis dan memiliki dua jenis rasa.

Yaitu dengan rasa menthol dan jahe yang melegakan tenggorokan. Sehingga OBH combi cocok digunakan untuk mengeluarkan dahak yang tersumbat di tenggorokan serta saluran pernapasan.

  • Indikasi: Untuk meredakan batuk berdahak dengan cara membantu mengeluarkan dahak dan melegakan tenggorokan.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif.
  • Perhatian: Hati-hati penggunaan bersamaan dengan obat-obat lain yang menekan susunan saraf pusat, selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin. Hati-hati penggunaan pada penderita tekanan darah tinggi atau yang mempunyai potensi tekanan darah tinggi atau stroke, sperti pada penderita dengan berat badan berlebih (over weight), atau penderita usia lanjut, tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan.

Rentang Harga: Rp13.357 – Rp18.050 (100 ml, 200 ml)

Beli Obat Batuk OBH di Sini


4. Obat Batuk Takabb


takabb

Obat batuk paling ampuh selanjutnya berasal dari Thailand, dan sering disebut dengan obat batuk kelabang. Obat batuk Takabb merupakan obat batuk berbentul pil yang terbuat dari bahan-bahan herbal.

Takabb dapat mengurangi batuk kering maupun berdahak serta meredakan radang tenggorokan.

  • Indikasi: Meredakan batuk dan sakit tenggorokan.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif.
  • Perhatian: Obat herbal yang tidak mengandung unsur hewani, tidak mengandung gula. Telah terdaftar BPOM.

Rentang Harga: Rp9.800 – Rp80.000 (30 pil)

Beli Obat Batuk Takabb di Sini


5. Obat Batuk Konidin


konidin

Obat batuk yang satu ini dapat mengobati batuk berdahak, kering, batuk yang disebabkan oleh alergi hingga menuntaskan sisa-sisa bronkitis. Namun, obat ini dapat menyebabkan kantuk karena mengandung Chlorpheniramine Maleat.

Sehingga sebaiknya jangan digunakan jika kamu ingin berkendara.

  • Indikasi: Untuk mengatasi batuk karena alergi, flu, pilek, atau sisa-sisa bronkitis.
  • Kontraindikasi: Penderita hipersensitif, gangguan fungsi hati dan ginjal akut, serta gangguan pernapasan akut.
  • Perhatian: Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma,hipertrofi prostat, hipertiroid, gangguan jantung dan diabetes melitus. Tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah 6 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter. Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.

Rentang Harga: Rp1.990 – Rp11.500 (4 tablet)

Beli Obat Batuk Konidin di Sini


6. Obat Batuk Komix


komix

Obat batuk praktis karena berbentuk sirop yang dikemas dalam bentuk sachetsehingga kalian dapat langsung meminumnya saat dibutuhkan. Terdapat dua jenis Komix, yaitu Komix dan Komix OBH.

Komix berfungsi untuk meredakan batuk dengan menekan refleks di otak. Sedangkan Komix OBH memiliki tambahan ephedrine untuk mengatas hidung tersumbat.

  • Indikasi: Untuk meredakan batuk berdahak dan pilek.
  • Kontraindikasi: Penderita dengan gangguan jantung, diabetes melitus. Penderita hipersensitif terhadap komponen obat ini.
  • Perhatian: Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, dan retensi urin. Tidak dianjurkan untuk anak dibawah 6 tahun.

Rentang Harga: Rp1.435 – Rp42.500 (7 ml/sachet) 

Beli Obat Batuk Komix di Sini

Baca Juga: Rekomendasi Obat Batuk Bayi yang Aman dan Efektif

7. Obat Batuk Vicks


vicks

Vicks diformulasikan khusus untuk batuk tidak berdahak yang disebabkan oleh alergi serta infeksi saluran pernapasan. Obat batuk ini dilengkapi dengan Doxylamine yang bekerja menghentikan batuk dan bersin-bersin.

Produk Vicks ini juga mampu memberikan rasa hangat hingga 8 jam untuk meredakan sakit tengorokan akibat batuk kering.

  • Indikasi: Untuk meredakan batuk tidak berdahak yang disertai bersin-bersin dan alergi.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif, glaukoma, asma bronkial, kegagalan pernafasan dan wanita hamil atau menyusui.
  • Perhatian: Hati-hati untuk ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak di bawah 2 thn. Jangan mengemudi atau mengoperasikan mesin saat menggunakan produk ini.

Rentang Harga: Rp13.357 – Rp23.940 (54 ml, 100 ml)

Beli Obat Batuk Vicks di Sini


8. Obat Batuk Laserin


laserin

Laserin tergolong ke dalam obat batuk herbal karena menggunakan bahan-bahan alami. Seperti jahe, daun saga, sirih, cengkeh serta kayu manis. Sehingga memiliki rasa khas, yaitu manis dan hangat.

Bahan-bahan tersebut juga terkenal memiliki khasiat untuk melancarkan saluran pernapasan. Kelebihan dari Laserin adalah kandungan yang dipakai 100% herbal. Sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena tidak mengandung bahan-bahan kimia.

  • Indikasi: Meredakan batuk, masuk angin, muntah, sakit perut dan membantu melegakan pernafasan.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif. Penderita obstruksi usus dan yang harus menghindari konstipasi.
  • Perhatian: Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Rentang Harga: Rp11.000 – Rp30.000 (60 ml, 110 ml)

Beli Obat Batuk Laserin di Sini


9. Obat Batuk Hufagrip


hufagrip biru

Obat batuk anak terbaik yang dapat kalian coba adalah Hufagrip. Mengandung Dekstrometorfan HBr, obat ini hanya dapat digunakan untuk meringankan batuk tidak berdahak yang disertai pilek.

Obat ini tidak tepat jika digunakan untuk mengobati batuk kering.

  • Indikasi: Untuk meringankan gejala - gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin disertai batuk berdahak.
  • Kontraindikasi: Tidak boleh diberikan pada pasien yang peka terhadap obat simpatomimetik lain (misal efedrin, Fenilpropanolamin, fenilefrin). Pasien dengan tekanan darah tinggi berat. Pasien yang mendapat terapi obat anti depresan tipe penghambat monoamine oksidase (MAO). Hipersensitif pada kandungan obat.
  • Perhatian: Tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan. Hati-hati penggunaan pada penderita tekanan darah tinggi, atau stroke, seperti penderita dengan berat badan berlebih atau usia lanjut. Bila dalam 3 hari gejala flu tidak berkurang segera hubungi dokter. Hentikan penggunaan obat ini jika terjadi susah tidur, jantung berdebar dan pusing.

Rentang Harga: Rp16.000 – Rp27.000 (60 ml)

Beli Obat Batuk Hufagrip di Sini


10. Obat Batuk Cap Ibu dan Anak (Nin Jiom Pei Pa Koa)


cap ibu dan anak

Serupa dengan Laserin, obat batuk cap Ibu dan Anak hanya menggunakan bahan-bahan herbal dari tanaman alami. Sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain mampu mengobati batuk berdahak dan kering, obat batuk ini mampu mengembalikan suara yang hilang serta menjaga daya tahan tubuh.

  • Indikasi: Membantu meredakan batuk berdahak dan membantu melegakan tenggorokan, serta membantu memelihara kesehatan paru-paru.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif pada kandungan obat.
  • Perhatian: Bila sakit berlanjut, hubungi dokter. Simpan ditempat yang kering dan terhindar dari cahaya matahari langsung agar tetap terjaga kualitasnya. 

Rentang Harga: Rp24.500 – Rp110.000 (75 ml, 150 ml, 300 ml)

Beli Obat Batuk Cap Ibu dan Anak di Sini


11. Obat Batuk Bisolvon Extra


bisolvon extra

Bisolvon Extra adalah obat batuk berdahak yang mengandung Bromhexine HCl dan Guaifenesin. Kedua kandungan tersebut akan melegakan saluran pernapasan pada penderita batuk berdahak.

Selain itu, Bisolvon Extra mampu untuk mengecerkan dahan dan melancarkan proses pengeluaran dahak yang menyumpat saluran pernapasan. Dengan ini, Toppers dapat bernapas secara lega kembali.

  • Indikasi: Obat ini digunakan sebagai sekretolitik (mukolitik) dan ekspektoran untuk meredakan batuk berdahak dan mempermudah pengeluaran dahak.
  • Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap Bromhexine HCl dan komponen lain dalam obat ini. 
  • Perhatian: Hati-hati jika digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Hindari obat ini pada tiga bulan pertama kehamilan. 

Rentang Harga: Rp41.600 – Rp92.840 (60 ml, 125 ml)

Beli Obat Batuk Bisolvon Extra di Sini


12. Obat Batuk Actifed Plus Expectorant


Actifed Plus Expectorant

Actifed Plus Expectorant atau yang lebih dikenal dengan Actifed Expectorant Hijau merupakan obat untuk meringankan gejala flu yang disertai batuk berdahak. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah 6 tahun.

Setiap 5 ml, Actifed Plus Expectorant mengandung Tripolidine HCl, Pseudophedrin, dan Guaifenesin yang bekerja untuk mengecerkan dahak. Dari kandungan tersebut, obat ini mampu membantu untuk mengeluarkan dahak yang menjadi sumber masalah batuk berdahak. 

  • Indikasi: Mengobati pilek dan batuk berdahak. 
  • Kontraindikasi: Penderita hiperensitif terhadap Triprolidine HCl, Pseudoephedrine HCl, Guaiphenesin, dan komponen lainnya dalam obat ini.
  • Perhatian: Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, galukoma, hipertrofi prostat, epilepsi, hipertiroid, gangguan jantung, diabetes melitus, aritmia, asma, bronkitis, dan phaeochromocytoma. Tidak dianjurkan penggunaan pada anak dibawah usia 6 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter. Selama minum obat ini, tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin. Hati-hati penggunaan bersamaan dengan obat-obat lain yang menekan susunan saraf pusat. Hindari penggunaan secara bersamaan dengan obat flu dan batuk lain, antihistamin, obat penekan nafsu makan, dan obat yang mengandung amfetamin yang kadang-kadang digunakan untuk pengobatan penderita gangguan perhatian. Hati-hati digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. 

Rentang Harga: Rp59.000 – Rp73.888 (60 ml)

Beli Obat Batuk Actifed Plus Expectorant di Sini

Baca Juga: Deretan Obat Batuk Alami yang Ampuh Melawan Batuk Membandel

Itu dia rekomendasi merk obat batuk terbaik dan paling ampuh untuk mengobati batuk maupun kering yang sedang kalian alami. Selain mengkonsumsi obat, jangan lupa istirahat yang cukup dan menghindari makan dan minum dingin, serta berminyak.

Untuk menemukan obat batuk dan produk kesehatan lainnya dengan harga terbaik, jangan lupa cek Tokopedia dan nikmati promo 12.12 spesial di bulan Desember!

laki laki

TAGS
Share
Amanda Rafiqah PutriAmanda Rafiqah Putri

Related Articles

Review Flimty: Detoksifikasi Tubuh Maksimal untuk Berat Badan Ideal
Kesehatan
Review Flimty: Detoksifikasi Tubuh Maksimal untuk Berat Badan Ideal
© 2009-2023, PT Tokopedia