• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Obat Cantengan di Apotik: Ampuh untuk Jempol Kaki

16 August 2022

Share

10 Obat Cantengan di Apotik: Ampuh untuk Jempol Kaki

Daftar merk obat cantengan di apotik yang ampuh. Efektif membasmi nyeri dan jamur penyebab cantengan, harga relatif murah.


Cantengan merupakan kondisi ketika sudut jari terasa sakit, membengkak dan berwarna kemerahan. Kondisi ini sering kali terjadi pada jempol kaki dan pemicunya adalah pertumbuhan kuku yang menekan ke dalam dan melukai kulit.

Ada berbagai faktor lain yang juga dapat menyebabkan cantengan. Seperti sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu dalam atau terjadi cedera pada kuku hingga melengkung ke dalam.

Umumnya, ini tidak berbahaya jika tidak memiliki gangguan aliran darah dan diabetes. Namun, tetap menimbulkan nyeri mengganggu, sehingga kamu perlu mengobatinya segera agar tidak terjadi infeksi.

Baca Juga: Deretan Obat Nyeri Otot Terbaik yang Ada di Apotik

Obat Cantengan Jempol Kaki Paling Ampuh di Apotik

Rasa sakit akibat cantengan tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu dapat mengatasinya menggunakan beberapa obat yang bisa diandalkan berikut ini:


1. Garamycin


garamycin

Garamycin adalah salah satu salep yang bisa ditemukan dengan mudah di apotik. Salep ini dapat mengobati berbagai penyakit kulit karena infeksi bakteri, termasuk cantengan jempol kaki.

Garamycin hanya dapat digunakan diluar tubuh dan perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak, kamu bisa mengoleskan garamycin dengan dosis 3-4 kali sehari

Garamycin cukup efektif dalam mengobati masalah kulit, namun hindari pemakaian sata beraktivitas dibawah sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan kulit terbakar. Obat ini juga tidak disarankan untuk digunakan jangka panjang.

Harga garamycin bervariasi sesuai dengan pilihan ukuran yang disediakan, kamu bisa memilih ukuran yang kecil maupun besar sesuai kebutuhan kamu.

  • Ukuran: 15g, 30g
  • Rentang Harga: Mulai dari Rp295.000

Beli Garamycin di Sini

*Wajib Resep Dokter


2. Sagestam


sagestam

Sagestam juga terkenal dapat mengobati masalah kulit seperti cantengan dengan efektif dan harga yang relatif murah. Penggunaannya juga fleksibel dan memiliki efektifitas yang sama, baik digunakan saat malam hari maupun pagi hari.

Dianjurkan saat menggunakan salep, perlu mengurangi aktivitas yang dapat menyebabkan gesekan atau goresan pada kuku. Dengan begitu, salep yang dioleskan pada kuku yang terkena cantengan dapat bekerja maksimal.

Dalam sehari, kamu dapat mengoleskan salep sebanyak 3 sampai 4 kali. Perlu diketahui bahwa penggunaan salep saat istirahat akan memberikan hasil yang maksimal.

  • Ukuran: 10g
  • Rentang Harga: Rp14.000 – Rp18.000

Beli Sagestam di Sini

*Wajib Resep Dokter


3. Emtrix


emtrix

Emtrix berbentuk cairan topikal non-steril yang bening, karena dijual bebas Emtrix jadi mudah ditemukan pada berbagai apotik. Emtrix cukup efektif dalam mengatasi permasalahan kulit, sebab Emtrix mengandung urea, sodium hydroxide acid, propylene glycol, serta lactic.

Emtrix dapat mencegah pertumbuhan jamur maupun bakteri yang terdapat pada kuku. Penggunaannya juga cukup mudah dengan mengaplikasikannya satu kali saja dalam sehari pada kuku yang terkena cantengan, untuk hasil yang lebih efektif kamu bisa menggunakannya saat malam hari.

Obat ini juga aman digunakan pada ibu hamil dan menyusui karena digunakan secara lokal.

  • Ukuran: 10ml
  • Rentang Harga: Rp180.600 – Rp225.000

Beli Emtrix di Sini


4. Salep 88


salep 88

Salep 88 umumnya digunakan untuk mengobati jamur. Cantengan sendiri biasanya juga  disebabkan karena jamur, oleh sebab itu obat ini direkomendasikan untuk mengobati cantengan secara efektif.

Salep ini memiliki kandungan Salisilat atau nama lainnya Acidum Salicylicus, dan sulfur. Ada pula kandungan asam benzoat yang dengan efektif dapat membunuh bakteri serta jamur yang berada di kuku.

Gunakan salep ini secara rutin dengan cara mengoleskan pada kuku yang bermasalah. Nyeri akibat cantengan perlahan akan memudar serta kuku kamu akan kembali sehat dan bebas dari cantengan.

  • Ukuran: 6gr
  • Rentang Harga: Rp9.600 – Rp15.000

Beli Salep 88 di Sini


5. Salep 2-4


SALEP 2-4

Salep 2-4 sangat mudah ditemukan di apotik, fungsi utama dari salep ini adalah membunuh bakteri penyebab cantengan dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

Salep ini mengandung sulfur sebanyak 4% dan acid sebanyak 2%. Penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan salep pada kuku yang bermasalah dan didiamkan sejenak hingga cukup meresap atau mengering.

Perlu diketahui juga bahwa salep 2-4 dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti iritasi dan kulit kering. Namun tidak perlu cemas karena hal tersebut hanya terjadi bila salep tidak cocok pada kulit atau kuku kamu.

  • Ukuran: 15gr
  • Rentang Harga: Rp 10.000 – Rp 50.000

Beli Salep 2-4 di Sini

Baca Juga: Rekomendasi Obat Alergi Gatal di Apotik, Sering Dicari Sama Orang!

6. Gentamicin


gentamicin

Obat cantengan kaki lainnya adalah Gentamicin. Ini adalah salep antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri, termasuk cantengan. Kamu juga bisa menggunakan salep ini untuk mengobati penyakit kulit yang terkena infeksi lainnya.

Cara menggunakannya, Toppers mengoleskan salep pada kulit yang terluka dan sudah dibersihkan secara tipis. Oleskan pada lapisan tersebut sebanyak 3 – 4 kali sehari agar cepat sembuh.

  • Ukuran: 5gr
  • Rentang Harga: Rp3.200 – Rp4.980

Beli Gentamicin di Sini

*Wajib Dengan Resep Dokter


7. Obat Herbal Super Green Plus JK-7 Obat Herbal Cantengan Jamur


super green plus

Ada juga obat berbahan herbal yang mampu untuk meredakan permukaan kuku yang cantengan. Salah satunya adalah Super Green Plus JK-7, obat tetes yang memiliki kandungan ekstrak daun sirih, getah palma, minyak lengkuas, gandapura, dan lain sebagainya.

Cara memakai obat yang satu ini, Toppers hanya perlu meneteskan 1 – 3 cairan obat JK7 ke area kuku cantengan. Pemakaian dilakukan setelah mandi dan sebelum tidur. Disarankan juga agar tidak memakai sepatu terlebih dahulu hingga bengkak mereda.

  • Ukuran: 7ml
  • Rentang Harga: Rp22.000 – Rp37.600

Beli Obat Cantengan Super Green Plus Jk-7


8. Propolis SM Brazil


propolis sm brazil

Obat herbal selanjutnya ada dari bahan propolis atau getah lebah Brazil yang mengandung flavonoid, asam folat, asam nikotinat, asam fenol artepilin C, berbagai asam amino dan bahan-bahan lainnya yang sangat baik untuk regenerasi sel.

Dalma penggunaan luka cantengan, Toppers dapat meneteskan 2 – 3 tetes Propolis SM Brazil ke permukaan luka cantengan sebanyak 3 kali sehari. Lakukanlah hingga luka cantengan jadi kering dan tidak nyeri lagi.

  • Ukuran: 6ml
  • Rentang Harga: Rp75.000 – Rp85.000

Beli Obat Cantengan Propolis SM Brazil


9. Biogesic 500 MG


biogesic 500 mg

Nah, selain obat salep kimia dan obat herbal, Toppers juga bisa minum pereda sakit untuk mengurangi rasa nyeri akibat luka cantengan. Salah satu obat pereda nyeri yang bisa dikonsumsi adalah Biogesic 500 MG.

Obat ini memiliki kandungan Paracetamol sebanyak 500mg, sehingga ampuh untuk meredakan demam, nyeri otot, dan nyeri karena cantengan. Namun tentu saja, untuk menggunakan obat ini, Toppers perlu mendapatkan arahan dari dokter.

  • Ukuran: 1 strip (4 tablet) – 1 Box (25 strip)
  • Rentang Harga: Rp1.950 – Rp47.500

Beli Biogesic 500 MG

*Wajib Dengan Resep Dokter


10. Dolo Neurobion


dolo neurobion

Dolo Neurobion juga bisa menjadi obat pereda nyeri luka cantengan kaki. Obat ini memiliki kandungan paracetamol 500mg, vitamin B1, B6 hingga B12. Obat ini memiliki efek samping jika dikonsumsi melebihi dosis besar, mampu menyebabkan kerusakan hati dan reaksi hipersesitif.

Dolo Neurobion juga mampu mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh nyer neuritis dan neuralgia. Meskipun dijual secara bebas, namun tentu saja kamu perlu bijak dan berkonsultasi ke dokter dalam hal minum obat, ya, Toppers.

  • Ukuran: 1 strip (10 tablet)
  • Rentang Harga: Rp17.500 – Rp21.500

Beli Dolo Neurobion

*Wajib Dengan Resep Dokter

Baca Juga: Ini Deretan Obat Cantengan Alami yang Aman

Itu dia Toppers daftar merk obat cantengan paling ampuh di apotik. Selain menggunakan salep yang tepat, kamu juga perlu menghindari faktor penyebab cantengan dan selalu menjaga kebersihan kuku agar terbebas dari jamur dan bakteri.

Kamu juga bisa dapatkan seluruh obat-obatan lainnya dengan mudah dan terlengkap hanya di Tokopedia! Oleh karena itu, yuk download aplikasi Tokopedia sekarang juga supaya bisa mendapatkan berbagai obat-obatan yang aman dan terpercaya!

Penulis: Claudia Angelista Jeheskiel, Melly

© 2009-2024, PT Tokopedia