• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Obat Digigit Tawon di Apotik: Ampuh Redakan Bengkak

Share

5 Obat Digigit Tawon di Apotik: Ampuh Redakan Bengkak

Obat digigit tawon paling ampuh untuk pertolongan pertama dan tersedia di apotik. Efektif redakan nyeri dan bengkak menyiksa.


Tawon adalah jenis serangga yang sering dikelirukan sebagai lebah. Serangga satu ini memiliki alat penyengat yang mengandung racun sebagai pertahanannya. Umumnya, tersengat tawon tidak tergolong berbahaya dan bisa diobati sendiri di rumah.

Gejala yang ditimbulkan di antaranya, yaitu sensasi perih atau nyeri tajam di bagian tersengat, bengkak, kemerahan, dan gatal. Pada beberapa kasus, dapat menimbulkan reaksi alergi cukup serius, seperti syok anafilaktik dan bahkan berpotensi mengancam nyawa bila tidak segera ditangani.

Untuk pertolongan pertama, kamu bisa mencabut alat penyegat tawon yang tertinggal dan kemudian mencuci bekas sengatan dengan sabun dan air. Setelah itu, gunakan obat digigit tawon yang tersedia di apotik untuk pengobatan tahap lanjutan.

Baca Juga: Obat Alergi Gatal di Apotik yang Paling Umum

Obat Digigit Tawon di Apotik yang Ampuh

Sebelum menggunakan obat, lakukan kompres dingin yang dibalut dengan kain atau handuk untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Kemudian, atasi dengan obat berikut ini:


1. Minyak Gosok Cap Tawon CC


obat digigit tawon

Minyak Gosok Cap Tawon CC merupakan salah satu obat yang dianggap ampuh untuk atasi rasa gatal dan bengkak akibat sengatan serangga. Termasuk sebagai obat digigit tawon yang sudah bengkak.

Tersedia mulai dari ukuran 5 ml sampai 330 ml yang sangat praktis untuk dibawa ke mana pun. Tidak hanya di apotik, minyak gosok ini bisa kamu beli secara bebas di minimarket atau toko terdekat.

Cukup dengan menggosokkan secara langsung atau menempelkan kapas yang telah dibasahi pada bagian yang terkena sengatan tawon. Penggunaan secara rutin dapat mempercepat penyembuhan. 

Rentang Harga: Mulai dari Rp 10.000


2. Caladine Lotion


obat digigit tawon yang sudah bengkak

Caladine Lotion merupakan lotion yang mengandung calamine, zinc oxyde, dan diphenhydramine HCL. Lotion ini berbahan dasar air sehingga sangat cocok untuk digunakan di daerah tropis. 

Produk ini adalah salah satu obat digigit tawon di apotik yang dapat mengatasi rasa gatal, bengkak dan kemerahan akibat iritasi oleh zat beracun dari tawon. 

Kamu bisa mengoleskannya pada area yang terkena gigitan tawon sampai gejala benar-benar hilang. Selain itu, obat ini aman digunakan dan mudah ditemukan di apotik. 

Rentang Harga: Mulai dari Rp 11.800


3. Hydrocortisone 2,5%


obat digigit tawon yang sudah bengkak

Hydrocortisone 2,5% adalah obat yang termasuk dalam kortikosteroid ringan. Obat ini dapat mengatasi inflamasi, kemerahan, serta gatal-gatal kulit, termasuk untuk mengatasi iritasi akibat sengatan tawon. 

Pengobatan dapat dilakukan dengan mengoleskan secara tipis pada area iritasi sebanyak 2-3 kali sehari. Kamu bisa mendapatkannya di apotik berdasarkan resep dari dokter. 

Tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Hindari penggunaan pada mata, kulit yang sensitif atau luka terbuka. Serta tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang. 

Rentang Harga: Mulai dari Rp 4.500

*Wajib Resep Dokter

Baca juga: Obat Biduran: Umum Digunakan dan Tersedia di Apotik


4. Minyak Tawon 912


obat digigit tawon di apotik

Minyak Tawon 912 merupakan minyak gosok khas Indonesia yang telah mengalami inovasi dengan aroma yang modern.

Terbuat dari bahan-bahan alami terbaik serta menggunakan kemasan yang aman dan tidak mudah pecah. 

Produk ini bisa menjadi obat oles penolong pertama ketika disengat lebah yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan bengkak.

Khasiatnya juga telah teruji nyata, sehingga sudah banyak dipercaya oleh masyarakat. 

Rentang Harga: Mulai dari 23.000


5. Ibuprofen


obat digigit tawon di apotik

Ibuprofen adalah obat antiinflamasi non-steroid yang umumnya digunakan untuk mengobati rasa nyeri.

Obat ini bisa kamu gunakan sebagai obat digigit tawon untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri akibat sengatan tawon. 

Gunakan sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan obat atau sesuai dengan aturan pakai dokter.

Ibuprofen tergolong obat bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokter di apotik. Hentikan penggunaan obat ini ketika gejala akibat sengatan tawon sudah menghilang.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 4.000

Baca Juga: Obat Cantengan di Apotik: Ampuh untuk Jempol Kaki

Nah, itulah rekomendasi obat digigit tawon yang dapat kamu temukan di apotik. Penggunaan obat-obat diatas dapat membantu meringankan gejala yang muncul. 

Namun, apabila gejala sengatan tawon tidak kunjung reda atau bahkan semakin parah walau sudah menggunakan obat-obatan yang dianjurkan, segera periksakan diri ke dokter di klinik, puskesmas, atau rumah sakit terdekat ya, Toppers!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2024, PT Tokopedia