• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Obat Nyeri Haid yang Tersedia di Apotek

11 June 2024

Share

10 Obat Nyeri Haid yang Tersedia di Apotek

Nyeri haid sering dialami para wanita saat menstruasi dan bisa mengganggu aktivitas. Berikut obat nyeri haid yang tersedia di apotek.


Ditinjau oleh: Apt. Beatric Siana Dian

Wanita mengalami siklus menstruasi setiap bulannya, hal ini ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Setiap bulan, sistem reproduksi wanita akan mempersiapkan proses kehamilan. Proses ini terjadi dengan adanya penebalan dinding rahim yang berisikan pembuluh darah. Namun jika kehamilan tidak terjadi, endometrium atau dinding rahim akan luruh. Hal inilah yang disebut juga dengan menstruasi.

Saat fase menstruasi ini dimulai, banyak wanita yang mengalami sakit perut hingga mengganggu aktivitas kesehariannya. Nyeri haid ini biasa disebut dengan Dismenore. Nyeri haid umum terjadi sebelum atau saat menstruasi terjadi. Namun rasa nyeri ini akan hilang secara bertahap.

Tak jarang nyeri haid ini sangat menyakitkan hingga harus diatasi dengan obat-obatan. Namun jangan sampai kamu salah menggunakan obat ya! Berikut rekomendasi obat nyeri haid yang tersedia di apotek.

Baca juga: Obat Penghilang Bekas Luka di Apotik Paling Ampuh

Obat Nyeri Haid yang Tersedia di Apotek

Saat nyeri haid terjadi, hal ini bisa sampai mengganggu aktivitas harian. Tentu hal ini sangatlah merepotkan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kini kamu bisa mengatasi nyeri haid dengan obat-obatan yang tersedia di apotek berikut ini.

1. Feminax

feminax

Obat nyeri haid yang tersedia di apotek urutan pertama adalah Feminax. Obat yang satu ini sangat populer sejak lama. Feminax mengandung parasetamol 500 mg dan ekstrak hiosiamin 7,6 mg. Sesuai kandungan bahan aktifnya, Feminax bekerja dengan cara mengurangi nyeri perut saat haid. Sedangkan ekstrak hiosiamin ini dapat membuat otot rahim lebih rileks. Obat ini dijual bebas di apotek dengan kemasan strip dan dalam bentuk tablet. Namun pastikan penggunaan obat ini mengikuti aturan pakai yang tersedia pada kemasan ya!

2. Farsifen

farsifen

Selain Feminax, kamu juga bisa menggunakan Farsifen untuk meredakan nyeri haid. Obat farsifen ini mengandung bahan aktif ibuprofen 400 mg. Obat ini masuk ke dalam golongan NSAID (Non Steroidal Anti Inflammatory Disease). Obat nyeri haid yang satu ini tersedia di apotek dan dapat dikonsumsi tanpa resep dokter, namun tetap mengikuti petunjuk pemakaian. Obat ini tersedia dalam kemasan sirup dan tablet.

3. Lanamol

lanamol

Pilihan obat nyeri haid lainnya yang tersedia di apotek adalah Lanamol. Obat yang satu ini mengandung bahan aktif parasetamol yang dapat meredakan nyeri pada otot, gigi, sakit kepala, dan juga nyeri haid. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul dengan kandungan parasetamol 500 mg. Kamu bisa menggunakan obat ini tanpa resep dokter, namun pastikan kamu mengikuti petunjuk pemakaian.

4. Profenal

profenal

Profenal adalah obat untuk nyeri haid yang tersedia di apotek. Obat ini mengandung bahan aktif ibuprofen dan parasetamol yang mampu meredakan nyeri akibat menstruasi. Obat ini masuk ke dalam golongan obat bebas terbatas, sehingga kamu tidak perlu menggunakan resep dokter untuk mengonsumsinya. Namun pastikan kamu mengikuti petunjuk pemakaian ya!

5. Alaxan FR

alaxan

Selain Profenal, Alaxan FR adalah obat yang juga mengandung bahan aktif parasetamol dan ibuprofen. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri otot, sakit gigi, sakit kepala, dan nyeri haid. Perlu diketahui obat ini dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, diare, sembelit, dan sakit kepala.

6. Aknil

aknil

Rekomendasi obat nyeri haid yang tersedia di apotek selanjutnya adalah Aknil. Obat yang satu ini mengandung bahan aktif ibuprofen dan parasetamol, sama seperti obat-obat sebelumnya. Tersedia dalam bentuk kaplet salut selaput, obat ini bisa meredakan nyeri pada beberapa titik seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri haid.

7. Ifree Pad Terapi

ifree pad terapi

Berbeda dengan rekomendasi obat nyeri haid sebelumnya, Ifree bukanlah obat. Produk ini adalah pad terapi yang bisa merelaksasi otot-otot rahim yang kram saat menstruasi. Cara penggunaannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menempelkannya pada area yang mengalami nyeri. Sensasi hangat akan keluar dari Ifree Pad Terapi ini yang dapat bertahan hingga 8 jam saat dipakai.

8. Em Kapsul

em kapsul

Em Kapsul merupakan produk herbal yang mengandung Anisi vulgaris Fructus Extract, Curcumae Rhizoma Extract, Foeniculi Fructus Extract, Piperis nigri Fructus Extract, Cinnamomi Cortex Extract, Coriandri Fructus Extract, NiGellae sativae Semen Extract, Phyllanthi Herba Extract. Em kapsul dapat digunakan untuk melancarkan haid dan juga meredakan nyeri haid. Ikuti petunjuk penggunaan pada label kemasan.

9. Kiranti

kiranti

Produk herbal lainnya yang dapat membantu meredakan nyeri haid dan membantu melancarkan haid adalah Kiranti dengan kandungan berupa Cinnamomi Burmannii Cortex, Curcumae domesticae Rhizoma, Kaempferiae Galangae Rhizoma, Paullinia cupana, Tamarindi Indicae Pulpa, Zingiber Officinale Rhizoma. Ikutilah petunjuk penggunaan pada label kemasan produk.

10. Auxifen

auxifen

Obat anti nyeri lainnya adalah kombinasi Ibuprofen dan Paracetamol yang mampu meredakan nyeri akibat menstruasi. Obat ini masuk ke dalam golongan obat bebas terbatas, sehingga kamu tidak perlu menggunakan resep dokter untuk mengonsumsinya. Namun pastikan kamu mengikuti petunjuk pemakaian ya!

Baca juga: Obat Asam Urat di Apotek, Ampuh Redakan Nyeri Sendi

Itulah daftar rekomendasi obat nyeri haid yang tersedia di apotek. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu saat nyeri menstruasi datang ya!

Kini kamu bisa melakukan konsultasi dokter gratis dan tebus obat dengan mudah di Tokopedia Farma. Dapatkan berbagai promo menarik, cashback, bebas ongkir, hingga flash sale mulai dari Rp20 Ribu sekarang!

Penulis: Nada Karisma Oktavia

Share

Nada Karisma OktaviaNada Karisma Oktavia

Related Articles

10 Obat Nyeri Haid yang Tersedia di Apotek
Kesehatan
10 Obat Nyeri Haid yang Tersedia di Apotek
© 2009-2024, PT Tokopedia