• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

13 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotik

15 April 2024

Share

13 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotik

Obat sakit gigi paling ampuh yang bisa ditemukan di apotik dan umum digunakan. Jangan biarkan nyeri menyiksa dan ganggu aktivitas!


Sakit gigi jadi salah satu situasi yang begitu menyiksa. Pengaruh dari sakit gigi bukan hanya kehilangan nafsu makan saja, melainkan dapat mempengaruhi mood hingga mengganggu aktivitas sehari-hari kamu.

Parahnya, sakit gigi bisa memicu penyakit yang serius jika tidak cepat ditangani. Menurut berbagai penelitian, penyakit gigi dan gusi bisa menyebabkan gangguan pada jantung, bahkan mampu menimbulkan resiko stroke.

Karena itu, kamu perlu cepat menangani sakit gigi agar tidak menjalar ke penyakit yang lebih parah. Toppers bisa gunakan obat gigi yang mudah ditemukan di apotik terlebih dahulu sekaligus berkonsultasi ke dokter gigi. Berikut ini obat sakit gigi di apotik yang bisa kamu coba. Namun pastikan kamu mengikuti aturan pakai atau melakukan konsultasi dengan dokter ya! 

Baca Juga: Deretan Penyebab Sakit Gigi yang Harus Kamu Hindari, Jangan Sampai Telat!

Obat Sakit Gigi di Apotik

Atasi sakit gigi dengan obat sakit gigi berikut ini. Kamu dapat menemukan berbagai obat sakit gigi di apotik dan tentunya harus menggunakan resep dokter, ya, Toppers. 

1. Betadine Mouthwash & Gargle

betadine mouthwash & gargle

Betadine Mouthwash & Gargle bisa menjadi obat sakit gusi dan gigi yang sangat efektif untuk memberantas kuman di dalam mulut. Obat kumur antiseptik ini ampuh untuk mengatasi gusi bengkak, sakit tenggorokan, sariawan, bau mulut, dan napas tak segar.

Toppers dapat mengunakan Betadine obat kumur dengan menuangkan 15 mL ke tutup botol lalu kumur selama 30-60 detik. Obat ini dapat dipakai sebanyak 3-5 kali sehari. Ini adalah obat kumur, jadi jangan sampai tertelan, ya.

  • Efek Samping: Reaksi hipersensitif, sakit perut, mual dan muntah, syok, hipotensi, detak jantung semakin cepat, demam, asidosis metabolik, hingga kerusakan ginjal. 
  • Rentang Harga: Rp23.000 (100 ml) – Rp38.500 (190 ml)

2. Ponstan

ponstan

Nama obat sakit gigi yang paten dan sering digunakan adalah ponstan. Ponstan sering digunakan untuk mengobati rasa sakit mulai dari sakit gigi sampai cedera otot bahkan sakit setelah melahirkan.

Kandungan asam mefenamat dalam ponstan membuat obat ini bekerja meredakan sakit dan peradangan yang diderita. Tapi, perlu diketahui obat ini tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan rasa sakit.

  • Efek Samping: Reaksi hipersensitif, diare, konstipasi, pusing, nyeri perut, mual, hingga muntah. 
  • Rentang Harga: Rp28.500 – Rp40.000 (10 tablet)

3. Ibuprofen

ibuprofen

Selanjutnya, Ibuprofen dikenal sebagai obat sakit gigi paling ampuh selain Ponstan. Ibuprofen merupakan golongan obat-obatan yang mampu meringankan rasa sakit dan meredakan inflamasi atau peradangan.

Dalam hal ini, ibuprofen menghambat enzim memproduksi senyawa Prostaglandin yang merupakan penyebab peradangan dan rasa sakit. Ibuprofen juga bisa menjadi obat sakit gusi terutama ketika bengkak. 

Ibuprofen tidak bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena akan melukai lambung. Perlu diingat, selalu konsumsi obat ini dengan dosis dan anjuran dokter ya Toppers.

  • Efek Samping: Perut kembung, mual dan muntah, diare, maag, pusing, hingga sakit kepala.
  • Rentang Harga: Rp3.000 – Rp 30.000 (10 tablet)

*Wajib menggunakan resep dokter

4. Dentasol

dentasol

Selain ponstan dan ibuprofen, dentasol juga dapat dijadikan alternatif menyembuhkan sakit gigi. Obat sakit gigi ini terdiri dari dua bentuk, ada yang kaplet ada pula yang berbentuk obat tetes.

Dalam obat ini terdapat zat anestesi topikal dengan antiseptik yang dapat diaplikasikan secara langsung pada gigi yang sakit. Kandungan zat tersebut mampu mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi juga mampu mengobati infeksi jamur dan bakteri lho, Toppers.

  • Efek Samping: Sensasi terbakar dan menyengat, dermatitis kontak, ruam, gatal biduran, hingga nyeri tekan. 
  • Rentang Harga: Rp7.774 – Rp25.000 (10 ml)

5. Dentova Pro Mouthwash

dentova pro mouthwash

Obat kumur atau mouthwash bisa juga menjadi alternatif pengobatan sakit gigi. Dentova Pro Mouthwash memiliki antiseptik yang mampu memberantas mikroorganisme jahat.

Kandungannya meliputi Chlorhexidine Digluconate 0,2%, Allantoin, Peppermint dan Eucalyptus Mint.

Mampu mengurangi permasalahan gigi sensitif dan berlubang, mencegah pertumbuhan plak bakteri, serta mencegah kerusakan jaringan penyangga gigi. Gunakan Dentova Pro Mouthwash sebanyak dua kali sehari dengan cara berkumur selama satu menit.

  • Efek Samping: Hipersensitif, peradangan di mulut, hingga mulut kering.
  • Rentang Harga: Rp20.900 – Rp24.000 (220 ml)

6. Gumafixa

gumafixa

Gumafixa adalah obat gigi herbal yang telah terdaftar di BPOM RI. Mampu mengatasi berbagai macam permasalahan gigi termasuk gigi berlubang, polip gigi, atau gusi bengkak.

Obat herbal ini memiliki komposisi Oleum Syzygium Aromaticum Folium 90% dan Oleum Peppermint Folium 10%.

Gumafixa aman untuk digunakan segala usia dari dewasa, anak-anak hingga ibu hamil dan menyusui. Cara menggunakan Gumafixa tinggal tetes tiga kali cairan Gumafixa ke kapas lalu tempelkan ke bagian gigi sakit. Tunggu 1 - 5 menit hingga sakit gigi reda.

  • Efek Samping:
  • Rentang Harga: Rp175.000 – Rp250.000 (10 ml)

7. Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua

obat sakit gigi cap burung kakak tua

Tidak hanya obat yang terbuat dari bahan kimia, ada pula obat sakit gigi yang manjur dari bahan herbal. Obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua ini mengandung senyawa gliserin, ethanol, creosote, dan oleum caryophylli.

Kandungan tersebut berguna untuk mengatasi sakit gigi, gusi bengkak, dan membersihkan gigi dari kuman yang menempel. Untuk menggunakan obat sakit gigi bisa langsung ditempelkan menggunakan kapas atau dengan cara dikumur. 

  • Efek Samping: Dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman dan rasa panas di mulut apabila melebihi dosis yang dianjurkan. 
  • Rentang Harga: Rp10.500 – Rp13.000 (2 ml)
Baca Juga: Deretan Obat Sakit Gigi yang Ampuh dan Aman untuk Ibu Hamil

8. Super Green Plus SG

super green plus sg

Pasti kamu sudah sering mendengar merk obat sakit gigi Super Green Plus SG. Obat sakit gigi terbaik ini mampu menyembuhkan rasa nyeri di sekitar gigi, gigi berlubang, akar gigi yang sensitif, juga sakit gusi.

Super Green Plus SG mengandung bahan herbal seperti murraya paniculata (kemuning), nigella sativa (habbatussauda), vitamin dan berbagai macam mineral.

Obat ini diklaim bisa menyembuhkan nyeri akibat sakit gigi dalam 1-9 menit saja, Toppers.

  • Efek Samping: -
  • Rentang Harga: Rp18.000 – Rp35.000 (7 ml)

9. ProSAGI

prosagi

Merk obat sakit gigi lainnya adalah ProSAGI. ProSAGI masuk ke dalam daftar rekomendasi obat sakit gigi paling ampuh karena diformulasikan dari berbagai macam tanaman obat asli Indonesia dan Timur Tengah.

Tanaman-tanaman yang digunakan seperti sirih, propolis, juga habbatussauda. Dengan adanya kandungan zat pada tanaman tersebut, proSAGI mampu mengatasi sakit gigi, sariawan, dan gusi bengkak.

Obat yang terdapat dalam botol tetes membuat produk ini mudah dibawa ke manapun kita pergi. 

  • Efek Samping:
  • Rentang Harga: Rp16.500 – Rp40.000 (6 ml)

10. Hersagi

hersagi

Hersagi merupakan obat sakit gigi yang manjur dan cukup banyak diminati. Komposisi obat sakit gigi hersagi terdiri dari zaitun oil, oleum menthae, caryophylli dan bahan tambahan lain yang sangat berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Sifat antiseptik pada obat ini berguna untuk mengobati sakit gigi yang tidak tertahankan juga menyegarkan bau mulut akibat gigi berlubang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan obat ini secara rutin dengan dosis yang sesuai.

  • Efek Samping: -
  • Rentang Harga: Rp25.000 – Rp60.000 (12 ml)

11. Zentri

obat sakit gigi zentri

Obat sakit gigi terbaik lainnya adalah zentri. Dengan kandungan eugenol yang tinggi di dalam obat ini tentunya dapat membunuh kuman maupun bakteri yang menyebabkan nyeri sakit gigi. Dengan begitu, nyeri akibat sakit gigi dapat hilang dan teratasi dengan cepat.

Obat tetes zentri ini aman untuk dikonsumsi ibu hamil karena hanya mengandung bahan alami virgin clove bud oil yang tidak mengganggu kesehatan janin.

  • Efek Samping:
  • Rentang Harga: Rp50.000 – Rp75.000 (5 mL)

12. Gan Mao Tong

gan mao tong

Gan Mao Tong dalam bahasa China yang berarti obat penurun panas. Seperti namanya, obat ini tidak hanya berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Obat ini mengandung diclofenac, chlophenamine, juga artificial bezoar.

Kandungan di atas berguna sebagai pereda nyeri, sakit kepala, hidung tersumbat, juga meredakan sakit tenggorokan akibat gejala flu.

Untuk mengonsumsi obat ini tidak boleh sembarangan, harus dalam anjuran dan saran dokter ya, Toppers.

  • Efek Samping: -
  • Rentang Harga: Rp15.000 – Rp29.000 (25 tablet)

13. Minyak Cengkeh

minyak cengkeh

Minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi paling ampuh telah lama digunakan karena alami dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman digunakan. Minyak ini mengandung senyawa eugenol yang diklaim mampu ‘mematikan saraf’ sementara.

Untuk menggunakannya kamu harus menggunakan kapas lalu ditempelkan di gigi yang bermasalah.

Jangan meneteskan langsung ke gigi yang sakit karena akan memperparah kondisi jika terkena lidah atau gusi yang sensitif.

  • Efek Samping: Rasa perih karena irtasi, sakit perut, diare, hingga kesulitan bernapas. 
  • Rentang Harga: Rp13.000 (13 ml) – Rp147.000 (500 ml)
Baca Juga: Cari Tahu Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Bahannya Mudah Ditemukan!
zona sehat

Sakit gigi menjadi penyakit yang rentan diderita tidak hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa. Tetapi dengan menggunakan rekomendasi merk obat sakit gigi terbaik di atas tentunya sakit gigi dapat hilang secara perlahan dan tak lagi mengganggu aktivitas.

Kamu dapat temukan berbagai obat sakit gigi di atas dan produk kesehatan lainnya dengan penawaran menarik hanya di Tokopedia. Yuk, kunjungi Tokopedia sekarang juga untuk belanja lebih hemat dengan diskon dan cashback di promo 9.9!

Share

Nada Karisma OktaviaNada Karisma Oktavia

Related Articles

7 Merk Susu Soya Terbaik dan Terpopuler di Indonesia 2024
Kesehatan
7 Merk Susu Soya Terbaik dan Terpopuler di Indonesia 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia